1
Muslim Lifestyle Travel

Wisata Religi 9 Makam Walisongo yang Wajib Anda Kunjungi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Indonesia adalah Negara yang kaya akan tempat wisata penuh hiburan, melepas penat, maupun yang edukatif. Namun tahukah Anda jika selain tempat wisata tersebut, ada sejumlah tempat wisata religi yang patut Anda kunjungi  di beberapa jumlah daerah. 

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Religi di Jawa Barat

Wisata religi pada umumnya hanya ramai dikunjungi pada momen –momen tertentu saja.  Wisatawan yang berkunjung pun kebanyakan dari majlis ta’lim atau rombongan – rombongan islam lainnya. Perlu Anda ketahui jika tempat wisata religi sejatinya bukan hanya diperuntukan untuk kegiatan dari pengajian saja melainkan kita dapat mengetahui  serta mempelajari sejarah – sejarah tentang keagamaan dari tempat tersebut lebih dalam lagi.

Baca juga: Cek Jadwal Sholat saat Mengunjungi Wisata Religi Walisongo di Sini

Tahukah Anda tentang sembilan makam walisongo ? ini merupakan destinasi favorit dan masih ramai dikunjungi baik itu wisatawan local maupun mancanegara.  Bagi yang sering mengunjungi tempat ini mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Akan tetapi bagi Anda yang baru saja akan mengunjungi atau mungkin sedang mencari referensi tempat wisata religi, ini adalah salah satu tempat wisata religi yang tepat untuk Anda sambangi.

wisata religi walisongo
source: flickr.com

 Walisongo  ialah para tokoh penyebar agama islam di pulau Jawa. Banyak peziarah yang datang untuk sekedar menghormati ataupun mendoakan para walisongo  karena atas jasa dari para walisongo yang menyebarkan dan melakukan dakwah mengenai ajaran agama islam sehingga tradisi ziarah ke makam walisongo masih sangat rutin di lakukan bagi para wisatawan khususnya masyarakat sekitar. 

Ingin tahu siapa saja Sembilan walisongo dan dimana letak makam nya ? berikut informasinya untuk Anda.

1. Makan sunan Ampel di Surabaya

Sunan Ampel  atau yang memiliki nama asli Raden Rahmat merupakan wali tertua diantara wali yang lainnya. Sunan Ampel merupakan pendiri dari pesantren Ampel Denta yang merupakan pesantren tertua di Jawa. Bagi Anda yang ingin mengunjungi makan Sunan Ampel, makam beliau terletak di dalam kawasan wisata budaya Surabaya yang berdekatan dengan area pecinan Kya Kya Kembang Jepun dan kampong Arab Jawa Timur.

Baca juga: 10 Destinasi Wajib di Mekkah

webinar umroh.com

2. Makam sunan Giri di Gresik

Raden Paku atau yang kerap kita sapa Sunan Giri merupakan murid dari Sunan Ampel. Selain sebagai ulama beliau juga bertindak sebagai raja bergelar prabu Satmojo dan memerintah pada tahun 1487-1506. Lokasi makam Sunan giri berada sedikit jauh dari pusat kota Gresik, yaitu di puncak bukit Kebomas, Gresik.

wisata religi walisongo
source: flickr.com

3. Makam sunan Gresik di Gresik

Sunan Gresik atau yang memiliki nama asli Syekh Maulana Malik Ibrahim ini merupakan keturunan nabi Muhammad saw yang ke 22. Sunan Gresik melakukan dakwahnya dengan cara melakukan pendekatan social budaya. Pada saat itu beliau juga dikenal sebagai tabib karena mampu menyembuhkan beberapa macam penyakit.  Makam beliau terletak di pusat kota gresik yang sangat mudah untuk dijangkau yaitu di desa Gapuro Sukolilo kecamatan Gresik.

wisata religi walisongo
source: flickr.com

4. Makam sunan Bonang di Tuban

Pemilik asli nama Raden Makhdum Ibrahim ini merupakan anak dari Sunan Ampel. Pada saat beliau masih hidup, beliau sangat dikenal dengan antusiasnya dalam memasukan agama islam dalam kesenian jawa. Seperti membuat lagu tombo ati yang hingga kini masih terdengar indah lagunya dimana mana. Makam sunanBonang terdapat di sebelah masjid Agung Tuban, lebih tepatnya di salah satu sisi alun-alun kota Tuban, Jawa Timur.

Baca juga: Setelah Wisata Religi Walisongo, Jangan Lupa untuk Umroh Bersama Keluarga

5. Makam sunan Drajat Lamongan

Sunan drajat adalah anak dari sunan Ampel. Memiliki nama asli Raden Qasim, makam sunan Drajat berada di daerah wisata lamongan diatas bukit tinggi dan dikelilingi pepohonan yang luas. Disekitaran makam terdapat museum sunan Drajat yang juga bisa Anda kunjungi secara gratis. Sunan Drajat merupakan wali Allah swt yang sangat berjiwa social dan bijaksana, terutama dalam mensejahterakan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan disekitar Paciran. Beliau juga ahli dalam bidang kesenian dan merupakan pelopor terciptanya melodi orchestra gamelan Jawa.

source: flickr.com

6. Makam sunan Kudus di Kudus

Makam yang tidak jauh dari masjid Kudus ini mirip dengan candi hindu yang dengan uniknya diletakan di tengah bangunan yang menyerupai joglo. Pemilik nama asli Ja’far Shadiq ini semasa hidupnya mempunyai peran penting di kesultanan Demak, yaitu sebagai panglima perang, penasihat sultan Demak, Mursyid Thariqah dan Hakim peradilan Negara. 

source: flickr.com

7. Makam sunan Muria di Jepara

Sunan muria memiliki nama asli Raden Umar Said merupakan anak dari sunan Kalijaga dan terkenal dengan ilmunya yang sakti. Selain itu beliau juga dikenal sebagai pencipta tembang sinom dan Kinanthi. Dalam bedakwah sunan Muria lebih menekankan kepada kaum nelayan, pedagang, dan rakyat jelata.  Letak makam dari sunan Muria yaitu berada di gunung Muria. Bagi kamu yang akan ziarah ke makan sunan Muria, sebaiknya siapkan fisik karena letak makam yang berada di atas gunung.

8. Makam sunan Kalijaga di Demak

Sunan Kalijaga memiliki nama asli Raden Said. Pada saat melakukan dakwah sunan Kalijaga kerap menggunakan wayang kulit dan tembang suluk  untuk memperkenalkan ajaran islam kepada masyarakat jawa yang kental akan budaya dan kesenian. Makam yang menjadi tempat wisata sejarah dan religi popular di Demak ini berlokasi di pinggiran kota Demak dan cukup dekat dengan kompleks pemakaman keluarga kerajaan Demak.

source: flickr.com

9. Makan sunan gunung Jati Cirebon

Syarif Hidayatullah merupakan nama asli dari sunan Gunung Jati yang merupakan dalang dari berkembangnya Cirebon sebagai pusat dakwah. Lokasi makam sunan gunung Jati berada disalah satu daerah kota Cirebon. Makam yang dihiasi ornament dan piring antic dari china ini dibuat karena semasa hidup sunan gunung Jati pernah menikahi putri Ong Tien yang berasal dari china.

source: flickr.com

Itulah sedikit penjelasan mengenai wisata religi Sembilan walisongo. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda yang akan mengunjungi beberapa tempat di atas.