play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
       
1
Doa Muslim Lifestyle

Pengertian, Niat dan Tata Cara Sholat Sunnah Tasbih

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sholat merupakan salah satu rukun islam kedua setelah syahadat, yang wajib kita kerjakan sekalipun sedang diperjalanan. Dalam agama islam Allah SWT mewajibkan umatnya untuk menjalankan ibadah sholat wajib lima waktu dalam sehari. Namun tidak hanya itu, selain menjalankan sholat wajib lima waktu Allah SWT juga mengisyaratkan kita untuk menjalankan ibadah sholat sunnah.

Baca juga: 6 Keutamaan Menjalankan Sholat Sunnah Tasbih

Pengertian Sholat Sunnah Tasbih

Sholat tasbih adalah sholat sunnah yang didalamnya ada banyak sekali bacaan tasbih yang berbunyi “ Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar “. Sholat sunnah tasbih ini memang tidak begitu di kenal dan bahkan jarang sekali umat islam yang mengamalkannya dengan alasan ketidaktahuannya akan sholat ini. Padahal ini merupakan sholat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah saw karena dengan melakukan sholat sunnah tasbih dapat menghindarkan kita dari perbuatan keji dan juga kemungkaran. Dengan melakukan sholat sunnah tasbih diharapkan kita yang mengamalkannya akan mendapatkan pahala dan timbangan amal baik dari Allah swt, menghapus dosa dosa kita, serta dapat mempermudah menyelesaikan masalah hidup. 

Baca juga: Lihat Jadwal Sholat Lengkap di Sini

Umroh.com merangkum, meski hukumnya sunnah, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengerjakannya seperti yang diungkapkan pada HR. Abu Dawud 1297 yaitu, Jika mampu maka lakukanlah setiap hari, jika tidak, maka lakukanlah satu kali seminggu, jika tidak maka lakukanlah sebulan sekali, jika tidak maka lakukanlah sekali dalam setahun dan jika tidak maka lakukanlah sekali dalam seumur hidupmu. 

sholat sunnah tasbih
source: shutterstock

Sholat tasbih dilakukan sebanyak empat rakaat dengan masing-masing rakaat membaca 75 kali kalimat tasbih yang berbunyi “Subhanallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” , sholat tasbih dapat di kerjakan pada siang hari dengan satu salam atau malam hari dengan dua salam.

Baca juga: Definisi Sholat Tasbih yang Perlu Dipahami

Doa Sholat Sunnah Tasbih

Umroh.com merangkum, tak jauh berbeda dengan sholat sunnah pada umumnya, dalam melaksanakan sholat sunnah tasbih pun terdapat doa yang dapat di amalkan. Selain membaca tasbih sebanyak 300 kali, kita juga dianjurkan membaca doa sholat sunnah tasbih yang dapat dibaca setelah tasyahud akhir sebelum salam berikut ini. 

 اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك تَوْفِيقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَكَ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِي عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِك عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْك حَتَّى أَخْلُصَ لَك النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُونَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ. ا هـ  وَفِي رِوَايَةٍ خَالِقِ النُّورِ

Allâhumma innî as’aluka taufîqa ahlil hudâ, wa a‘mâla ahlil yaqîn, wa munâshahata ahlit taubah, wa ‘azma ahlis shabri, wa wajala ahlil khasyyah, wa thalaba ahlir raghbah, wa ta‘abbuda ahlil wara‘i, wa ‘irfâna ahlil ‘ilmi hattâ akhâfak.

Allâhumma innî as’aluka makhâfatan tahjizunî ‘an ma‘âshîka hattâ a‘mala bi thâ‘atika ‘amalan astahiqqu bihî ridhâka wa hattâ unâshihaka bit taubah, khaufan minka hattâ akhlusha lakan nashîhata hayâ’an minka wa hattâ atawakkala ‘alaika fil ’umûri kullihâ wa hattâ akûna ’uhsinuz zhanna bika, subhâna khâliqin nûr (lain riwayat khâliqin nâr).

doa sholat tasbih
source: freepik.com

Artinya, “Ya Allah, kepada-Mu aku meminta petunjuk mereka yang terima hidayah, amal-amal orang yang yakin, ketulusan mereka yang bertobat, keteguhan hati mereka yang bersabar, kekhawatiran mereka yang takut (kepada-Mu), doa mereka yang berharap, ibadah mereka yang wara’, dan kebijaksanaan mereka yang berilmu agar aku menjadi takut kepada-Mu.

Ya Allah, masukkanlah rasa takut di kalbuku yang dapat menghalangi diri ini untuk mendurhakai-Mu. Dengan demikian aku dapat beramal saleh yang mengantarkanku pada ridha-Mu, dan aku bertobat setulusnya karena takut kepada-Mu. Dengan itu pula aku beribadah secara tulus karena malu kepada-Mu. Dengan rasa takut itu aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu. Karena itu juga aku dapat berbaik sangka selalu kepada-Mu. Mahasuci Engkau Pencipta cahaya (lain riwayat, Pencipta api).”

Baca juga: Waktu yang Diperbolehkan Jika Ingin Laksanakan Sholat Sunnah Tasbih

Sebelum Anda melaksanakan sholat sunnah tasbih, tentunya Anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana tata cara sholat tasbih yang benar. Agar sholat yang Anda kerjakan dapat diterima oleh Allah sebagai amal ibadah baik nantinya di hari akhir kelak. Pada dasarnya tata cara pelaksanaan shalat sunnah tasbih tidak jauh berbeda dengan tata cara pelaksanaan shalat- lainnya, baik syarat maupun rukunnya. Hanya saja di dalam shalat tasbih ada tambahan bacaan kalimat tasbih dalam jumlah tertentu.

Tata cara sholat sunnah tasbih

  1. Takbiratul ikhram ( bersamaan dengan niat sholat sunnah tasbih )
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca doa Al Fatihah
  4. Membaca surat – surat dari Al Quran
  5. Membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 15 kali sebelum rukuk.
  6. Rukuk dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  7. I’tidal dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  8. Sujud dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  9. Duduk diantara dua sujud dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  10. Sujud yang kedua dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  11. Duduk istirohah ( sebelum bangun untuk berdiri ) dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.
  12. Tasyahud dan membaca “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” sebanyak 10 kali.

Maka hitungan bacaan tasbih “Subhannallah wal hamdu lillahi walaa ilaaha illallahu wallahu akbar” dalam setiap rakaat adalah 75 kali, dan dilakukan disetiap rakaat berikutnya sehingga total nya ialah 300 kali bacaan tasbih.

tata cara sholat tasbih
source: freepik.com

Semoga dengan telah mengetahuinya kita bagaimana tata cara pelaksanaan sholat sunnah tasbih, diharapkan kita semua dapat mengamalkan ilmu tersebut untuk dilakukan atau diterapkan dalam hidup kita sehari – hari. 

Tulis Komentar Anda