Umroh & Haji

7 Tempat Menarik di Mekkah yang Wajib Kamu Tahu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Mekkah adalah kota di Arab Saudi yang sangat penting bagi umat Muslim. Kota ini tak pernah sepi karena selalu didatangi oleh jamaah yang ingin melaksanakan ibadah. Bagi kamu yang ingin ke Mekkah, di bawah ini adalah tujuh tempat menarik yang bisa kamu kunjungi.

Tempat-tempat Menarik di Mekkah yang Bisa Dikunjungi

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah masjid paling penting bagi umat islam. Setiap tahun, sekitar 2 juta orang datang ke Masjidil Haram untuk melaksanakan ibadah haji. Jumlah tersebut tentu belum termasuk jamaah Umroh yang datang sepanjang tahun. Di masjid paling suci bagi umat Islam ini, jamaah haji dan umroh melakukan serangkaian ibadah. Selain shalat wajib lima waktu, jamaah haji melakukan Thawaf dan Sa’i di masjid ini. Masjidil Haram juga menyimpan nilai sejarah. Ka’bah yang ada di tengah Masjidil Haram dibangun oleh Nabi Ibrahim. Air zam-zam, mata air yang ada di Mekkah, muncul saat Istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar, mencari air untuk putranya, Ismail. Ka’bah juga merupakan kiblat bagi seluruh umat muslim di bumi saat melakukan shalat.

Melakukan ibadah haji adalah wajib, dan termasuk dalam rukun Islam. Karena itu, bagi yang mampu, diwajibkan untuk datang ke Masjidil Haram. Bagi umat muslim, bisa beribadah di Masjidil Haram merupakan keinginan terbesar. Karena itu, tempat ini adalah atraksi utama yang ada di kota Mekkah. Di sekitar Masjidil Haram, jamaah bisa menjumpai berbagai toko dan pusat perbelanjaan yang menjual berbagai keperluan jamaah, hingga souvenir. Banyak rumah makan, supermarket, kios penjual souvenir, hingga kedai kopi ternama.

Baca Juga: Kamu Bisa Kunjungi Beberapa Tempat Menarik di Mekkah saat Ibadah Umroh dengan Menggunakan Biro Travel Umroh Terpercaya

Tempat Menarik di Mekkah

2. Abraj Al Bait

Gedung pencakar langit ini terletak berdampingan dengan Masjidil Haram. Oleh jamaah haji, gedung ini dikenal dengan Clock Tower atau menara jam. Di puncak teratas gedung ini memang terdapat jam raksasa mirip Jam Big Ben di London.

Abraj Al Bait juga merupakan salah satu gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Gedung ini terdiri dari 120 lantai dan tampak menjulang di samping Masjidil Haram.

3. Jabal Nur

Gunung ini adalah tempat Rasulullah Muhammad SAW menerima wahyu pertama. Di dalamnya terdapat Gua Hira. Gua itulah yang menjadi tempat Rasulullah menyendiri sampai akhirnya menerima ayat pertama yang dibawa oleh Malaikat Jibril.

4. Masjid Tan’im

Masjid ini bisa ditempuh dengan berkendara selama 10 menit dari Mekkah. Di dalamnya terdapat berbagai fasilitas, mulai dari tempat wudlu, mandi, berganti pakaian, hingga tempat sholat yang nyaman. Masjid ini digunakan sebagai salah satu lokasi Miqat bagi jamaah haji. Di sini, jamaah haji mulai melakukan ihram. Bagi warga Mekkah yang ingin melakukan ibadah haji, Masjid Tan’im menjadi lokasi Miqat karena letaknya dekat dengan Masjidil Haram.

Baca Juga: Fakta Tentang Kota Mekkah yang Tak Pernah Tidur

Tempat Menarik di Mekkah

5. Mina

Mina adalah “kota” yang dibangun untuk menampung jutaan jamaah haji setiap tahun. Di Mina, terdapat pemukiman buatan yang terdiri dari 100.000 tenda. Tenda ini digunakan oleh jamaah yang bermalam sebelum menuju Padang Arafah. Tenda-tenda itu dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara dan dilapisi dengan teflon. Tujuannya adalah untuk menjamin kenyamanan jamaah haji yang bermalam di Mina. Temperatur di sana memang panas, sehingga pendingin udara bisa membantu agar jamaah tidak kepanasan. Di Mina, pria dan wanita tidur secara terpisah.

6. Makkah Mall

Kota Mekkah juga memiliki mall, lho. Makkah Mall adalah pusat perbelanjaan dengan fasilitas belanja, restoran, dan hiburan untuk keluarga. Bagi warga Mekkah dan pengunjung kota Mekkah, mall ini menjadi tempat belanja terlengkap dan terpenting. Di dalamnya ada berbagai merek internasional, fasilitas belanja dan makan yang bisa memanjakan pengunjung.

7. Kawah Al Wahbah

Bagi kamu yang menyukai wisata alam, kamu harus mengunjungi kawah Al Wahbah. Letaknya ada di timur laut kota Mekkah. Kawah ini berukuran sangat besar dan dikelilingi oleh padang pasir. Diameternya mencapai 1 mil dengan tebing setinggi 850 kaki. Di dasar kawah, terdapat genangan air saat musim hujan, yang berubah menjadi hamparan garam saat musim kering. Kawah Al Wahbah sempat menunjukkan aktivitas vulkanis sehingga pasir di sekitarnya banyak mengandung abu vulkanik. Kamu bisa mendaki ke puncak kawah. Bahkan jika bersama pemandu, kamu bisa menghabiskan malam dengan camping di sekitar kawah ini. Seru, ya.