1
Serba-serbi Ramadhan

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil yang Aman dan tetap Sehat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Keadaan tubuh ibu hamil tidak seperti keadaan orang biasa pada umumnya. Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi untuk kandungannya. Maka tak heran jika ibu hamil banyak menghabiskan makanannya. Namun memasuki bulan puasa, pola makan ibu hamil akan berubah. Lalu apa yang harus dilakukan ibu hamil yang sedang berpuasa? Agar tetap aman dan sehat, simak tips puasa bagi ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa.

Baca juga : Kenali Tanda Iman Turun yang Bisa Menyerang Anda

Amankah Puasa Saat Hamil?

Untuk ibu yang tengah mengandung, ibadah puasa Ramadhan merupakan sunnah. Pada kehamilan beresiko tinggi, tentu puasa sangat tidak dianjurkan. Namun, selama kandungan dan Bunda dalam kondisi kuat dan fit, ibadah puasa bisa-bisa saja tetap dijalani, namun dengan pengawasan yang ekstra. Sebenarnya, aman atau tidak puasa saat hamil tergantung pada kesehatan Anda dan bayi.

Pada masa kehamilan, bayi Anda membutuhkan banyak nutrisi. Jika tubuh Anda memiliki persediaan energi dan nutrisi yang cukup, maka puasa saat hamil kemungkinan tidak akan berdampak besar terhadap kesehatan Anda dan janin. Selain kesehatan, yang perlu diperhatikan jika ingin puasa saat hamil adalah usia kehamilan serta durasi Anda berpuasa.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Salah satu penelitian yang dilakukan di Tehran, Iran, menunjukkan bahwa ibu hamil yang berpuasa di trimester pertama memiliki risiko 1,5 kali lebih besar melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan gizi ke janin.

Pasalnya, kehamilan trimester pertama membutuhkan asupan kalori lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi. Ingat, hanya Anda yang bisa menilai seberapa sehat atau kuat Anda untuk berpuasa. Bicarakan dengan bidang atau dokter untuk membantu mempertimbangkan pilihan terbaik bagi Anda.

Tips berpuasa Untuk Ibu Hamil

Puasa saat hamil bukan merupakan hal yang mudah dijalankan. Ibu hamil harus benar-benar memerhatikan nutrisi yang di konsumsinya. Jangan sampai puasa malah menurunkan kesehatan ibu dan bayinya. Kesempatan makan saat buka puasa dan sahur harus benar-benar dimanfaatkan oleh ibu hamil untuk mengkonsumsi banyak makanan yang bervariasi sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Berikut ini tips berpuasa bagi ibu hamil, diantaranya.

webinar umroh.com

1. Konsumsi makanan yang bergizi dan nutrisi

Mengkonsumsi makanan yang sehat pada masa kehamilan sangatlah penting. Namun, pada saat menjalankan ibadah puasa tentu hal ini harus mendapatkan perhatian ekstra. Pada saat sahur dan berbuka, pastikan Anda mendapatkan asupan karbohidrat kompleks yang cukup dari nasi ataupun makanan berbahan dasar tepung.

Selain itu, konsumsi juga protein hewani dari daging ayam dan ikan serta serat yang cukup dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Lengkapi juga dengan segelas sus hamil sebagai pelengkap menjadi tips puasa bagi ibu hamil yang sering terabaikan.

2. Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Karena waktu untuk minum terbatas, Anda harus benar-benar memperhitungkan kebutuhan cairan tubuh dengan minum cukup air pada saat berbuka dan sahur. Umumnya kita membutuhkan sekitar 8 hingga 10 gelas air dalam sehari, sedangkan Ibu Hamil mungkin membutuhkan 10 hingga 12 gelas air dalam sehari. Pastikan Anda minum 3 hingga 4 gelas air pada saat sahur, 4 hingga 5 gelas pada saat berbuka puasa dan 2 hingga 3 gelas sebelum tidur.

