play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

14 Adab Bertetangga dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam hadits yang diriwayatkan At Thabrani, Rasulullah menjelaskan mengenai adab bertetangga bahwa tetangga ada tiga, yaitu tetangga yang memiliki satu hak, tetangga yang memiliki dua hak, dan tetangga yang memiliki tiga hak. Tetangga yang memiliki tiga hak adalah tetangga muslim sekaligus bersaudara.

Hak-haknya meliputi hak sesama muslim, hak saudara, dan hak tetangga. Kemudian tetangga yang memiliki dua hak, yaitu hak sesama muslim, dan hak tetangga. Sedangkan tetangga yang memiliki satu hak adalah tetangga yang musyrik.

Hadis tersebut menjelaskan tentang tata cara dalam berhubungan dengan tetangga. Seorang muslim harus memenuhi hak-hak tetangganya, sekalipun terhadap tetangga yang non muslim.

Baca Juga: Anda Juga Bisa Berangkat Ibadah Umroh Bersama Tetangga

Ada 14 Adab Bertetangga yang bisa Anda Lakukan.

1. Adab Bertetangga Pertama, Menolong Tetangga yang Meminta Bantuan

Setiap manusia pasti pernah mengalami masalah. Ketika tetangga kita mengalami masalah dan ia meminta bantuan, maka sudah seharusnya kita memberikannya.

2. Memberikan Pinjaman kepada Tetangga yang Meminjam

Ada situasi di mana sekarang tetangga tidak memiliki sesuatu yang dibutuhkannya. Karena itu, ia harus meminjamnya kepada orang lain. Ketika tetangga memohon bantuan untuk meminjam sesuatu dari kita, baik berupa barang maupun uang, tidak ada salahnya kita memberi jika kita memilikinya.

3. Memberi Tetangga yang Fakir

Tidak semua orang dikaruniai hidup yang nyaman. Ketika kita memiliki tetangga yang hidup dalam keterbatasan, sudah seharusnya kita menyantuni mereka.

4. Menjenguk Tetangga yang Sakit

Jenguklah tetangga yang sakit. Hibur hatinya agar ia kuat menjalani ujian sakit dari Allah. Tawarkan bantuan jika mereka membutuhkannya.

Baca Juga: Anda Bisa Membawakan OIeh-oleh untuk Tetangga

5. Mengantar Jenazah Tetangga yang Meninggal

Ketika ada tetangga yang meninggal, ia berhak untuk diantar jenazahnya oleh kita. Penuhilah hal tersebut. Antarkan jenazah dan doakan ia.

6. Mendapatkan Ucapan Selamat saat Tetangga Mendapat Kebaikan

Ketika tetangga mendapatkan kebaikan, ucapkan selamat kepadanya. Misalnya ketika tetangga menikah, kenaikan jabatan, mendapat keturunan, dan sebagainya.

7. Dihibur ketika Mendapat Kesulitan

Selain memberi bantuan, kita juga wajib memberikan ucapan yang baik dan menenangkan saat tetangga mendapat kesulitan. Ucapan baik tersebut pastinya sangat membantu menguatkan mental mereka saat menghadapi ujian dari Allah.

8. Tidak Diganggu Tempat Tinggalnya

Jangan sampai kita mengganggu wilayah tempat tinggal tetangga. Misalnya saat kita meninggikan bangunan, pastikan tidak menghalangi udara yang masuk ke dalam rumahnya. Dalam hal-hal yang menyangkut kenyamanan dalam wilayah tempat tinggal tetangga, mereka juga harus dimintai ijin ketika kita membangun sesuatu.

9. Membagi Makanan yang Kita Punya

Ketika tetangga mengetahui kita memiliki makanan, entah saat kita membelinya, atau dari aroma saat memasak, Rasulullah menganjurkan untuk memberi tetangga sebagian darinya. Berikan beberapa bagian agar tetangga juga ikut merasakan makanan yang kita nikmati.

10. Mendapat Ucapan Salam

Ketika kita keluar rumah dan berpapasan dengan tetangga, sudah seharusnya kita menyapa mereka. Ucapkan salam sambil tersenyum.

Baca Juga: Berbuat Kebaikan Bersama Tetangga Bisa dengan Beramal Bersama

11. Dimaafkan Saat Melakukan Kesalahan

Tidak ada manusia yang sempurna, termasuk tetangga kita. Ketika mereka melakukan kesalahan, sebagai muslim yang baik, sudah seharusnya kita memaafkannya.

12. Ditutupi Kekurangannya

Tetangga yang tidak sempurna tersebut tentu memiliki aib atau kekurangan. Ketika kita mengetahui kekurangan yang dimiliki tetangga, sebagai muslim yang baik, jangan sampai kita menyebarkannya kepada orang lain.

13. Menjaga Rumahnya Saat Bepergian

Ketika tetangga bepergian dalam waktu yang lama, ia berhak untuk dijaga rumahnya. Pastikan rumahnya aman hingga tetangga kembali dari bepergian.

14. Berlemah Lembut kepada Seluruh Anggota Keluarganya

Bersikap santun kepada tetangga adalah sebuah keharusan. Bukan hanya kepada pemilik rumah, kita juga harus bersikap santun kepada anak dan orang-orang yang bekerja untuknya.

Facebook Comments