1
Haji News Umroh Umroh & Haji

5 Aplikasi yang Mempermudah Jamaah Haji dan Umroh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kecanggihan teknologi membuat banyak pihak berinovasi untuk mempermudah aktivitas orang banyak. Salah satu penemuan yang bermanfaat adalah munculnya aplikasi-aplikasi yang membantu aktivitas sehari-hari. Kini, bukan hanya kegiatan harian yang bisa dibantu dengan hadirnya aplikasi. Ibadah Haji dan Umroh di Tanah Suci juga bisa terbantu dengan hadirnya 5 aplikasi ini.

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

  1. Labbaik

Labbaik adalah aplikasi yang berisi panduan digital bagi jamaah haji dan umroh Indonesia. Aplikasi ini diciptakan oleh start up teknologi, AMPlified. Di dalamnya, berisi panduan mulai dari sebelum berangkat haji dan umrah, hingga doa-doa haji dan umroh beserta dengan artinya. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai pendamping saat melakukan manasik haji.

Fitur Playlist Doa di dalamnya membantu kita mengetahui doa-doa lengkap saat melaksanakan tawaf dan sa’i. Doa-doa yang dikumpulkan di sini juga sudah disusun berurutan sehingga bisa memudahkan kita.

  1. Haji Pintar

Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Agama sejak tahun 2015. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan bagi jamaah, keluarga jamaah, dan masyarakat dalam mencari informasi tentang penyelenggaraan haji setiap tahunnya. Aplikasi ini menyediakan informasi jadwal kegiatan Haji. Mulai dari masuk asrama, keberangkatan, kegiatan selama ibadah haji, hingga kepulangan jamaah ke Indonesia.

Ada juga tuntunan doa haji dan umroh, serta fitur peta lokasi pemondokan haji dan umroh di Mekkah dan Madinah. Fitur tersebut dilengkapi pula dengan rutenya. Tak perlu takut tersesat, karena kita bisa menggunakan fitur Akomodasi untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai lokasi hotel. Caranya cukup dengan memasukkan nomor sektor dan nomor hotel.

  1. iMabrur

Aplikasi ini dikembangkan oleh salah satu operator Telekomunikasi Indonesia, yaitu Indosat Ooredoo. IMabrur berisi panduan digital ibadah haji dan umro. Di dalamnya juga berisi informasi dan panduan untuk jemaah haji dan umroh, mulai dari persiapan keberangkatan selama ibadah haji dan umrah, pelaksanaan ibadah, sampai pulang kembali ke Indonesia. Ada juga kumpulan doa-doa, baik doa-doa umum maupun doa-doa khusus untuk ibadah haji dan umroh. Istimewanya, di aplikasi ini terdapat Map (peta) Interaktif dengan fitur Friend Tracking. Jadi kita bisa melihat posisi teman satu rombongan di dalam peta tersebut.

  1. Huji Jemaah Haji

Aplikasi ini diciptakan untuk mendukung kenyamanan jamaah saat melakukan ibadah haji maupun umrah. Terdapat fitur-fitur menarik seperti Manasik Haji, yang memberikan pelatihan manasik haji secara visual dan audio; Tracking GPS Haji, yang gunanya membantu melacak lokasi keberadaan jamaah saat di Tanah Suci; fitur Broadcast, untuk menyebarkan informasi pesan singkat kepada pembimbing jemaah saat keadaan darurat; lalu fitur Help yang digunakan untuk meminta bantuan kepada petugas.

  1. GoHajj

Aplikasi ini diluncurkan oleh PT. Salam aplikasi Indonesia. Di dalamnya terdapat informasi lengkap bagi jamaah haji mengenai keberangkatan hingga persiapan pulang. Ada juga doa-doa lengkap dalam bentuk audio. Ada juga artikel yang berisi informasi tentang pernak-pernik ibadah haji dan umroh, mulai dari tips dan trik, informasi mengenai situs bersejarah di Tanah Suci, hingga hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang untuk dilakukan di sana. Ada juga fitur Navigasi yang membantu kita untuk kembali ke penginapan, serta fitur untuk memberikan rating kepada kinerja agen travel. Uniknya, di aplikasi ini terdapat fitur yang membantu menghitung jumlah tawaf dan sa’i yang telah kamu lakukan, serta kamus terjemahan bahasa Indonesia dan Arab, lengkap dengan percakapan sederhana yang sering digunakan sehari-hari.

webinar umroh.com

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.