1
Tips

6 Cara Mengatasi Smartphone yang Lemot

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Smartphone yang performanya sudah tidak ngebut lagi biasanya disebabkan karena memori penyimpanan yang menipis. Penyebabnya bisa karena terlalu banyak aplikasi yang terinstall dalam gadget itu. Aplikasi-aplikasi yang diinstal akan menghabiskan memori penyimpanan.

Penyebab smartphone lemot lainnya adalah terlalu banyak aplikasi yang dibuka. Jika kita membuka banyak aplikasi di waktu bersamaan, maka konsumsi RAM akan mendekati batas kapasitas. Jika hp mulai terasa lemot, coba cek apakah kita tengah membuka aplikasi dalam jumlah banyak. Tutup aplikasi yang sedang berjalan, lalu rasakan hp menjadi lebih ringan.

Jika handphone mulai lemot, ada langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk membuatnya lancar kembali. Di bawah ini adalah 6 tips untuk mengatasi handphone yang lemot.

Perhatikan Memori

Perhatikan jumlah memori yang dimiliki oleh smartphone, karena setiap gadget memiliki spesifikasi memori yang berbeda. Memori internal yang tinggal sedikit akan membuat smartphone menjadi lebih lemot. Untuk mengatasi hp yang lemot, coba cek jumlah data yang tersimpan dalam memori internal. Siapa tahu kita memang harus menghapus beberapa file dan aplikasi.

Gunakan Satu Aplikasi Antivirus

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi antivirus, pastikan hanya menginstall atau menggunakan satu aplikasi saja. Aplikasi antivirus akan senantiasa berjalan di background. Jika menggunakan lebih dari satu aplikasi, tentu saja akan membutuhkan banyak kapasitas RAM, sehingga ponselmu menjadi lebih lemot.

Pilih Aplikasi Berbayar

webinar umroh.com

Jika kamu tertarik menggunakan sebuah aplikasi, dan ada versi berbayarnya, lebih baik pilihlah versi berbayar. Aplikasi gratisan memang membuat kita bisa mencoba beragam fitur bermanfaat tanpa mengeluarkan uang.

Akan tetapi, menggunakan aplikasi yang gratis akan membuat kita harus menyaksikan banyak iklan yang ada di dalamnya. Selain itu, aplikasi gratis juga sebenarnya adalah cara pengembang untuk memperoleh review demi mengetahui bugs apa saja yang ada di aplikasinya. Jadi, lebih baik pilih yang berbayar saja agar kita lebih nyaman dan handphone tidak mudah lemot.

Pastikan untuk Melakukan Update Software

Jika kamu menerima notifikasi untuk melakukan update software, lakukan saja. Update software berguna agar masalah yang dibawa sistem sebelumnya segera diperbaiki. Ini akan membuat kita, sebagai pengguna, mendapatkan pengalaman menggunakan software yang lebih baik. Periksa dan update software handphone-mu dengan mengeceknya di menu Settings – About – System Update – Check for Updates.

Kurangi Widget

Widget di layar utama memang memudahkan kita untuk melihat berbagai aplikasi tanpa harus membukanya. Misalnya Widget Google, Jam, Cuaca, Kalender, Catatan, atau WhatsApp di layar depan.

Akan tetapi, penggunaan widget memakan RAM dalam jumlah yang besar. Inilah yang akhirnya membuat smartphone menjadi lebih lemot. Bersihkan widget yang tidak perlu agar handphone kembali lancar.

Bersihkan Cache

Cache merupakan tempat penyimpanan data sementara dari aplikasi yang sedang digunakan, atau pernah digunakan. Cache membantu agar kita lebih cepat membuka aplikasi, sehingga tidak perlu menunggu waktu lama agar aplikasi bisa berjalan. Akan tetapi, jika cache bertumpuk, tentu saja handphone akan menjadi lemot.

Rajin-rajinlah mengecek ke menu Settings – Apps – All. Buka setiap aplikasi, lalu hapus cache yang ada. Handphone jadi lebih enteng, deh.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.