Travel Umroh

Setelah Umroh, Saatnya Wisata ke 10 Destinasi Ini di Mekkah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Setelah beribadah haji atau umroh, saatnya Anda menjajaki berbagai destinasi wisata di Mekkah. Negeri yang sarat sejarah ini tentunya menuguhkan beragam destinasi menarik bagi umat muslim. Mulai napak tilas sejarah Rasulullah salallahu’alayhi wa sallam hingga wisata belanja yang modern maupun yang tradisional.

Jika Anda pergi bersama keluarga atau pasangan, tentu berwisata di Mekkah bisa jadi pilihan selingan ibadah. Tentu Anda dan keluarga pun bisa mengambil banyak pelajaran berharga dari saksi perkembangan Islam, dan situs-situs peninggalan nabi-nabi yang pernah ada.

Baca Juga: Sebelum Berangkat Sebaiknya Anda Memilih Paket Umroh yang Dekat dengan Destinasi Wisata di Mekkah

Berikut 10 destinasi wisata di Mekkah yang bisa Anda kunjungi:

1. Museum Haramain Mekkah

Destinasi pertama ialah yang menggambarkan kebudayaan Arab Saudi secara keseluruhan, berlokasi hanya 20 menit dari Masjid Haram dan bisa ditempuh dengan bus. Di museum ini Anda bisa menemukan berbagai sejarah perkembangan situs Islam di Arab Saudi. Museum ini juga biasa dijuluki sebagai Museum Mekkah.

Pameran terbesar di museum ini ialah tentang berbagai bangunan religius bersejarah yang berada di  Arab Saudi. Mulai dari berbagai miniatur bangunan dan penjelasan metode dibangunnya bangunan-banguan megah tersebut. Dalam museum ini, dipamerkan material bangunan Masjid Haram dan Masjid Nabawi, dua masjid paling penting bagi umat mulslim di dunia. Ada pula pintu Ka’bah yang terbuat dari emas 24 karat di museum ini.

2. Jabal Tsur

Destinasi ini salah satu bukit bersejarah yang memiliki tiga puncak saling berdekatan dan menyambung. Bukit itu termasuk salah satu yang tertinggi di Kota Makkah. Di puncaknya, ada sebuah gua yang sangat bersejarah, yakni Gua Tsur.

Di Goa Tsur itulah Rasulullah salallahu ‘alayhi wasallam, dan Abu Bakar dari kejaran kaum kafir Quraisy saat hendak hijrah ke Madinah, selama tiga hari. Wisatawan juga bisa melihat ke dalam goa yang tidak besar ini. Selain itu, dari atas bukit Anda akan disajikan pemandangan kota Mekkah yang menawan.

3. Jabal Rahmah

Tempat ketiga ini begitu bersejarah dan berkesan, karena merupakan tempat Nabi Adam dan Siti Hawa pertama kali dipertemukan kembali setelah setelah terpisah ratusan tahun setelah dikeluarkan dari surga.

Tempat ini berada di atas Padang Arafah yang menjadi salah satu tempat terpenting, karena menjadi tempat wukuf peserta haji. Di atasnya dibangun sebuah tugu sebagai tanda tempat pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa.

Tak hanya sebagai tempat berdoa, Anda juga bisa menikmati pemandangan kota dari atas bukit. Sayangnya, tugu monumen di Jabal Rahmah sudah penuh coretan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Tempat-tempat Lainnya yang Juga Menarik di Mekkah

Destinasi Wisata di Mekkah

4. Jannat Al- Baqi

Destinasi yang satu ini merupakan tempat dikuburnya merupakan sebuah tanah pemakaman yang sangat bersejarah bagi umat Islam karena kerabat dan sahabat Nabi Muhammad termasuk ibu mertua dan kakeknya  yang dikubur disana. Ada sekitar 7.000 sahabat yang dikubur di sana. Selain itu pemandangan di sini juga sangat indah.

Namun jangan samakan dengan kesalahan yang banyak terjadi di Indonesia, wisata kubur di sini bukan untuk meminta wangsit, berkah, ataupun berharap yang lainnya. Di sini Anda akan diarahkan pengelola untuk mengingat kematian. Betapa banyak orang besar di dunia yang dikuburkan di sini, pada akhirnya semua sama rata dengan tanah.

Janna Al-Baqi ini juga merupakan bagian peninggalan dari keluarga, kerabat serta sahabat Nabi Muhammad. Dahulu, orang-orang yang meninggal saat haji atau umroh dikuburkan di sini.

