1
Umroh Umroh & Haji

9 Tips Ibadah di Tanah Suci Khusus untuk Wanita

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Melakukan Ibadah Haji dan Umrah adalah sebuah perjalanan yang membutuhkan banyak kekuatan fisik. Karena jarak yang jauh, serta lokasi ibadah yang berjauhan membuat wanita harus melakukan berbagai persiapan. Persiapan yang telah dilakukan akan membuat ibadah di Tanah Suci lebih khusyuk dan nyaman.

Perhatikan 9 tips ini sebelum kamu beribadah di Tanah Suci.

  1. Siapkan Setidaknya Pakaian Ihram Lebih dari Satu

Saat melaksanakan ibadah haji atau umrah, sebaiknya membawa pakaian Ihram lebih dari satu. Panasnya udara di sana, serta kegiatan ibadah yang padat membuat kita harus sedia pakaian Ihram cadangan. Sediakan paling tidak tiga set pakaian Ihram.

  1. Pastikan Pakaian Ihram Tidak Menerawang

Saat berjalan di bawah sinar matahari, warna kain yang putih bisa membuat baju yang kamu pakai menerawang. Pastikan kain baju Ihram yang kamu pakai lumayan tebal, sehingga tidak memperlihatkan lekuk tubuh saat terkena sinar matahari. Pastikan juga kain dipakai sebagai pakaian ihram cukup nyaman untuk dipakai. Kain untuk pakaian Ihram sebaiknya sejuk dan menyerap keringat.

  1. Gunakan Bahan Katun

Pilih bahan katun yang bisa menyerap keringat dan memiliki serat-serat yang memudahkan aliran udara. Bahan kain tersebut membuat kita lebih nyaman dan khusyuk menjalankan  ibadah haji dan umroh.

  1. Gunakan Dalaman Putih yang Longgar

Jika pakaian Ihram yang kamu punya tipis, persiapkan dalaman yang longgar. Dalaman yang longgar, seperti under rok, bisa menyamarkan bentuk tubuh saat berjalan di bawah sinar matahari. Dengan begitu, pakaian Ihram yang kita pakai tidak menerawang.

  1. Pilih Dalaman Hijab Berwarna Putih

Pastikan kamu memakai dalaman hijab. Dalaman hijab berfungsi mengamankan rambut agar tidak keluar dari sela-sela hijab. Sebaiknya, pilih dalaman yang berwarna putih.

  1. Bawa Barang Bawaan yang Penting

Jangan membawa semua barang. Kebanyakan wanita suka membawa banyak barang untuk berjaga-jaga. Bawalah barang secukupnya yang benar-benar dibutuhkan. Dengan begitu, kamu jadi lebih leluasa bergerak dan beribadah.

webinar umroh.com
  1. Pastikan Tas Dikalungkan dengan Baik

Kalungkan tas dengan baik. Perhatikan posisi selempang tas saat memakainya. Jangan sampai tas yang kita pakai menonjolkan lekuk tubuh. Sangat dianjurkan memakai hijab yang panjang, lalu selempangkan tas di bagian dalam hijab. Dengan begitu, aurat kita tetap aman.

  1. Pilih Tas yang Bisa Dikalungkan

Lebih aman jika kamu menggunakan tas yang dikalungkan. Dengan mengalungkan, kita bukan hanya melindungi lekuk tubuh, namun juga memudahkan saat membutuhkan barang di dalam tas.

  1. Gunakan Sepatu yang Nyaman

Beribadah di Tanah Suci melibatkan banyak kegiatan berjalan. Tidak jarang, jarang yang harus ditempuh dengan berjalan sangat jauh. Karena itu, pastikan sepatu yang kamu pakai nyaman. Perhatikan bagian jari kaki, jangan sampai terasa sempit. Memakai sepati yang pas dapat menghindarkan kita dari cedera dan lecet. Jika kaki lecet, beribadah tentu tidak akan nyaman lagi.

Untuk memudahkanmu, pilih sepatu olahraga yang tidak memakai tali. Tali sepatu membuatmu beresiko jatuh saat terinjak orang lain atau terinjak sendiri.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.