1
Muslim Lifestyle

Untuk Mencintai Allah, Lakukan 8 Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mencintai bukan hanya rasa yang ada di dalam hati, namun juga harus ditunjukkan dengan perbuatan. Perbuatan dan perilaku yang dilakukan karena cinta akan menjaga perasaan itu tetap hidup di dalam hati seseorang. Sama halnya saat mencintai Allah. Ada hal-hal yang sebaiknya kita lakukan untuk menunjukkan cinta kepada Allah.

Memilih Apa yang Disukai Allah

Orang yang mencintai Allah sadar bahwa cinta sejati adalah milik Allah, dan ia ingin agar Allah mencintainya. Inilah yang membuatnya selalu melakukan hal-hal yang disukai Allah. Ia tidak ingin menuruti hawa nafsu yang mengajak kepada perbuatan yang dilarang Allah. Ia sadar, bahwa perilaku dan hal-hal yang ada di sisi Allah (disukai Allah) akan mendatangkan cinta Allah.

Selalu Menyebut Nama Allah

Selayaknya orang yang sedang mencintai kekasihnya, orang yang mencintai Allah juga akan senang menyebut namaNya. Ia senantiasa berdzikir, baik lewat lisannya maupun di dalam hatinya. Ketika ia mendapat nikmat, ia akan bersyukur dengan memuji Allah. Jika ia mendapat ujian, ia akan bersabar, memohon ampun pada Allah, dan mengembalikan urusannya kepada Allah.

Memperbanyak Berinteraksi dengan Al Quran

Bagi orang yang mencintai Allah, membaca Al Quran merupakan salah satu jalan berkomunikasi dengan Allah. Al Quran merupakan kalam Allah, sehingga ketika seseorang membaca Al Quran, berarti ia sedang ‘berinteraksi’ dengan Allah. Dari Al Quran, ia akan mendapat petunjuk yang berguna bagi kehidupannya di dunia. Karena itulah kecintaannya kepada Al Quran semakin bertambah.

Senantiasa Berdoa

Doa dan sholat merupakan ‘fasilitas’ yang diberikan Allah agar kita bisa bermunajat kepadaNya. Orang yang mencintai Allah selalu senang ketika waktu shalat tiba, karena itu artinya ia bisa segera menghadap dan bermunajat kepada Allah. Ia juga tidak pernah meninggalkan doa dalam kehidupannya sehari-hari. Apa saja yang ia hadapi di dunia, baik menyenangkan atau tidak, selalu disampaikannya kepada Allah lewat doa. Ia menemukan ketentraman dengan berdoa kepada Allah.

Orang yang mencintai Allah juga suka melaksanakan shalat tahajud. Karena ia tahu, Allah ‘turun’ ke langit dunia untuk mendengarkan doa hamba-hambaNya di sepertiga malam. Waktu sepertiga malam terakhir itu ia manfaatkan untuk berduaan dengan Allah.

Melakukan Semua Hal karena Allah

Orang yang mencintai Allah selalu melibatkan Allah dalam setiap kegiatannya. Ia mengisi waktunya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan disukai Allah. Dalam setiap langkahnya, ia selalu menyebut nama Allah agar senantiasa dibimbing melakukan hal yang terbaik.

Menyayangi Makhluk Allah

Orang yang mencintai Allah tahu bahwa semua hal yang ada di sekelilingnya adalah ciptaan Allah. Baik itu manusia, hewan, atau tumbuhan. Karena cintanya kepada Allah, ia tidak akan melakukan perbuatan dzalim yang bisa menyakiti mereka. Ia akan menjaga lisan, kaki, dan tangannya agar tidak membuat makhluk Allah tersakiti.

webinar umroh.com

Takut kepada Allah

Rasa cinta yang dimilikinya membuat seseorang yang mencintai Allah akan takut membuat Allah murka. Ia tidak ingin Allah tidak meridhai perbuatannya. Karena itu ia selalu berhati-hati dalam setiap langkahnya.

Mencintai Akhirat

Seseorang yang mencintai Allah memiliki keinginan untuk berjumpa dengan Allah di surga. Sebagaimana seseorang yang rindu kepada kekasihnya dan ingin bertemu. Karena itu, orang yang mencintai Allah akan selalu berusaha melakukan hal-hal baik yang diridhai Allah selama ia masih hidup. Amal sholeh tersebut dipersiapkannya agar ia bisa bertemu Allah di surga kelak.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.