1
Motivasi

5 Sebab Seseorang Tidak Bersyukur

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Bersyukur adalah kunci dari kebahagiaan hidup di dunia. Saat kita bersyukur, kita akan merasa hidup kita lapang dan terasa mudah. Pikiran dan perasaan jadi lebih positif ketika kita mampu bersyukur. Allah SWT juga akan menambah nikmat bagi setiap hambaNya yang bersyukur.

Lain halnya dengan orang yang bersyukur, kehidupan mereka yang lupa bersyukur terasa sempit dan susah. Di hatinya ada rasa tidak puas dengan apa yang dimiliki, sehingga membuat kehidupannya penuh dengan hawa negatif.

Tidak bersyukur adalah sifat yang tidak disukai oleh Allah. Untuk menyingkirkan sifat tersebut, penting bagi kita untuk mengetahui penyebabnya. Di bawah ini adalah 5 penyebab orang tidak bersyukur.

  1. Tidak Menghargai Apa yang Dimiliki

Mereka yang kurang bersyukur biasanya tidak menghargai apa yang dimiliki. Kesehatan, keluarga yang harmonis, makanan yang bergizi, tempat untuk berteduh, dan sebagainya dianggap sebagai sebuah keniscayaan. Semua itu ada karena memang begitulah seharusnya. Tidak ada rasa penghargaan terhadap semua kenikmatan yang telah dirasakan.

  1. Terlalu Fokus pada Apa yang Diinginkan

Sangat wajar jika kita memiliki keinginan dalam hidup. Akan tetapi, jangan sampai kita terlalu fokus pada apa yang diinginkan, hingga lupa menghargai apa yang sudah dimiliki. Ketika seseorang terlalu fokus pada apa yang diinginkan, yang ada di pikiran dan pandangannya hanyalah apa yang menjadi tujuannya.

Berhentilah sejenak dari ambisi untuk mencapai apa yang kita inginkan. Lihatlah sekeliling dan hitunglah nikmat-nikmat yang telah Allah berikan hingga saat ini.

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

  1. Membanding-Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Rumput tetangga akan selalu tampak lebih hijau, jika kita tidak bisa mensyukuri apa yang kita miliki. Membanding-bandingkan adalah salah satu penyebab seseorang merasa tidak bahagia. Ketika seseorang membanding-bandingkan diri dengan kehidupan orang lain yang menurutnya lebih beruntung, ia akan kesulitan melihat hal baik yang ada dalam hidupnya.

Ingatlah bahwa rizki setiap orang sudah diatur Allah dan disesuaikan dengan kebutuhan hambaNya. Apa yang menurut kita kebaikan pada orang lain, belum tentu akan membuat kita bahagia jika Allah berikan kepada kita. Allah SWT lebih tahu tentang apa yang dibutuhkan oleh hambaNya. Membanding-bandingkan hanya akan membuat hati kita jadi sempit dan tidak bahagia.

webinar umroh.com
  1. Tidak Mengenal Allah SWT

Orang yang tidak bersyukur tidak mengenal kebesaran Allah. Ia tidak merasa bahwa kenikmatan yang telah dirasakan hingga hari ini adalah berkat bantuan dari Allah. Misalnya jika Allah tidak berkenan memberikan kita makan hari ini, maka kita tidak akan bisa merasakan enaknya rasa makanan. Bisa jadi karena Allah mengijinkan uang kita hilang sehingga kita tidak bisa membeli makanan, atau Allah membuat kita sakit sehingga tubuh tidak bisa menikmati dan mencerna makanan.

Sadarilah bahwa apa yang kita terima dan nikmati adalah karena kebaikan Allah. Jika Allah berkehendak, Allah bisa menunda atau menambah rizki kita. Allah yang membuat kita bisa mendengar, bisa melihat dan bisa merasakan segala keindahan yang ada di bumi. sebagaimana yang telah Allah firmankan dalam surat An Nahl ayat 78, “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”

  1. Godaan Setan

Penyebab seseorang tidak bersyukur adalah karena godaan setan. Setan yang membisikkan pikiran-pikiran (was-was) yang membuat kita tidak menghargai nikmat yang Allah SWT berikan. Godaan setan itulah yang akhirnya membuat kita lebih fokus pada apa yang kita inginkan, dan membanding-bandingkan diri dengan kehidupan orang lain.

Jika kamu menyadari pikiran dan hatimu mulai merasakan rasa tidak nyaman karena tidak bisa bersyukur, segera beristighfar dan berta’awuz. Mohonlah ampun karena kita terbawa godaan setan untuk tidak bersyukur dengan segala nikmat Allah. Kemudian mintalah perlindungan dari Allah agar senantiasa melindungi hati kita dari godaan setan yang membuat kita tidak bersyukur.

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.