1
Tips

Ini Tips Umroh Bulan Ramadhan yang akan Membantu Anda

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Ramadhan ialah bulan penuh rahmat dan ampunan. Setiap bulan ramadhan tiba berbagai amalan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali lipat, tak terkecuali melaksanakan ibadah umroh. Bagi yang ingin yang menjalannya, kali ini akan kami bagikan tips umroh di bulan ramadhan yang akan sangat membantu Anda.

Umroh adalah salah satu ibadah yang banyak diimpikan oleh jutaan kaum muslim di seluruh dunia. Setiap tahunnya para jamaah berbondong – bondong untuk pergi melaksanakan umroh terlebih lagi pada bulan ramadhan. Umroh yang dilakukan umat Muslim di bulan Ramadhan adalah memang istimewa, bahkan sangat istimewa, karena senilai dengan pergi berhaji, bahkan seperti berhaji bersama Rasulullah SAW.

Baca juga : Larangan Waktu Sholat Tahiyatul Masjid Umat Islam

Tips Umroh di Bulan Ramadhan yang Memudahkan Anda

Umroh di bulan ramadhan memang lah istimewa, namun menjalankannyapun tak semudah yang dibayangkan. Maka dari itu diperlukan beberapa tips khusus agar ibadah umroh Anda di bulan ramadhan berjalan lancar. Berikut tips nya untuk Anda :

1. Atur umroh supaya bisa dikerjakan pada malam hari

Anda pasti tau jika suhu Arab Saudi sangat panas, melaksanakan ibadah umroh pada siang hari selagi berpuasa ramadhan tentu akan menjadi berat bagi Anda. Cobalah untuk mengatur pelaksanaan umroh saat Ramadhan pada malam hari agar tidak kepanasan dan jika haus Anda bisa minum. Perlu diingat bahwa tahap-tahap umroh tidak hanya satu dan begitu banyak umat Islam yang berada di Ka’bah. Supaya pelaksanaan ibadah Anda lancar, maka dianjurkan memilih waktu malam hari untuk beribadah umroh.

2. Gunakan Siang hari untuk istirahat

Mengingat ibadah umroh yang dilakukan pada bulan ramadhan, maka kegiatan ibadah biasanya banyak yang dilakukan pada malam hari. Sempatkan dan pergunakanlah waktu siang Anda untuk beristirahat yang cukup guna menyiapkan energi agar fit ketika melaksanakan ibadah di malam hari.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Jika Anda memilih waktu malam untuk umroh, persiapkanlah tenaga semaksimal mungkin. Tidak hanya makan makanan sehat, tetapi juga istirahat yang cukup. Maka dari itu gunakanlah waktu siang hari untuk istirahat, jangan terlalu banyak beraktivitas berat di siang hari.

3. Siap menghadapi keramaian

Seluruh umat Islam di dunia pasti punya cita-cita berkunjung ke Tanah Suci. Biasanya di akhir bulan Ramadan, jutaan umat Islam akan datang untuk umroh. Mau tidak mau Anda harus siap menghadapi keramaian jutaan umat Islam dari seluruh dunia. Lapangkan hati dan pikiran, luruskan niat beribadah hanya kepada Allah.

webinar umroh.com
amalan 10 hari pertama ramadhan

4. Jangan khawatir soal buka puasa

Umroh sambil puasa Ramadan di Mekah dan Madinah, traveler tidak usah pusing mencari makanan dan minuman buka puasa. Di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram terdapat takjil yang berlimpah ruah. Gratis! Traveler bisa mengambil takjil dan berbuka puasa bersama ribuan jamaah lain. Nikmatilah suasana kekeluargaannya. Pasti jadi kenangan. Eh, makannya jangan kalap ya!

