1
Serba-serbi Ramadhan

Tips Kuat Puasa Walaupun Banyak Aktivitas dan Kegiatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh. com – Menjalankan ibadah puasa penuh limpahan pahala yang hukumnya wajib bagi setiap muslim, kecuali bagi yang uzur. Ibadah puasa mengajarkan kita untuk menahan rasa lapar, haus bahkan hawa nafsu untuk menghindari zina. Di sinilah kita diuji untuk bertahan atau tergoda oleh nafsu sendiri. Untuk menyempurnakan puasa, ada baiknya ikuti tips kuat puasa di bawah ini.

Baca juga : 4 Cara Allah Memberi Rezeki Kepada Para Umatnya

Puasa Menyehatkan

Seperti layaknya mode restart maka fungsi puasa adalah menyegarkan lagi metabolisme tubuh. Organ dalam seperti usus, jantung, paru-paru serta hati akan mendapatkan waktu istirahat cukup selama berpuasa. Saat berpuasa dan tidak ada makanan dan minuman yang masuk ke tubuh, maka proses metabolisme akan membakar lemak yang kemudian mengubah menjadi energi yang lebih efisien.

Selama berpuasa maka proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari dalam tubuh) akan terjadi. Maka proses ini sangat menguntungkan tubuh untuk lebih sehat. Selain itu liver akan memecah glukosa menjadi sumber energi dan inilah yang membuat orang mengalami penurunan berat badan setelah berpuasa.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Tidak hanya semata-mata meningkatkan ketakwaan dan ibadah kita, puasa jika dijalankan dengan baik juga dapat meningkatkan kesehatan jika pemilihan menu makanan dan porsi aktivitas yang dilakukan dapat disesuaikan dengan kemampuan tubuh. Jangan jadikan alasan berpuasa sebagai ajang untuk bermalas-malasan dan makan tidak terkontrol. Justru manfaatkan momen puasa untuk melatih diri agar Anda menjadi lebih sehat.

Tips Tubuh Kuat Saat Berpuasa

Dalam menjalankan puasa, jumlah asupan makanan dan minuman yang biasa diserap oleh tubuh Anda akan semakin berkurang daripada biasanya. Perlu nutrisi dan gizi yang tepat untuk menahan rasa lapar selama puasa. Jangan jadikan puasa sebagai penghalang aktivitas. berikut ini tips tubuh kuat saat berpuasa, diantaranya.

1.      Perbanyak Makanan Berserat dan Air Putih

Ahli kesehatan mengatakan memperbanyak asupan makanan yang mengandung serat seperti sayur-mayur dan buah-buahan akan membuat kenyang lebih lama. Sebab, kandungan serat di dalam buah dan sayur akan membantu penyerapan karbohidrat secara bertahap pada tubuh sehingga efek kenyang lebih lama dan hasilnya, energi Anda tidak mudah berkurang.

Pilih menu yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda, jika pekerjaan yang dimiliki membutuhkan banyak gerakan fisik, tidak ada salahnya perbanyak asupan karbohidrat dan protein di dalam menu sahur tapi tetap harus di seimbangkan dengan jumlah serat nya (sayur atau buah)

webinar umroh.com

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Usahakan untuk tidak terlalu memakan banyak makanan yang mengandung banyak gula, karena itu bisa membuat lemas dan mudah haus pada siang hari. Selain itu, ketika menjelang imsak perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi di siang hari. Lalu terapkan pola 2-4-2 dalam mengkonsumsi air putih ketika bulan puasa. Rinciannya: 2 gelas saat sahur, 4 gelas ketika berbuka dan 2 gelas sebelum tidur.

2.      Selalu Sempatkan untuk Tidur Siang

Ketika melakukan aktivitas seperti biasa tapi sedang dalam keadaan berpuasa tentu saja tubuh akan lebih cepat lemas. Untuk itu tidak ada salahnya menggunakan waktu istirahat Anda dengan tidur siang setidaknya selama 30 menit. Tidur siang baik untuk mengembalikan energi agar bisa kembali lagi beraktivitas. Pilihlah jam-jam yang tepat jika ingin tidur siang.

Pilih waktu dimana Anda biasanya memasuki waktu saat otak sudah lelah dan susah berkonsentrasi, seperti pada saat jam istirahat kantor. Jika melewatkan istirahat kantor di jam siang, tidur siang juga bisa dilakukan ketika menjelang waktu sholat ashar antara jam 3-4 sore. Karena umumnya pada jam tersebut Anda sudah merasa lapar dan sulit berkonsentrasi.

3. Konsumsi madu, kurma, habbatussauda atau suplemen herbal halal

Umroh.com merangkum, madu tak hanya lezat dimakan karena rasanya yang manis. Cairan yang mengandung gula sebesar 70-80 persen ini juga kaya air, protein dan mineral. Madu bagus juga untuk anti bakteri.

Kamu bisa makan 2 sendok madu lalu ditambah 3 butir kurma supaya tubuhmu kuat menjalani puasa. Suplemen herbal lain seperti habbatussauda juga baik untuk menunjang kebugaranmu.

4. Hindari makan bubur dan mie instan pas sahur

Pada saat sahur, makanan yang lembek seperti bubur sebaiknya kamu hindari deh. Nasi adalah makanan karbo yang rendah glikemik sehingga bikin kamu lebih cepat lapar dibanding ubi, apalagi kalau dibuat tidak padat seperti bubur. Kandungan mie instan dan zat perasa MSG yang tajam juga kurang baik di konsumsi pas sahur. Kamu bakal haus dan dahaga tinggi karena makanan satu ini membuat tenggorokan kering.

5. Selingi dengan Olahraga Ringan

tips kuat puasa

Puasa tidak menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Aktivitas fisik tetap lah dibutuhkan agar badan Anda tetap fit dan segar. Tidak harus olahraga berat, olahraga yang ringan pun sudah cukup ketika berpuasa. Berjalan kaki di pagi di sekitar daerah tempat tinggal Anda, atau lakukan gerakan senam ringan selama 15-30 menit. Pilih olah raga yang tidak banyak mengeluarkan keringat agar tidak cepat dehidrasi. Opsi lainnya, Anda bisa melakukan olahraga lainnya seperti yoga atau bersepeda santai.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Melakukan olahraga berat yang hanya akan membuat Anda cepat dehidrasi, lapar dan lemas. Hal ini tidak baik untuk kesehatan apalagi jika dilakukan secara berkala. Jika harus, kurangi porsinya seperti 2 kali dalam seminggu setelah buka puasa.