1
Haji Umroh Umroh & Haji

5 Langkah Agar Tidak Tertipu Travel Umroh Tidak Bertanggung Jawab

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Beribadah ke Tanah Suci merupakan hal yang sangat diimpikan oleh setiap umat muslim. Bagi warga Indonesia, yang letaknya jauh dari Tanah Suci, melaksanakan ibadah haji atau umroh memang membutuhkan persiapan finansial yang tidak sedikit. Pada akhirnya, banyak calon jamaah yang harus menabung bertahun-tahun untuk mewujudkan keinginannya beribadah Umroh.

Persiapan yang tidak sederhana membuat setiap calon jamaah berharap banyak. Tentunya mereka ingin agar biaya yang sudah dipersiapkan sejak lama benar-benar bisa mengantarkan mereka menginjak Tanah Suci. Karena itu, setiap calon jamaah harus benar-benar memilih travel Umroh yang terpercaya. Apalagi dengan adanya kasus penggelapan dana umroh oleh beberapa travel Umroh, jamaah harus ekstra waspada.

Dilansir dari nu.or.id, Direktur Jenderal PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umroh), Nizar Ali menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan jamaah sebelum memilih biro travel.

  1. Pilih Travel Umroh Berijin Resmi

Calon Jamaah Umroh hendaknya memperhatikan apakah travel yang dipilihnya memiliki ijin resmi atau tidak. Lebih lanjut, Nizar Ali mempersilakan calon jamaah untuk mengeceknya di website Kementrian Agama. Jamaah juga bisa mengecek ke kantor Kementrian Agama di kabupaten atau kota setempat. Pengecekan harus dilakukan untuk memastikan status travel yang dituju.

  1. Memperkirakan Harga Paket Umroh

Jamaah juga harus jeli menakar harga paket umroh yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan hendaknya mendekati atau sama dengan harga referensi. Dalam kasus sebelumnya, banyak jamaah yang tergiur dengan harga murah. Mekanisme bisnis yang dijalankan itu pada akhirnya membuat banyak calon jamaah yang gagal berangkat ke Tanah Suci.

  1. Mendapatkan Nomor Registrasi

Saat mendaftar, setiap calon jamaah seharusnya mendapatkan nomor registrasi. Nomor ini digunakan untuk mengecek proses pemberangkatan melalui Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SIPATUH). SIPATUH adalah aplikasi yang dikembangkan Kementrian Agama guna menjamin keberangkatan calon jamaah ke Tanah Suci.

  1. Memastikan Standar Pelayanan Minimal

Setiap calon jamaah harus memastikan fasilitas apa yang didapatkan saat mendaftar di biro Umroh. Idealnya, calon jamaah harus mendapatkan standar pelayanan minimal, yaitu bimbingan ibadah, transportasi, akomodasi, konsumsi, kesehatan, serta perlindungan jemaah. Pelayanan tersebut adalah layanan standar untuk menjamin kenyamanan dan keamanan jamaah Umroh saat beribadah di Tanah Suci.

  1. Segera Melapor Jika Ada Masalah

Calon jemaah diharapkan segera melapor kepada Kementrian Agama jika menemukan masalah atau hal yang mencurigakan. Pelaporan bisa dilakukan secara langsung atau melalui SIPATUH.

webinar umroh.com
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.