play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Inilah Keistimewaan Buah Delima dalam Al Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Allah SWT menciptakan segala sesuatu yang ada di muka bumi ini bukan tanpa sebab. Termasuk penciptaan buah-buahan, yang merupakan hasil dari suatu tanaman yang di ciptakan oleh Allah SWT untuk di manfaatkan setiap umat manusia di muka bumi.  Berikut ini akan dijelaskan soal buah delima yang memiliki keistimewaan luar biasa di Al Quran.

Umroh.com merangkum, buah merupakan salah satu makanan yang baik untuk di konsumsi setiap hari, karena buah sangat baik untuk kesehatan tubuh kita tentunya. Bagi anda pecinta buah, perlu diketahui, ada beberapa buah yang tertera dalam Al Quran. Salah satunya ialah buah delima? Buah dengan ciri khas berwarna merah dan memiliki rasa yang manis ini menjadi salah satu buah yang di sukai hampir banyak orang. Dan ternyata buah ini memiliki beberapa keistimewaan yang luar biasa.

Baca juga: Kedudukan Semut, Laba-laba dan Lebah dalam Al Quran

Buah Unik yang Menyehatkan

 Buah delima memiliki nama latin Punica Granatum, jenis buah ini termasuk kedalam kelompok berry yang memiliki diameter 5 sampai 12 cm. Buah ini tumbuh dan berasal dari Asia Tengah (Iran), Afganistan dan wilayah pegunungan Himalaya, yang menyebar sampai ke wilayah Meditenaria. Buah delima tentunya kaya akan berbagai nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat dan vitamin, serta tak hanya itu buah delima juga rendah lemak dan kalori. Buah ini menjadi salah satu buah yang disebutkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran surat Ar Rahman ayat 68-69 yang berbunyi : “Di dalam kedua-duanya (surga) juga terdapat buah-buahan serta pohon kurma dan delima”. Sudah jelas dari maksud surat tersebut bahwa buah delima dijadikan oleh Allah SWT sebagai buah surga.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Keistimewaan Buah Delima dalam Al Quran dan Sains

Umroh.com merangkum, tidak hanya lezat, buah delima juga memiki keistimewaan yang luar biasa, yaitu khasiat yang kita dapatkan dari mengkonsumsi buah delima. Sudah sangat jelas bahwa didalam riwayat Harb dan Perawi meriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib, beliau berkata : “Makanlah buah delima dan bagian dagingnya sekaligus, karena buah ini berfungsi membersihkan lambung”. Dari hadits tersebut sudah jelas bahwa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi buah delima untuk membersihkan lambung. Namun tak hanya buahnya saja, delima pun memiliki manfaat sebagai obat mulai dari daun, kulit akar, bunga dan juga bijinya. Luar biasa bukan? 

Tidak hanya di dalam Al Quran saja, buah delima memiliki keiistimewaan, tetapi dalam ilmu sains pun buah delima sudah terbukti khasiatnya berdasarkan penelitian yang telah di lakukan para ilmuwan diantaranya yaitu :

1. Sebagai antioksidan

Buah delima terutama apabila di jus kaya akan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Kerusakan sel-sel dapat berkaitan dengan segala macam penyakit termasuk kanker, penyakit jantung dan Alzheimer. 

2. Melindungi jantung

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan bahwa jus buah delima dapat mencegah penumpukan plak di arteri dan dapat meluruhkan penumpukan plak sebelumnya serta dapat memerangi pengerasan arteri dan penyakit terkait seperti jantung dan juga stroke.

3. Dapat menurunkan tekanan darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa hanya mengkonsumsi jus delima sebanyak 1,7 ons per hari dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik kita sebesar 5 persen. Hal ini sangat baik untuk penderita hipertensi (tekanan darah tinggi).

Selain menjadi tamu istimewa Allah, umroh juga membuat rezeki Anda lancar. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

4. Mencegah dan mengobati kanker

Suatu studi di Israel menjelaskan bahwa sari buah delima dapat menghancurkan sel-sel  kanker payudara, dan dapat mencegah pembentukkan sel kanker payudara. Tak hanya itu studi pada tikus pun pernah dilakukan bahwa sari buah delima dapat menghambat perkembangan kanker paru-paru dan kanker prostat. Hanya dengan mengkonsumsi 205 gram jus delima setiap hari dapat memperlambat penggandaan PSA (ukuran perkembangan kanker prostat) dan mengurangi kebutuhan perawatan lebih lanjut seperti kemoterapi.

5. Kontrasepsi alami

Dalam studi laboratorium menunjukkan bahwa percobaan pada kelinci betina yang di beri makan buah delima tidak hamil setelah di kawinkan dengan pejantan mereka, tak hanya itu penelitian itu juga menunjukkan bahwa setelah 4 bulan tidak mengkonsumsi buah delima, kesuburan kelinci betina kembali normal seperti biasa.

6. Menurunkan kolesterol buruk

Berdasarkan penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, antioksidan yang terkandung dalam buah delima dapat mengurangi oksidasi LDL (kolesterol jahat) dan dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik).

7. Melindungi otak bayi

Buah delima juga memiliki manfaat untuk ibu hamil sesuai dengan studi Pediatric Research yang menemukan bahwa jus delima yang dikonsumsi selama kehamilan membantu melindungi otak bayi baru lahir pasca kelahiran traumatik.

Cara Menikmati Buah Delima

Umroh.com merangkum jika cara anda mengkonsumsi buah delima sudah sesuai dan benar Anda tidak saja mendapatkan kenikmatan dari buah delima. Tetapi jauh dari itu anda juga akan mendapatkan manfaat yang tinggi. Dan berikut beberapa cara simpel menikmati buah delima yang bisa langsung anda praktikan dirumah.

1. Dijadikan Cemilan

Biji buah delima yang berbentuk bulat-bulat kecil dapat dijadikan cemilan yang enak. Rasa kenyal dan juga segar tentu akan dapat Anda temukan ketika dijadikan cemilan. Namun, jangan bayangkan cemilan biji ini seperti cemilan pada umummnya, yang di buat krispi atau digoreng. Biji delima ini dibiarkan apa adanya. Maksudnya tidak diubah sedikit pun. Anda hanya perlu memisahkan biji delima kemudian dimasukkan dalam wadah. Wadah yang digunakan apapun bisa. Selanjutnya Anda tinggal menikmatinya. 

2. Sup Delima

Tidak hanya dimakan langsung tetapi buah delima dapat dibuat sebagai campuran dari sup. Bahan yang digunakan tentu sesuai dengan membuat sup pada umumnya. Menjadi pembeda ada campuran dari buah delima yang telah di potong kecil-kecil.

3. Dibuat Jus

Cara makan buah delima selanjutnya dengan di buat jus. Membuat jus ini dapat dilakukan seperti membuat jus pada umumnya. Biji buah delima di masukkan ke dalam blender, dicampur air secukupnya, dan diberikan gula sesuai dengan selera. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

4. Dimakan Langsung

Jika tidak ingin repot anda dapat menikmatinya dengan di makan langsung. Tidak memakan waktu lama, Anda tinggal memotong buah delima menjadi dua atau empat potong. Setelah itu, potongan tersebut tinggal digigit. 

Dari penjelasan diatas sudah jelas bahwa keistimewaan dan khasiat yang terkandung pada buah delima merupakan suatu nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada umatnya, sungguh nikmat dan anugerah yang luar biasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua, dan tentunya jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan. Karena sehat itu mahal.

Facebook Comments