play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Kuliner Travel Wisata Halal

Kuliner yang Wajib Anda Coba saat Berada di Jakarta

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang padat akan penduduknya. Banyak orang dari luar daerah berbondong-bondong datang hanya untuk mengadu nasib di Jakarta, karena mereka meyakini dengan berada di Jakarta dapat meningkatkan kualitas ekonomi.

Baca juga: 12 Kuliner Kesukaan Rasulullah SAW

 Tak hanya terkenal akan padatnya penduduk, Jakarta juga merupakan kota dengan segudang sejarah yang patut kita pelajari dan kita kunjungi. Satu hal lagi yang pastinya tidak boleh sampai ketinggalan dan patut Anda cicipi jika sedang mengunjungi kota Jakarta yaitu kuliner khas Jakarta.

Baca juga: Setelah Berkuliner, Jangan Lupa untuk Laksanakan Ibadah Sholat, Jadwalnya di Sini!

Jakarta memiliki banyak kuliner yang khas baik itu makanan berat maupun jajanan tradisional nya. Semua memiliki citarasa yang nikmat dan sayang jika dilewatkan. Bagi Anda yang sedang berada di kota Jakarta atau mungkin tinggal di kota Jakarta, Anda wajib mencoba beberapa kuliner di sini yang sayang jika Anda lewatkan.

Apa saja kah kuliner itu? Berikut ulasannya untuk Anda:

1. Kerak telor

Kerak telor salah satu makanan yang tidak asing lagi khususnya bagi warga jakarta, rasanya yang gurih membuat orang senang menikmatinya. Kerak telor pun terbuat dari telor ayam atau bebek, beras ketan putih, ebi yang di sangrai menjadi seperti abon, lalu ditambah bawang goreng dan kelapa sangrai menjadikan kerak telor ini salah satu jajanan khas kota Jakarta. Bagi Anda yang ingin mencicipinya cukup datang ke daerah wisata kota tua karena di sana banyak sekali pedagang kerak telor yang berjualan menawarkan dagangannya, nah jadi sekalian berkuliner Anda juga bisa berkeliling mengenal sejarah Indonesia di Kota Tua loh.

kuliner jakarta
source: flickr.com

2. Soto betawi

Siapa sih yang ga kenal dengan makanan khas jakarta yaitu soto betawi, rasanya yang gurih dan dagingnya yang empuk membuat pecinta kuliner selalu ingin mencicipinya. Tempat kuliner yang terkenal sejak 1940 dan selalu menjadi destinasi pecinta kuliner untuk mencicipi soto di mana lagi kalau bukan di soto betawi H. Maruf yang berada di kawasan Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Cita rasanya yang nikmat, kuahnya yang hangat dan gurih membuat pengunjung selalu senang mencicipinya. Jadi bagi Anda yang ingin memakan soto betawi, Anda bisa datang ke Cikini untuk menikmati cita rasanya.

source: flickr.com

3. Asinan betawi

Bukan hanya bogor saja yang terkenal dengan asinan bogor, tetapi jakarta pun terkenal dengan asinan betawinya. Asinan merupakan campuran buah ataupun sayuran yang ditaburi dengan bumbu khasnya dan ditambah dengan kerupuk kuning yang melingkar menyerupai mie saat menyantapnya dan cocok sekali dimakan pada saat siang hari. Asinan betawi sudah banyak dijual di berbagai daerah di Jakarta, namun jika Anda ingin mencoba asinan betawi yang terkenal legendaris dan memiliki citarasa yang lezat Anda bisa datang ke asinan betawi H. Mansyur yang bisa Anda temui di Jl. Taman Kamboja III No.10, Rawamangun, Jakarta Timur.

kuliner jakarta
source: flickr.com

4. Es Selendang Mayang

Minuman yang satu ini merupakan minuman khas Indonesia asal Jakarta. Es selendang mayang ini terbuat dari tepung beras dan memiliki citarasa yang enak dan menyegarkan. Minuman ini sudah mulai agak jarang keberadaannya karena sebagian orang menganggap minuman ini sudah kuno, namun tidak usah khawatir es ini masih dapat kita temui di acara-acara besar yang menggunakan adat betawi seperti hajatan dan lebaran, selain itu kita dapat menemuinya di daerah wisata kota tua. Bagi Anda yang berminat mencoba kesegarannya, tunggu apalagi segera datang kesana dan cicipi kesegarannya.

source: flickr.com

5. Nasi Goreng Kambing

Kuliner Khas Indonesia ini dapat dengan mudah kita temui di jakarta, namun ada salah satu tempat yang menyajikan nasi goreng kambing ini dengan citarasa yang lezat dan rempah-rempah yang melimpah yaitu nasi goreng kebon sirih, Jakarta Pusat. Nasi goreng di sini sudah berdiri sejak tahun 1958 dan melegenda dari tahun ke tahun. Citarasanya yang khas membuat pecinta kuliner selalu datang untuk memakannya. Bagi Anda yang ingin mencoba kelezatannya, silahkan Anda datang ke kebon sirih jakarta pusat.

Baca juga: Nikmati Juga Kuliner Nikmat Khas Mekkah, Cara Pesannya di Sini

6. Gado – gado Bonbin

Gado-gado merupakan salah satu makan khas betawi yang enak dan disukai. Di jakarta ada tempat menjual gado-gado dengan cita rasa bumbu kacang yang sangat lezat, namanya gado-gado Bonbin. Tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1960 dan selalu mempertahankan kualitas makanannya. Untuk Anda yang penasaran dengan cita rasa gado-gado Bonbin Anda bisa langsung datang ke Jl. Cikini IV No. 5, Jakarta Pusat, jangan sampai Anda kehabisan ya.

kuliner jakarta
source: flickr.com

7. Bakmi gang kelinci

Makanan berbahan dasar mie ini sangat populer di masyarakat jakarta, berdiri sejak tahun 1957 bakmi ini masih tetap berjalan hingga saat ini dan melegenda bahkan bakmie ini sudah bisa membuka beberapa cabang di daerah Jakarta. Bakmi ini dinamakan bakmie gang kelinci karena awalnya bakmie ini hanya berdiri di gang kelinci, Jakarta Pusat, dengan cita rasanya yang menggugah selera dan berbagai aneka toping, bakmie ini selalu menjadi pilihan orang sekitar untuk menu makan siang atau malam. Bagi yang penasaran silahkan datang kesana atau ke cabang terdekat lainnya.

source: flickr.com

8. Sate maranggi ibu Yayah

Sate maranggi sebenarnya berasal dari jawa barat, namun di zaman yang serba modern ini kita tak perlu jauh-jauh ke jawa barat utuk menyicipinya, karena sate maranggi juga sudah ada di jakarta dan sudah berdiri cukup lama yaitu sejak tahun 2001. Untuk rasanya tidak perlu diragukan lagi karena setiap hari sate maranggi ibu yayah ini selalu ramai didatangi pembeli. Jika ada ingin menikmati sate maranggi ibu yayah Anda bisa datang ke Jl. Laboratorium No. 3, Komp PLN duren tiga, Jakarta Selatan.

source: flickr.com

Itulah beberapa kuliner khas kota Jakarta yang wajib Anda kunjungi dan cicipi satu persatu. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi Anda untuk datang dan mencicipi kuliner kota Jakarta.

Facebook Comments