play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Travel

13 Tips yang Wajib Dilakukan saat Liburan ke China

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – China adalah sebuah Negara yang terletak di Asia Timur dengan ibu kota bernama Beijing. Tak hanya dikenal sebagai negara terbesar ke 4 di dunia. Negara ini juga merupakan salah satu Negara yang menjadi favorit destinasi wisata para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara tak terkecuali Indonesia. Berikut ini ada beberapa tips liburan ke China yang wajib diketahui.

Tim Umroh.com memaparkan, saat Anda berencana untuk menghabiskan waktu libur di negara yan terkenal dengan The Great Wallnya ini, tentunya persiapan menyangkut kegiatan berlibur Anda disana pun wajib diperhatikan. Meskipun terkesan simpel dan spele, namun penting bagi Anda untuk mengetahui hal apa saja yang wajib Anda persiapkan agar liburan Anda disana terasa nyaman dan menyenangkan. Dengan mengetahuinya maka kita bisa terbantu dan tidak mengalami kesulitan ketika berlibur kesana. Dan berikut Umroh.com jelaskan tips nya untuk Anda.

Baca juga: Bikin Seger! Ini 5 Minuman Halal di China yang Wajib Dicoba

Tips Liburan ke China

1. Jangan Lupa Siapkan Visa

Bisa dibilang, membuat Visa China adalah Visa paling mudah untuk orang Indonesia. Anda tinggal kunjungi website resmi visa cina di https://www.visaforchina.org/JKT_EN/. Disana tertera semua persyaratan yang dibutuhkan serta ketentuan foto. download dan isi formulir nya. Anda tinggal Ikuti langkah yang ada di website resmi, pilih visa kunjungan wisata. Kemudian isi formulir secara online dan print out.

2. Membawa Tour Guide

Umroh.com merangkum, salah satu bahasa internasional yang digunakan oleh dunia adalah bahasa inggris. Tentu saja akan sangat mudah jika kita berwisata ke luar negeri dan bisa berbicara bahasa Inggris karena memudahkan dalam komunikasi walau mungkin berbeda negara. Namun sepertinya tidak dengan China, jika kamu berkunjung ke China maka skill bahasa Inggris tidak terlalu digunakan karena banyak orang China yang tidak bisa berbahasa inggris. Jadi kami sarankan supaya jika pergi untuk liburan ke China setidaknya bawalah tour guide yang fasih berbahasa Mandarin atau translator. Kalau kamu punya bahasa Mandarin yang cukup fasih maka itu bisa menjadi nilai plus ketika wisata ke China. Tapi bukan juga artinya kita harus menjadi fasih berbahasa Mandarin ya untuk berwisata ke China. Bahkan kita juga bisa berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh, memanfaatkan translator online, atau mungkin menggambar! Kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Pleco sehingga memudahkan dalam berkomunikasi.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Rencanakan Perjalanan Yang Tepat

Sebelum berangkat, itinerary juga wajib disiapkan agar tidak bingung selama disana karena China memiliki daratan yang sangat luas dan pilihan tempat wisata yang tak terbatas. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai tempat wisata dan kota-kota bersejarah yang layak Anda datangi agar liburan Anda berkesan.

tips liburan ke china

4. Unduh software VPN di Indonesia

Mengunggah segala aktivitas di sosmed menjadi hal yang boleh terlewatkan apalagi saat liburan. Sebelum traveling ke China, pastikan Anda sudah mengunduh software VPN agar tetap bisa menggunakan aplikasi email, media sosial, dan chat messenger. Dengan begitu, saat Anda menggunakan wi-fi di sana, Anda tetap bisa terhubung dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Solusi lain, jika tidak mau repot unduh VPN, Anda bisa membeli sim card internet China atau Hong Kong di Indonesia (online shop) yang sudah memiliki paket internet tanpa membatasi aplikasi yang bisa digunakan.

