1
Kuliner

Wajib Dicoba! Ini 10 Makanan Halal di China

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Berlibur ke luar negri tak lengkap rasanya kalau tak berjelajah wisata kuliner. Bagi sebagian kaum muslim sedikit ragu memilih makanan yang halal. Apalagi bila berlibur ke China, yang mayoritas penduduknya non muslim. Bagi seorang muslim seperti kita, tentunya harus selalu waspada dalam memilih makanan. Makanan halal di China sudah disediakan cukup banyak. Namun, makanan non halalnya juga banyak sehingga Anda menjadi ragu untuk membeli makanan yang diinginkan.

Sekarang membedakan makanan halal dan non halal sudah tidak susah. Anda tinggal melihat label halal pada bungkus makanan yang akan dibeli. Bila Anda makan di restaurant, yang Anda lihat pertama kali juga sama yaitu label halal. 

Baca juga: Nikmat di Mulut! Ini 5 Minuman Halal di Thailand

Makanan Halal Terkenal di China

Nah kalau kali ini Anda akan berlibur ke negeri China maka kami punya beberapa referensi makanan halal di China buat Anda. Sehingga ketika Anda sampai di China tidak usah bingung lagi mau makan dan berpikir lama. Berikut 10 makanan halal di China.

1. Ayam Cincang Gong Bao

Makanan khas China halal yang pertama adalah Ayam Cincang Gong Bao. Makanan ini sangat digemari karena rasanya yang gurih dan nikmat. Makanan ini cara pengolahannya yaitu dengan mencincang ayam dengan bentuk yang sesuai selera kemudian dimasak dengan campuran bumbu khas dan juga kecap. Makanan ini bisa ditemukan di restoran-restoran China yang biasanya disajikan sebagai menu utama.

makanan halal di china

2. Uyghur Polo

Selain Ayam Cincang Gong Bao, Anda juga wajib mencicipi Uyghur Polo yang ada di provinsi Xinjiang. Sekilas makanan ini mirip sekali dengan nasi goreng Indonesia namun dengan rasa yang jelas berbeda. Uyghur Polo atau yang juga populer dengan nama nasi Pilaf adalah nasi yang dimasak dengan wortel, paprika, dan potongan daging domba dan dimasak dalam waktu lama dengan minyak. Nah karena waktu memasaknya yang lama, tidak heran kalau rasa daging kambing sangat kental pada menu Uyghur Polo ini.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga cuma di sini!

3. Bebek Peking

Siapa yang tidak kenal bebek Peking? Makanan khas dari negeri tirai bambu ini merupakan salah satu makanan paling digemari dan populer, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Rasanya yang gurih dan tampilannya yang menggoda memang menjadi daya tariknya tersendiri. Selain itu, sudah jelas halal dan nikmat sehingga bagi yang Muslim bisa menikmatinya tanpa rasa khawatir.

4. Dapanji

Dapanji dalam bahasa Indonesia artinya adalah “Ayam Piring Besar”. Bukan sekedar nama, dapanji memang merupakan hidangan yang terbuat dari satu ayam utuh dari kaki sampai kepala. Ayam dipotong jadi beberapa bagian kemudian dimasak dengan paprika, bawang, kentang dan paprika sampai matang.

webinar umroh.com

Sebenarnya menu Dapanji bisa kamu temukan di beberapa restoran di Beijing tapi akan lebih baik kalau kamu mencicipi makanan ini di Xinjiang karena rasa dapanji di sini jauh lebih enak dibandingkan dengan dapanji yang dijual di Beijing.

Oh ya, sebaiknya kamu menyantap Dapanji bersama teman-teman, selain karena porsinya yang terlalu banyak untuk dimakan sendiri, harga seporsinya juga cukup mahal yaitu sekitar 100-150 RM per porsi. 

5. Uyghur Lamian

Tim umroh.com memaparkan, pergi ke Xinjiang, rasanya enggak akan lengkap kalau kamu belum mencicipi lamian. Makanan satu ini memang sangat terkenal bukan hanya dikalangan warga Uyghur dan Hui tapi juga warga China yang tinggal di luar Xinjiang. Lamian adalah mie yang dibuat dari tepung, air dan minyak kemudian direbus dengan kaldu sapi.

Setelah matang, mie ini disajikan dengan potongan daun bawang, daging, sayuran, telur dan kuah kaldu sapi. Makanan ini paling enak disajikan saat musim dingin. Gurihnya mie dan kuah kaldu akan menghangatkan tubuh dan perut yang lapar.

6. Chow Mien

Chow Mien atau bakmi merupakan makanan khas China yang berasal dari mie kuning yang ditumis bersama potongan ayam, seafood, dan juga irisan sayur mayur serta diberi bumbu khas yang memperkuat rasa gurih dan juga nikmat. Makanan ini cukup mudah ditemukan karena cukup banyak kedai yang memasukannya ke dalam menu di kedai makanan mereka.

7. Mi Yi Shang Shu

Mi Yi Shang Shu atau populernya disebut bihun goreng merupakan makanan khas China yang cara pengolahan dan rasanya mirip dengan chow mien atau bakmi. Yang membedakan hanyalah bahan mie yang digunakan. Mie yang digunakan adalah bihun, ditumis dengan bumbu khusus dan campuran sayuran serta potongan ayam maupun seafood. 

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

8. Stuffed Lamb

Sekilas Stuffed Lamb ini mirip banget sama sosis. Meski begitu, rasanya sangat berbeda. Stuffed Lamb adalah nasi yang dicampur dengan daging domba dan dimasukkan ke dalam usus domba dan disajikan dengan paru domba. Bagi kamu yang enggak terlalu suka dengan jeroan sapi mungkin enggan mencobanya tapi percaya deh rasanya pasti bikin kamu ketagihan. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com sekarang juga!

9. Tahu Mapo

Tahu Mapo merupakan makanan khas China yang ditumis dengan campuran bumbu khusus dan kecap serta diberi sedikit kuah. Rasanya yang khas dan manis cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan disantap ketika sedang lapar-laparnya. Menurut salah satu sumber daring, Tahu Mapo sendiri sudah ada sejak ratusan tahun lamanya di Indonesia dan masih sangat diminati oleh banyak orang karena rasanya yang nikmat.

10. Kaorou

Kaorou atau kebab domba menjadi salah satu hidangan yang selalu bisa kamu temukan dimana-mana di China. Meski namanya adalah kebab domba, tampilan makanan ini lebih mirip sate Indonesia. Daging domba yang dipotong-potong kemudian ditusuk menggunakan tusukan sate.

Selain daging, kadang penjual juga menambahkan potongan lemak pada kebab ini. Agar rasanya makin enak, potongan daging domba ini diberi tambahan jintan dan lada saat sedang dibakar di atas batu bara atau kayu bakar.

makanan halal di china

Nah itulah beberrapa referensi makanan halal yang ada di China. Jangan khawatir bila ingin memakan kuliner tersebut. Pastikan lihat terlebih dahulu lebel Halal di masing-masing restaurant yang Anda kunjungi.