1
Travel

Wajib Tahu! Ini 6 Fakta Unik Yordania

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Salah satu hal yang membuat Yordania mendunia adalah Petra yang berada di sana. Situs kuno itu masuk dalam daftar warisan UNESCO, sekaligus menjadi salah satu dari New Seven Wonders of the World. Lebih lanjut, yuk kita mengenal fakta-fakta unik Yordania, negara yang memiliki nama resmi “Hashemite Kingdom of Jordan” ini.

Bahasa Resmi Yordania dan Bahasa Sehari-Hari

Bahasa resmi Yordania adalah bahasa Arab. Namun kita akan banyak menemukan orang Yordania yang berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Baik dari kalangan atas, maupun dari kalangan bawah.

Bunga Nasional Yordania

Yordania memiliki bunga nasional, yaitu Black Iris. Bunga itu hanya tumbuh di Wadi Rum, dan hanya di musim semi.

Iklim di Yordania

Yordania memiliki iklim kombinasi. Antara iklim Mediterania dengan iklim gurun (arid desert). Iklim Mediterania bisa dirasakan di bagian utara Yordania. Namun, sebagian besar wilayah di Yordania mengalami iklim gurun.

Iklim gurun adalah iklim di mana penguapan yang terjadi melebihi curah hujan. Permukaan wilayahnya biasanya tidak ditumbuhi tumbuhan, berbatu, dan berpasir. Sedangkan iklim Mediterania adalah iklim yang terjadi di wilayah cekungan Mediterania, sebagai bagian dari iklim subtropis. Iklim Mediterania membuat wilayah tersebut banyak disinari sinar matahari, musim panas yang hangat, serta musim dingin yang cenderung basah dan dingin.

Titik Terendah di Bumi

Di Yordania terdapat titik terendah lahan kering di bumi. Tepatnya di dasar Laut Mati, pada kedalaman 420 meter di bawah permukaan laut.

Laut Merah ini yang membuat Yordania tidak menjadi negara landlock atau negara yang terkurung daratan. Perairan Laut Mati ini membuat Yordania memiliki garis pesisir sepanjang 26 kilometer.

Nama Amman di Masa Lalu

Ibukota Yordania adalah Amman. Dahulu, kota ini bernama Philadelphia. Nama tersebut diambil dari Ptolemy Philadelphus (283-246 Sebelum Masehi) yang membangun kota ini di masa pemerintahannya. Di Amman inilah terdapat teater yang dibangun di masa kerajaan Romawi, yang memiliki 6.000 kursi. Teater ini dibangun ketika Yordania atau Amman masih dikenal dengan nama Philadelphia.

webinar umroh.com

Makna Bendera Yordania

Bendera Yordania terdiri dari tiga warna horizontal, yaitu hitam, putih, dan hijau. Warna tersebut mencerminkan kerajaan yang sempat menguasai wilayah Yordania. Hitam untuk masa Kerajaan Abbasiyah, Putih untuk masa Kerajaan Umayyah, dan Hijau untuk masa Kerajaan Fatimid.

Di bagian sisi kiri bendera, ada segitiga merah yang menggambarkan pemberontakan besar Arab untuk memerdekakan diri dari Kerajaan Ottoman (Utsmaniyah) di tahun 1916. Sedangkan bintang bermata tujuh mencerminkan 7 ayat surat Al Fatihah yang membuka Al Quran.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.