play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
News

Kenali Tanda Iman Turun yang Bisa Menyerang Anda

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Iman merupakan keyakinan membenarkan dan meyakinkan dengan hati, diucapkan oleh lisan, dan diamalkan dengan perbuatan. Banyak orang beranggapan iman selalu naik dan turun, jika sedang naik ibadah baik yang sunah maupun wajib akan terasa nikmat. Berbeda jika iman dalam kondisi turun yang membuat Anda melakukan apapun tetap terasa malas yang mengelayuti di setiap aktivitasnya. Tanda iman turun cukup mudah diihat dari setiap kegiatannya.

Sewaktu – waktu, setiap orang bisa saja mengalami rasa kesal. Selalu merasa apa yang di usahakan dan diimpikan tidak tercapai. Di sebuah cerita Rasulullah membentuk segi empat kemudian beliau berkata bahwa setiap bagian ujungnya merupakan bentuk ajal manusia, sedangkan manusianya sendiri  berada di tengah – tengah. Untuk itu anda harus mengenal tanda iman sedang turun berikut ini :

Baca juga : Tak Hanya soal Percaya, Ini Pengertian Rukun Iman

Tanda – Tanda Iman Turun

1. Tidak merasa bersalah setelah berbuat dosa

Jika sudah menjadi kebiasaan, maka segala keburukan dosa akan hilang dari penglihatan Anda. Akibatnya, Anda akan berani melakukan perbuatan durhaka dan dosa secara terang-terangan. Hati yang tidak merasa takut dan bersalah ketika melakukan dosa secara terus menerus, baik itu dosa kecil maupun dosa besar, berarti tidak ada iman dalam hatinya. Jika Anda berani melakukannya, itu pertanda imanmu sangat lemah.

Di samping itu juga Anda tidak memiliki masalah atau rasa khawatir lainnya jika sedang melakukannya berulang – ulang kali. Segera lakukan perubahan dengan mengucapkan istigfar yang banyak dan menyesali perbuatan. Bergegas ambil wudu dan lakukan solat.

2. Tidak sering membaca Al – Quran

tanda iman turun

Sebagai pedoman umat Islam, paling tidak Al-Qur’an harus dibaca dan. Dan akan jauh lebih baik jika dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, di hafalkan jika hal tersebut sama sekali tidak dikerjakan dalam hari-hari seseorang, maka keimanan mereka harus segera diperbaiki. Tapi bagi Anda yang masih berat melakukan penghayatan tersebut bisa terlebih dahulu untuk membiasakan diri untuk selalu membacanya.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Setidaknya sebelum membaca anda sudah mengenal panjang pendeknya dari suatu ayat di dalam Al – Quran. Karena akan lebih baik jika memahaminya terlebih dahulu dalam membacanya dengan baik dan benar sehingga kebaikan mudah didapat.

3. Malas melakukan ibadah

Umroh.com merangkum, malas-malasan dalam menyegerakan solat lima waktu, malas berjamaah di Masjid bagi pria. Menunda pergi solat Jumat, malas berdzikir, sedikit berdoa, sholat tidak tuma’ninah, tidak khusyu dalam ibadah, malas menuntut ilmu agama dan lain sebagainya. Perlu anda pahami Allah SWT juga melihat segala bentuk ibadah Anda, tidak hanya asal melakukannya supaya tidak mendapatkan dosa.

Waspadalah jika Anda berprinsip, datang paling belakangan, pulang paling duluan. Ketahuilah, Rasulullah saw. bersabda, “Masih ada saja segolongan orang yang menunda-nunda mengikuti shaff pertama, sehingga Allah pun menunda keberadaan mereka di dalam neraka.”

Ingin pergi umroh atau haji tapi masing bingung dengan reputasinya? Kunjungi Umroh.com dan dapatkan menawaran menarik!

4. Tidak mendahulukan panggilan Allah SWT

Banyak yang mendengar suara azan sebagai tanda Allah Subhanahu wa Ta’ala, namun tak jarang masih banyak ditemui orang yang asyik dengan kesibukannya masing-masing. Kecuali jika sedang dalam perjalanan dan sesuatu yang sifatnya tidak bisa dihentikan, maka ada rukhsoh. Namun, jika iman lemah, hati tidak akan merasa resah dan gelisah karena belum menunaikan kewajiban.

Jika hal ini telah menjadi karakter Anda. Sebab, Allah telah mensifati orang-orang munafik dengan firman-Nya, “Dan, mereka tidak menyebut Allah kecuali hanya sedikit sekali.”  Jadi, hati-hatilah jika Anda merasa malas melakukan ibadah-ibadah, tidak antusias melakukan solat malam, tidak bersegera ke masjid ketika mendengar panggilan azan, enggan mengerjakan solat dhuha dan solat nafilah lainnya.

5. Kurang sedekah

Takut jika bersedekah harta akan habis. Sangat terlihat sekali bahwa tidak ada kepercayaan kepada Allah Zat Yang Maha Memberi dan Mencukupi segala kebutuhan umat manusia. Orang yang takut bersedekah dan enggan mengeluarkan sebagian hartanya untuk orang lain yang membutuhkan, ini pertanda iman sangat lemah.

Untuk bisa memperlancar rezeki, Anda bisa melakukan sedekah dalam bentuk apapun. Contohnya dengan memberikan sedikit dari rezeki yang dimiliki dan berikan kepada yang lebih membutuhkan. Atau bisa mengamalkannya dalam bentuk ilmu kepada orang lain.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Secara harfiah, iman adalah percaya. Berarti sebagai umat islam Anda harus membenarkan dalam hati dengan apa yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW dari Allah SWT itu benar adanya. Dan juga mengamalkan salah satu anggota tubuh seperti hati sebagai mediumnya. Setiap muslim juga harus memahami makna dari implementasi setiap perintah dengan apa yang sudah Allah SWT berikan di dunia nyata.

Facebook Comments