1
Haji Umroh Umroh & Haji

Terkuak, 5 Fakta Menarik Tentang Payung di Masjid Nabawi!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com — Masjid Nabawi adalah salah satu masjid yang didirikan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Masjid yang terletak di kota Madinah ini menjadi masjid yang terbesar kedua di dunia. Salah satu yang paling menarik adalah payung Masjid Nabawi yang berjajar di pelatarannya.

Ini 5 Fakta Payung di Masjid Nabawi yang Dirangkum Umroh.com

1. Jumlahnya Ratusan

Payung di Masjid Nabawi Madinah Al Munawaroh ada lebih dari 200 unit. Setiap payung memiliki lebar 25 m dan tingginya 20 m. Di teras masjid juga terdapat barisan payung raksasa ini. Tujuannya agar suhu di dalam masjid terjaga. Payung ini dikendalikan secara otomatis sehingga bisa menutup dan terbuka sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Canggih, ya.

Penasaran untuk melihat keindahan yang ada di Masjid Nabawi? Segera pilih paket umrohnya di aplikasi Umroh.com, download di sini ya!

2. Agar Jamaah Lebih Nyaman Beribadah

Fungsi payung ini adalah untuk menghalangi udara panas. Tujuan pengadaan payung-payung ini agar jamaah tetap nyaman beribadah di Masjid Nabawi. Cuaca di Madinah memang sangat panas. Cuaca paling panas terasa saat mendekati bulan Romadhon. Suhu di Madinah bisa mencapai lebih dari 40 derajat celcius. Saat cuaca sedang panas-panasnya, payung-payung ini terbuka setiap Subuh dan tutup menjelang adzan Maghrib.

3. Terbuka Perlahan dan Tanpa Suara

Payung-payung tersbeut membutuhkan waktu sekitar tiga menit agar payung ini bisa terbuka secara sempurna. Proses terbukanya payung berjalan mulus tanpa suara. Barisan payung raksasa yang terbuka secara bersamaan selalu menjadi pemandangan menarik bagi jamaah. Memang indah sekali melihat payung yang terbuka bersamaan saat fajar.

Selain melihat payung cantik di Masjid Nabawi, kamu juga bisa beribadah dan berdoa di taman surga yakni raudah. Downloaad aplikasi Umroh.com di sini ya!

4. Berteknologi Canggih

Payung ini dibuat oleh perusahaan bernama Liebherr di Jerman. Desainnya modern namun tetap sesuai dengan arsitektur Masjid Nabawi. Di pinggiran payung terdapat material berbentuk pita warna biru. Fungsinya adalah untuk menurunkan suhu di bawah payung hingga 8 derajat Celcius. Tidak heran banyak jamaah yang merasa nyaman berada di bawah payung walaupun matahri sedang panas. Material kain payung ini terbuat dari bahan yang sangat kuat. Saking kuatnya hingga bisa menahan berat badan dua pekerja yang rutin membersihkan debu dari kain tersebut.

5. Menjadi Inspirasi

Keindahan payung payung raksasa di Masjid Nabawi ini menginspirasi hingga ke Indonesia. Terhitung tiga masjid di Indonesia memiliki payung raksasa. Seperti di Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Muamar Qaddafy di Sentul, dan Masjid Raya Baiturrahman di Aceh. Wah, keren, ya. Kamu sudah pernah ke masjid-masjid ini?

Wah, keren sekali, ya. Barisan payung ini tentunya menjadi pemandangan menakjubkan bagi jamaah haji dan umroh. Bukan hanya indah, payung – payung raksasa ini juga membantu agar ibadah semakin khusyuk. Iconic dan menginspirasi, ya. Siapapun yang melihat payung ini, pasti teringat dengan Masjid Nabawi, lho.

Tak cuma paket umroh, keuntungan download aplikasi Umroh.com, kamu bisa lihat jadwal sholat, arah kiblat, hingga Al Quran. 

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.