Umroh hemat bersama Umroh.com. Kunjungi sekarang juga!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Maksimalkan konsumsi kurma selama berpuasa

Kurma adalah salah satu buah yang mengandung vitamin B1 yang dapat mengontrol gerak rahim. Jadi, untuk ibu hamil berpuasa dan ingin tetap menjaga pertumbuhan sang buah hati, jangan lupa untuk mengkonsumsi kurma sebagai menu sahur untuk ibu hamil dan menu buka puasa ibu hamil.

4. Atur Istirahat yang Cukup

Banyak beraktivitas akan membuat Anda membutuhkan banyak minum, untuk itu kurangi aktivitas-aktivitas berat yang tak diperlukan dan perbanyak istirahat. Gunakan waktu di siang hari yang terik untuk beristirahat sedangkan aktivitas bisa Anda lakukan pada sore hari pada saat cuaca lebih teduh.

5. Memilih Olahraga yang Tepat

Olahraga bagi ibu hamil sangat penting untuk membantu stamina dan fisik yang fit saat proses kelahiran. Aktivitas olahraga ini juga masih bisa Bunda lakukan pada saat puasa dengan memilih olahraga yang tepat, yaitu olahraga yang tak terlalu menghasilkan keringat seperti senam dan juga yoga. Seperti yang dibahas pada point sebelumnya, ada baiknya juga Anda lakukan aktivitas olahraga ini pada sore hari menjelang buka puasa.

6. Hindari stres

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa pada bulan Ramadhan memiliki kadar hormon kortisol (hormon penyebab stres) yang lebih tinggi dibanding wanita hamil yang tidak berpuasa. Oleh karena itu, sebisa mungkin tetaplah tenang dan buatlah hal-hal jadi lebih mudah dan jangan sungkan menerima bantuan apabila Anda memang membutuhkannya saat ditawarkan.

7. Hindari melakukan pekerjaan berat

Kurangi pekerjaan rumah dan apapun yang membuat Anda lelah. Selain itu, hindari berjalan jauh atau membawa sesuatu yang berat. Jika Anda pekerja kantoran, mintalah pengurangan jam kerja atau menambah waktu istirahat agar Anda tidak kelelahan.

8. Hindari berbuka dengan minuman dingin

Ibu hamil yang berbuka dengan menyantap minuman dingin pasalnya dapat memicu asam lambung yang meningkat karena perut dalam keadaan dingin dan kosong karena tidak diisi seharian.

Untuk orang yang tidak hamil saja, berbuka dengan minuman dingin dapat membuat nyeri perut, apalagi ibu hamil berpuasa. Jika memang ingin berbuka puasa dengan yang segar, cobalah untuk mengkonsumsi jus dengan kandungan buah-buahan yang alami tanpa pemanis buatan.

9. Jangan biarkan perut kaget

tips puasa bagi ibu hamil

Menu berbuka puasa biasanya sangat menggoda. Namun, kandungan menu buka puasa ibu hamil harus diperhatikan. Usahakan untuk menyantap makanan secara perlahan. Mulailah dengan kurma dan buah-buahan. Selanjutnya, setelah perut sudah sedikit-sedikit mulai terisi, barulah santap makanan utama agar perut tidak kaget.

10. Jangan kejutkan diri dengan makan manis langsung

Selain jangan langsung mengkonsumsi menu buka puasa secara langsung banyak, menu buka puasa ibu hamil juga tidak boleh langsung dengan mengkonsumsi banyak makanan manis. Es buah dan kolak memang sangat menggoda, namun saat berpuasa saat hamil usahakan untuk mengganti konsumsi manisan tersebut dengan buah kurma atau jus buah yang segar.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Sama halnya saat sahur, tips puasa bagi ibu hamil dengan mengkonsumsi terlalu banyak kandungan gula buatan seperti sirup juga dapat membuat cepat lelah karena kandungan gulanya lebih cepat menghilang. Lebih baik maksimalkan kandungan gula dengan manis yang alami, seperti kurma, madu atau buah-buahan agar tahan lama.