5. Tentukan Tempat Penginapan

Bagian ini tak kalah penting dari yang lain. penginapan tentunya menjadi hal utama dalam sebuah perjalanan liburan. Sangat disarankan untuk membooking penginapan dari Indonesia. Jika Anda rajin mengecek harga promo hotel dan hostel murah, Anda bahkan bisa mendapatkan hostel berbentuk apartmen dengan harga yang terjangkau.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

6. Siapkan Uang Yuan

Uang adalah alat transaksi utama dalam sebuah transaksi pembelian, pembayaran maupun lainnya. Masyarakat China menggunakan uang Yuan sebagai alat transaksi. Sebelum berangkat ke sana, sebaiknya tukar uang rupiah secukupnya ke pecahan uang Yuan, jika perlu tukarkan beberapa ke dollar juga sebagai cadangan jika memang diperlukan karena nilai USD cenderung lebih stabil dan mudah ditukarkan dimanapun Anda berada.

7. Sistem toilet Kering

Saat Anda berlibur di China, bagi wisatawan Indonesia mungkin tidak terbiasa dengan sistem toilet kering. Warga China umumnya menggunakan sistem toilet kering, sebaiknya bawalah tisu basah dan air secukupnya sebagai persediaan untuk ke toilet.

8. Perhatikan dan Siapkan Makanan Anda

Pasal makanan, saat sudah memutuskan berlibur di China berarti Anda juga sudah siap dengan persiapan makanan. Terlebih jika Anda adalah seorang muslim. Mencari makanan halal di China tentunya menjadi hal yang sedikit merepotkan. Untuk mengantisipasi hal ini Anda bisa membawa makanan yang dapat dibawa dari rumah atau Anda googling beberapa resto yang menyediakan makanan halal di China.

9. Perhatikan Transportasi Umum Yang Di Gunakan

Sebelum sampai di China dan menggunakan transportasi umum, kumpulkan info sebanyak-banyaknya di kota mana Anda akan berkunjung. Selalu siapkan uang pas jika bepergian menggunakan bus atau kereta bawah tanah karena kamu harus membayar tepat seperti harga yang ditetapkan. Selain itu, kamu harus tahu kalau layanan bus dan kereta bawah tanag di Cina seringkalidihentikan pada malam hari.

10. Perhatikan Setiap Tanggal Merah

Bangsa Cina menggunakan penanggalan imlek atau kalender Tionghoa untuk menentukan kapan hari penting akan terjadi menurut penanggalan tersebut. Dan karena ada perbedaan antara kalender masehi dan kalender tionghoa, maka hari libur tidak akan jatuh di tanggal masehi yang sama setiap tahunnya. Jadi, perhatikan kapan hari libur mereka akan jatuh atau jika tidak maka kamu akan menemui ribuan orang yang berlalu lalang di setiap tempat yang kamu kunjungi. Kenyamanan liburan kamu dipastikan akan berkurang karena hal ini.

tips liburan ke china

11. Cetak Istilah Penting Dalam Bahasa Mandarin

Untuk menghindari salah komunikasi saat traveling di negara berpenduduk lebih dari satu miliar ini, cetaklah beberapa istilah penting dalam bahasa mandarin, seperti airport, nama tempat wisata, dan hotel. bagi Anda yang muslim dan selektif memilih makanan, sebaiknya cetak juga gambar babi dan ayam beserta namanya untuk menanyakan menu saat memesan makanan.

12. Persiapan Cuaca di China

Jadwalkan kapan Anda akan berangkat dan cek kondisi cuaca disana karena negara China memiliki 4 musim. Dengan mencari tahu kondisi cuaca, Anda dapat mempersiapkan pakaian yang cocok sesuai dengan musimnya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

13. Hati-Hati Dengan Penipuan

Hal ini sudah sering diceritakan oleh para pelancong yang sudah pernah ke China. Salah satu penipuan yang paling sering terjadi adalah ‘tea scam’. Modusnya kira-kira seperti ini: beberapa orang yang terlihat seperti ‘pelajar’ (yang agak pandai menggunakan Bahasa Inggris) berpura-pura meminta tolong untuk difoto dengan imbalan akan memotret kita balik, lalu mereka akan menawarkan kita untuk melihat upacara minum teh atau ‘tea ceremony’, dan akhirnya jika berhasil diajak, kita akan dibawa ke sebuah tempat minum teh yang ujung-ujungnya akan dikenakan biaya yang tak masuk akal. Sedangkan orang-orang yang tadi mengantar kita akan menghilang.

Facebook Comments