1
Kesehatan

7 Kebiasaan Ini Membuat Energimu Mudah Habis

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Aktivitas sehari-hari tentu saja akan menguras energi kita. Akan tetapi, ada hal-hal lain yang bisa membuat level energi kita menurun. Melakukan kebiasaan tersebut bisa membuat kita seketika merasa lelah dan tidak mood. Jika dibiarkan, maka kita akan merasa tidak bersemangat menjalani kehidupan. Kendalikan dirimu, jangan sampai melakukan kebiasaan yang bisa menurunkan level energi.

  1. Terlalu Sering Melihat Media Sosial

Melihat media sosial untuk refreshing atau mencari info tentu boleh-boleh saja. Akan tetapi, ketika bermain media sosial mulai membuat kesehatan mental kita terganggu, sebaiknya segera dikurangi.

Media sosial bisa mempengaruhi kesehatan mental kita. Banyak juga studi yang mengungkapkan bahwa salah satu media sosial menjadi penyebab depresi. Penyebabnya adalah karena timbul pemikiran yang membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain yang tampak bahagia di media sosial. Inilah yang akhirnya membuat pikiran kita jadi tidak menentu yang akhirnya membuat energi kita berkurang.

Belum lagi dengan banyaknya ujaran kebencian dan kabar bohong yang berseliweran di media sosial. Terlalu banyak terpapar informasi-informasi tersebut bisa membuat mood jadi negatif. Akibatnya, energi untuk menjalani aktivitas jadi berkurang

  1. Tidur Larut Malam

Tidur kemalaman bisa membuat level energi kita berkurang. Saat kebutuhan tidur tidak terpenuhi, badan jadi lemas dan tidak mudah berkonsentrasi. Bagian otak yang berperan dalam emosi, Amygdala menjadi lebih aktif saat kita kurang tidur. Akibatnya, kemampuan otak dalam mengendalikan emosi jadi menurun. Inilah yang menyebabkan kita jadi mudah stres saat kurang tidur, sehingga level energi mudah menurun.

  1. Memasukkan Segala Sesuatu dalam Hati

Bagi orang-orang dengan karakter yang sensitif, sangat mudah baginya untuk memasukkan segala sesuatu dalam hati. Ucapan seseorang yang terasa tidak enak didengar, atau raut wajah yang tampak tidak ramah bisa membuat seseorang yang sensitif merasa tidak enak hati.

Sensitivitas adalah sebuah kelebihan bagi seseorang. Dengan sensitivitas yang baik. seseorang jadi lebih mudah menyerap informasi dan bertindak dengan akurat. Akan tetapi, jika tidak dikendalikan, seseorang jadi mudah merasa sakit hati. Suasana yang tidak enak karena sakit hati bisa menurunkan level energi. Kendalikan hati, dan jangan memasukkan segala sesuatu ke dalam hati.

  1. Terlalu Banyak Berpikir

Terlalu banyak berpikir (overthinking) tentang hal-hal yang ada di luar kendali kita bisa menghabiskan banyak energi. Akibatnya kita jadi lebih mudah lemas dan lesu karena beban dalam pikiran. Berpikir dan menganalisis adalah kebiasaan yang baik untuk mengantisipasi dan berpikir jangka panjang. Akan tetapi, sadarilah saat otak mulai berpikir tentang hal-hal yang ada di luar kendali. Serahkan semua hal kepada Allah agar hati lebih tenang dan level energi lebih terjaga.

webinar umroh.com
  1. Terlarut dalam Drama

Drama yang dimaksud di sini bukan serial yang tayang di televisi atau Netflix. Maksudnya adalah drama dalam kehidupan nyata. Lingkungan pergaulan memang terkadang memiliki drama tersendiri. Gejolak di lingkungan pertemanan, lingkungan kerja, keluarga, dan sebagainya adalah contoh drama dalam kehidupan nyata.

Agar level energimu terjaga, jauhkan diri dari perilaku yang memperbesar drama. Misalnya bergosip atau membicarakan aib orang lain. Fokuslah pada solusi agar level energimu tidak menurun karena mengurusi urusan orang lain.

  1. Tidak Memperhatikan Asupan Makanan

Makanan yang bergizi adalah faktor dalam meningkatkan energi kita. Jika kita mengkonsumsi menu makanan yang seimbang, maka level energi kita akan terjaga. Pastikan menu makananmu mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

  1. Sibuk Mengeluh

Mengeluh adalah kebiasaan yang bisa membuat level energi menurun. Ketika kita mengeluh, energi negatif seketika akan menguasai tubuh dan membuat hidup kita seakan penuh masalah. Jaga level energimu dengan mengapresiasi segala hal yang ada di hadapanmu. Bila perlu, buatlah daftar hal-hal yang baik dalam hidup, dan bersyukurlah kepada Allah. Dengan begitu, suasana hati jadi lebih baik dan level energi jadi meningkat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.