5. Atur waktu sahur bersama grup umroh

Umroh.com merangkum, makan sahur adalah persiapan penting untuk puasa di Tanah Suci. Habis itu mengejar sholat subuh di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Atur waktu baik-baik, jangan sampai ketinggalan, karena kita butuh jalan kaki dari hotel ke masjid. Disiplin dalam waktu adalah hal yang harus diterapkan agar ibadah Anda di tanah suci selama ramadhan berjalan lancar.

6. Sedia selalu kantong plastik di dalam tas umroh

Umroh saat ramadhan tentu sangatlah ramai. Banyak jamaah yang akan beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang notaben-nya adalah masjid-masjid terluas di dunia. Tidak mungkin rasanya meninggalkan sandal di luar masjid. Di dalam masjid memang bertebaran rak sandal atau sepatu, tapi capek juga kalau mengawasinya terus. Solusi terbaik ialah dengan membawa alas kaki kita ke-manapun berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Masukan sandal ke dalam plastik, dan plastiknya masuk tas umroh. Praktis! Jangan sampai kita kebingungan karena sandal hilang.

7. Siapkan Dana Ekstra

Pada saat bulan ramadhan, biaya penginapan dan transportasi disana berbeda dengan bulan sebelumnya, termasuk tiket pesawat dari Indonesia ke Arab Saudi. Oleh karena itu, siapkanlah dana lebih untuk paket umroh ramadhan.

Bila banyak alasan dan pembenaran menunda ke Baitullah, maka ketaatan takkan maksimal. Dan kehadiran Umroh.com akan menyempurnakan ibadah Anda!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

8. Pilih Penginapan Yang Tidak Terlalu Jauh

Saat Anda memilih untuk beribadah umroh di bulan ramadhan, sebaiknya memilih penginapan yang tidak terlalu jauh dengan Masjidil Haram di Mekah. Hal ini dapat menghemat tenaga Anda, sehingga tidak mudah capek dan terserang sakit.

Jika sahabat memilih penginapan yang agak jauh, disarankan untuk tidak bolak – balik ke hotel dan diutamakan berdiam diri di masjid untuk berdzikir atau tilawatil quran karena sangat disayangkan apabila sahabat melawati momen berharga ini dengan begitu saja.

9. Siapkan Fisik dan Mental

Karena umroh merupakan ibadah yang melibatkan aktivitas fisik yang cukup berat, terlebih pada saat bulan Ramadhan, sahabat perlu mempersiapkan kondisi fisik dengan baik sebelum keberangkatan. Selain itu Kondisi tanah suci yang cukup padat di akhir Ramadhan bisa sangat menguras kesabaran Anda. Untuk itu, siapkan mental agar Anda tidak mudah mengeluh, bisa tetap sabar, dan tidak stres. Kondisi kejiwaan yang sering stres dapat menekan sistem pertahanan tubuh, akibatnya membuat tubuh gampang sakit..

10. Berangkat Lebih Awal

Apabila sahabat berada di hotel, disarankan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum berangkat ke masjidil haram atau masjid nabawi dan berangkatlah lebih awal agar tidak kehabisan tempat.

11. Perbanyak Minum Air Putih

Banyaklah minum air putih (Air Zamzam) pada saat malam hari, agar tidak mengalami dehidrasi sewaktu melaksanakan ibadah, dikarenakan cuaca yang panas.

12. Makan Makanan yang Berkualitas

Perbanyak makan makanan yang berkualitas agar kuat melaksanakan ibadah. Disarankan untuk memakan Ruthab (Kurma Basah) sebelum beribadah agar tubuh lebih segar dan dapat maksimal ketika melaksanakan ibadah.

makanan halal di china

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

13. Siaga Dengan Barang Bawaan

Tips umroh di bulan ramadhan yang terakhir adalah siaga dengan barang bawaan milik Anda. Akan sangat banyak jamaah ketika umroh di bulan Ramadhan. Berhati – hatilah dengan barang bawaan Anda agar tidak hilang karena banyaknya orang pada saat melaksanakan ibadah sehingga sahabat kurang fokus dengan barang bawaannya.