5. Gunung Uhud

Gunung Uhud berada di utara Madinah dengan ketinggian sekitar 350 meter. Gunung Uhud merupakan salah satu lokasi perang besar antara umat Islam dan tentara Quraisy. Perang yang terjadi pada 15 Syawal 3 Hijriah atau Maret 625 Masehi itu dikenal dengan Perang Uhud.

Selain makam syuhada, tempat bersejarah lain yang ada di kawasan ini adalah Masjid Al-Fash. Nabi Muhammad salallahu’alayhi wa sallam pernah salat zuhur setelah Perang Uhud selesai di masjid tersebut.

6. Masjid Quba

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad  pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba. Ada tiga pintu yang tersedia untuk keluar masuknya para jemaah, satu pintu bisa digunakan jemaah wanita, dan dua pintu bisa dipakai  jemaah pria. Sementara di seberang ruang utama masjid, terdapat tempat belajar mengajar dapat terlihat.

Saat wukuf di Arafah, masjid ini kerap mengumandangkan ceramah-ceramah untuk para jamaah haji yang wukuf.

Baca Juga: Ketahui Juga Sejarah Tentang Kota Mekkah

Destinasi Wisata di Mekkah

7. Goa Hira

Di sinilah tempat Nabi Muhammad salallahu ‘alayhi wa sallam menerima wahyu pertama kali, melalui perantara Malaikat Jibril. Goa ini berada di perbukitan dan tebing, memiliki medan tempuh yang lumayan berat dengan tanjakan curam. Anda harus menyiapkan fisik yang kuat untuk bisa melihat Goa Hira.

Anda bisa membayangkan dahulu Nabi Muhammad bolak balik masuk ke goa ini sebelum mendapatkan wahyu.

8. Pasar Zakfariah

Saatnya wisata belanja, jika Anda mencari oleh-oleh di Kota Mekkah, wajib mampir ke Pasar Zakfariah. Pasar ini terletak hanya satu kilometer dari Masjidil Haram. Pasar tradisional ini menjual berbagai keperluan ibadah, perhiasan, jam tangan, hingga barang-barang elektronik. Dengan barang yang serba ada juga lokasinya strategis, tempat ini jadi satu lokasi favorit untuk membeli oleh-oleh para jemaah haji asal Indonesia.

Ketika memasuki waktu salat, lapak yang ada di pasar ini ditutup oleh pemiliknya. Mereka kemudian menggelar karpet di lorong-lorong jalan pasar tersebut untuk alas solat. Agar tidak menggangu ibadah, pastikan rukun-rukun atau list ibadah Anda sudah terlaksana sebelum ke sini.

9. Giant Clock Tower di Menara Abraj Al Bait

Saatnya berkunjung ke salah satu landmark yang terkenal di sekitar Masjidil haram. Ialah jam raksasa yang berada di ketinggian 600 meter. Diameter jam ini pun mencapai 40 meter dan dinobatkan sebagai yang terbesar di dunia setelah mengalahkan jam Cevahir Mall di Istanbul yang berdiameter 36 meter. Jam ini menjadi salah satu ikon di Arab Saudi karena bisa terlihat dari jarak yang sangat jauh yaitu lebih dari 25 kilometer.

Menara ini juga berhasil mengalahkan ukuran menara Big Ben di London, di mana ornamen bulan sabit berwarna emas super besar berdiamater 23 meter terpasang di atas puncaknya.

Baca Juga: Fakta Menarik dari Kota Mekkah

10. Suquq Lail – Tempat Lahir Nabi Muhammad

Rasulullah salallahu’alayhi wasallam  diyakini lahir di kaki Gunung Abi Qubais di kampung Suqul-Lail, Mekah. Kini rumah tempat kelahiran Beliau itu menjadi perpustakaan umum. Tertulis di depannya huruf Arab ‘Maktabah Makkah al-Mukarramah’ yang artinya ‘Perpustakaan Mekkah al-Mukarramah’.

Ketika Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, rumah ini ditinggali oleh Aqil bin Abi Thalib yang kemudian didiami oleh anak turunannya. Rumah itu kemudian dibeli oleh Khaizuran, ibu Harun Arrasyid, dan dibangun sebuah masjid.

Pada 1950, tempat lahir Nabi itu dijadikan wakaf perpustakaan atas permintaan Sheikh Abbas Al-Qattan yang menjabat sebagai gubernur Mekah saat itu.

I'm the type of person who easy to adjust, cause like to engage in conversation and observe people's characters.