1
Kesehatan Parenting

10 Mitos Tanda Hamil Anak Perempuan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ibu yang sedang hamil muda pastinya sudah penasaran dengan janinnya. Menunggu hingga 20 minggu untuk tahu jenis kelamin anak. Begitu pula dengan Sang Ayah pastinya sudah penasaran juga. Apakah anak saya nanti laki-lai atau perempuan? Yuk main tebak-tebakan jenis kelamin anak.

Jika Bunda termasuk yang sebagian besar mengalami hal berikut, kemungkinan Bunda sedang hamil anak perempuan. Begitulah mitos yang beredar dimasyarakat. Terkadang mitos dapat pula kebetulan memang  menjadi kenyataan, namun hal tersebut perlu diimbangi dengan pengetahuan yang lebih tentang fakta yang sesungguhnya terjadi.

 

Mitos tanda hamil anak perempuan mari kita jabarkan:

 

1.Morning Sickness

Ibu lebih sering mengalami morning sickness yaitu mual dipagi hari yang lebih parah pada trimester pertama atau pada saat hamil muda. Para ahli juga mendapati fakta bahwa morning sickness pada ibu hamil janin perempuan lebih parah dibanding janin laki-laki, bahkan hingga sebelum lahir.

webinar umroh.com

 

2.Nggak Glowing

Ada yang mengatakan bahwa yang sedang hamil anak perempuan, si janin mengambil kecantikan ibunya. Wajah ibu jadi cenderung berjerawat dan berminyak. Oleh sebab itulah, apabila wajah ibu hamil terlihat lebih kusam, berminyak dan jerawatan, itu merupakan ciri hamil anak perempuan.

 

3.Rambut Rontok

Tidak hanya kecantikan wajah saja yang diambil si kecil, rambut ibu juga menjadi mudah rontok, lepek, dan terasa tipis. Belum ada riset yang meneliti hal tersebut.

 

4.Bentuk Perut Lebih Naik

Perut ibu juga tampak terlihat lebih naik sampai pada tulang rusuk. Namun sebenarnya bentuk perut ibu hamil ditentukan oleh bentuk tubuh, bentuk rahim, usia kehamilan, otot perut dan berat badan selama kehamilan.

 

5.Ngidam Makanan Manis

Katanya ibu juga dapat cenderung ngidam makanan dan minuman manis. Contohnya seperti coklat, ice cream, dan lainnya. Hal ini tentu saja tidak benar, karena selera makan ibu hamil bisa berubah akibat pengaruh hormon yang memengaruhi indera pengecapnya.

 

6.Kenaikan Berat Drastis

Ibu yang hamil anak perempuan dengan ngidam makanan manis ternyata dapat menyebabkan berat badan menjadi naik secara drastis. Tentu saja bila ibu hamil mengkonsumsi makanan berlebih dapat meningkatkan lebih cepat berat badan saat hamil terutama makanan tersebut berasal dari makanan yang mengandung gula dalam jumlah yang tinggi.

 

7.Mood Swings

Katanya sih ibu hamil menjadi lebih mood swing. Apa itu? Jadi ibu hamil mengalami mood yang gampang sekali berubah-ubah. Contohnya sebentar happy, sebentar sedih, sebentar marah. Hal ini juga tidak dapat dapat dipastikan karena banyak faktor yang dapat mempengeruhi  mood seseorang termasuk ibu hamil.

 

8.Detak Jantung Bayi Cepat

Detak jantung janin perempuan katanya lebih cepat dibanding janin laki-laki. Detak jantung sekitar 140 detak per menit. Belum tentu ini menandakan bahwa bayi yang dikandung adalah perempuan karena faktor psikis, pola hidup termasuk pola konsumsi, dan lingkungan.

 

9.Linea Nigra

Garis hitam yang melintang dari pusar ke pelvis disebut linea nigra. Orang dulu percaya, bila garis hitamnya terlihat putus-putus, atau berliku-liku, tAndanya sedang hamil bayi perempuan. Namun sebenarnya, linea nigra memang kadang terlihat jelas, kadang tidak. Semakin dekat dengan waktu kelahiran, garis hitamnya akan tampak semakin jelas.

 

10.Tidur Miring Kanan

Bila saat hamil Bunda lebih suka tidur menghadap ke kanan, dipercaya bahwa janin yang dikandung adalah bayi perempuan. Namun ini hanya tentang faktor kenyamanan dan kebiasaan saja. Fakta secara medis menyatakan bahwa Ibu hamil dianjurkan untuk tidur miring kiri karena asupan nutrisi menuju janin lebih baik.

 

Bunda yang udah pernah hamil mengalami kondisi tersebut juga tidak?

Bunda percaya mitos yang mana nih? Silahkan isi kolom komentar ya.