1
Serba-serbi Ramadhan

15 Jajanan Buka Puasa Paling Laris Ini Bisa Jadi Ide Bisnis

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bulan puasa semakin semarak dengan hadirnya pasar kaget selama bulan Ramadhan. Pasar ini menjual beragam makanan dan minuman, khususnya menu yang banyak dicari untuk berbuka puasa. Selain niat puasa yang telah dilakukan di awal dan beberapa rukun puasa lainnya, saatnya berbuka menjadi rukun dan tidak ketinggalan 15 jajanan buka puasa paling laris.

Baca juga : Jangan Dilakukan, Begini Bunyi Hadits tentang Ghibah!

15 Jajanan Buka Puasa Paling Laris di Berbagai Kalangan

Berikut adalah daftar 15 jajanan buka puasa paling laris yang telah dirangkum.

1. Kolak

Bagi masyarakat Indonesia, kolak merupakan hidangan buka puasa yang paling dinanti. Hidangan berbahan santan dan bercita rasa manis ini memang cocok dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa. Biasanya, buah yang dimasak sebagai kolak adalah pisang dan berbagai umbi-umbian. Tekstur buah yang menjadi lebih lembut dan lebih manis dianggap mampu mengisi energi seketika saat berbuka puasa.

2. Es Buah

Seperti kolak, es buah juga menjadi jajanan buka puasa paling laris. Cuaca Indonesia yang cenderung panas membuat banyak orang mendambakan menu segar untuk disantap ketika berbuka puasa. Di dalam es buah, kita bisa menikmati kesegaran potongan-potongan buah dengan dipadu sirup, susu, dan santan. Buah yang dipakai cenderung beragam, tergantung selera peracik-nya. Karena penggemar es buah sangat banyak, tak heran kita banyak menemukan penjual jajanan ini ketika berbuka puasa.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3. Es Cendol

Minuman ini terdiri dari cendol, semacam jelly yang terbuat dari tepung beras, yang disajikan bersama dengan gula merah dan santan. Jajanan buka puasa ini bisa memberikan energi ekstra setelah seharian berpuasa.

4. Kurma

Masyarakat Indonesia juga banyak yang gemar meniru kebiasaan berbuka Rasulullah. Karena itu, kurma menjadi salah satu jajanan buka puasa paling laris saat bulan Ramadhan. Banyak keluarga atau rumah makan menyediakan kurma sebagai sajian takjil. Kurma menjadi hidangan berbuka yang sehat. Sebab di dalamnya terdapat serat sekaligus gula alami yang baik bagi tubuh.

5. Kue Klepon

Tidak hanya minuman manis, masyarakat Indonesia juga menggemari kue-kue manis sebagai menu berbuka puasa. Salah satu kue yang menjadi jajanan buka puasa paling laris adalah kue klepon. Kue ini biasanya berwarna hijau, terbuat dari tepung ketan, dan dilengkapi dengan isian gula merah serta taburan kelapa parut. Teksturnya yang kenyal, sekaligus kejutan gula merah di dalamnya membuat santap berbuka menjadi lebih menyenangkan.

webinar umroh.com

6. Gorengan

Walaupun rasanya tidak manis, gorengan tetap menjadi salah satu jajanan buka puasa paling laris. Banyak dari kita menggemari hidangan yang digoreng, kemudian dinikmati dengan sambal atau cabe rawit segar. Ada beragam gorengan yang bisa dihidangkan kala berbuka puasa. Misalnya pisang goreng, bala-bala, pastel, serta risoles. Penggemar gorengan untuk berbuka puasa tidak akan habis. Sebab makanan ini dianggap bisa memberikan energi ekstra kala berbuka.

7. Es Kelapa Muda

Umroh.com merangkum, Indonesia dengan iklim tropisnya membuat kelapa menjadi mudah tumbuh, sehingga hidangan berbahan kelapa banyak ditemui. Salah satu hidangan sederhana dari kelapa yang banyak digemari adalah es kelapa muda. Sajiannya terdiri dari air kelapa muda dan degan serutan daging kelapa muda. Tidak jarang ditambahkan pula gula atau sirup.

Mulai hari ini kuatkan Niat mu kebaitullah dan wujudkan bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

8. Lauk Matang

Tidak sedikit orang yang memilih untuk langsung menyantap hidangan utama saat berbuka. Karena itu, lauk matang menjadi salah satu menu buka puasa paling laris. Di berbagai pasar Ramadhan, kita banyak menjumpai pedagang lauk matang, seperti ayam bakar, ikan goreng, sayuran matang, dan sebagainya. Pedagang lauk matang ini akan memudahkan mereka yang tidak sempat memasak menu berbuka puasa.

9. Es Cincau

Cincau bisa dibilang adalah agar-agar tradisional khas Indonesia. Agar-agar yang terbuat dari sari daun ini biasanya berwarna hitam atau hijau, dan sangat nikmat dinikmati dengan santan yang diberi tambahan gula merah atau sirup. Sehat dan menyegarkan, tidak heran es cincau menjadi salah satu jajanan buka puasa paling laris.

10. Es Pisang Hijau

Jajanan yang berasal dari Makasar ini kini semakin akrab di lidah seluruh masyarakat Indonesia. Tidak ada yang bisa menolak nikmatnya buah pisang yang lembut, berbalut kulit yang teksturnya kenyal, serta disajikan dengan bubur sumsum, serutan es, serta siraman sirup. Menu ini juga menjadi jajanan buka puasa yang laris diburu di bulan Ramadhan.

11. Bubur Kacang Hijau

Nikmat dinikmati saat hangat maupun dingin, bubur kacang hijau juga banyak di-jajakan di pasar Ramadhan. Salah satu jajanan buka puasa paling laris ini dibuat dengan memasak kacang hijau hingga lembut, bersama dengan santan dan gula. Menu ini bisa mengganti energi yang habis setelah seharian berpuasa.

12. Es Campur

Hidangan ini disebut es campur karena memang berisi campuran berbagai bahan yang menyegarkan. Mulai dari es serut, susu, santan, dan buah-buahan seperti alpukat, nanas, kolang-kaling, rumput laut, dan sebagainya. Lengkap dan menyegarkan, tidak heran es campur menjadi salah satu jajanan buka puasa paling laris.

13. Es Tape

Memiliki cita rasa asam, manis, dan segar, es tape menjadi menu berbuka puasa yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Minuman ini terbuat dari campuran tape, biasanya tape ketan, yang ditambahkan air sehingga menjadi lebih segar. Karena itu, menu es tape cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

14. Kudapan Kekinian

15 jajanan buka puasa paling laris

Selain berbagai kudapan tradisional, banyak juga penjual makanan berbuka yang menjajakan kudapan kekinian, seperti pizza, corndog, takoyaki, dan sosis bakar. Makanan kekinian tersebut menjadi jajanan buka puasa paling laris di kalangan anak muda.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

15. Minuman Kekinian

Di samping makanan kekinian, minuman kekinian juga semakin banyak penggemarnya. Kini, kita bisa menjumpai banyak minuman kekinian yang dijual untuk berbuka puasa, seperti thai tea dan es boba. Menu ini banyak digemari oleh anak muda yang menyukai cita rasa unik dan baru.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.