play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Umroh Umroh & Haji

6 Cara Persiapkan Kesehatan Sebelum Umroh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam melaksanakan ibadah umroh tentunya setiap umat muslim sudah seharusnya mempersiapkan diri dari jauh hari sebelum keberangkatan. Mulai dari menentukan jadwal penerbangan, mempersiapkan perlengkapan umroh dan yang tak kalah penting adalah persiapan kesehatan umroh dari sebelum keberangkatan.

Kondisi tubuh juga perlu diperhatikan saat Anda akan berangkat ibadah umroh mengingat proses ibadah umroh ini lumayan cukup memakan waktu yang lama. Untuk itu Anda perlu memeriksakan kesehatan terlebih dahulu sebelum berangkat umroh. Tujuannya untuk mengetahui apakah Anda dalam keadaan sehat, atau harus memerlukan perhatian khusus dan pemulihan terlebih dahulu jika ternyata Anda memiliki riwayat penyakit.

Selain alasan tersebu, tujuan dari persiapan dan pengecekan kesehatan sebelum beribadah umroh  adalah agar kegiatan Anda selama beribadah di sana dapat berjalan dengan lancar, dan bisa menyesuaikan diri dengan iklim yang ada di tanah suci.

Berikut beberapa tips persiapan kesehatan yang bisa dilakukan sebelum berangkat umroh yang dihimpun Umroh.com.

1. Persiapan fisik

Ibadah umroh merupakan ibadah yang memerlukan kesiapan fisik yang sangat prima, banyak dari calon jamaah umroh yang tidak memperhatikan hal ini. Padahal saat akan ibadah disana fisik Anda yang menentukan kuat atau tidak menjalani rangkaian demi rangkaian kegiatan ibadah umroh.

Maka dari itu usahakanlah sebulan sebelum keberangkatan sudah mempersiapkan fisik secara matang, mulai dari general chek up sampai rutin melakukan olahraga ringan minimal 10 menit setiap harinya.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Persiapan Umroh

2. Vaksin

Saat Anda berada di tanah suci akan bertemu dengan banyak jamaah umroh lainnya dari Negara yang berbeda-beda. Tentunya mereka pun memiliki gaya hidup yang berbeda pula, di mana kita tidak mengetahui penyakit apa yang mereka miliki.

Oleh sebab itu untuk mencegah penularan penyakit ketika beribadah di tanah suci, sebaiknya Anda melakukan vaksinasi. Vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah dan mengurangi resiko terkena bakteri dan virus berbahaya.

3. Hindari stress

Saat Anda akan berangkat umroh usahakan pergi dalam keadaan tenang tanpa beban dan tidak memikirkan banyaknya permasalahan. Hindari juga banyak kegiatan yang tidak terlalu penting dilakukan. Anda tetap harus menjaga kesehatan, karena jika Anda stress otomatis ibadah pun akan menjadi terganggu dan akan merugikan diri sendiri baik secara fisik mapun psikis.

4. Menjaga pola makan

Saat a Anda nda akan berangkat umroh, selain anjuran persiapan kesehatan diatas, menjaga pola makan merupakan hal yang tak kalah penting saat akan melakukan ibadah umroh.

Untuk menjaga pola makan yang baik, Anda bisa mengurangi mengkonsumsi makanan yang berminyak, berlemak, serta pedas yang berlebihan. Karena itu semua akan menjadi benalu bagi Anda yang tidak bisa mengontrol jenis makanan tersebut sehingga nantinya akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan anda selama beribadah umroh.

Lebih baik Anda perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar sebagai makanan bergizi dan bervitamin guna menjaga kesehatan dan kestabilan tubuh anda selama beribadah umroh.

Baca Juga: 7 Tips Menjalani Umroh Lebih Lancar dan Tenang

5. Siapkan perlengkapan kebersihan

Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati, bagi Anda jamaah umroh usahakan agar selalu membawa peralatan kebersihan milik anda sendiri. Mulai dari perlengkapan mandi, kosmetik, dan masker.

Sebaiknya menggunakan peralatan yang bersih, tentunya juga milik sendiri. Lalu jangan meminjamkan perlengkapan kebersihan Anda ke orang lain sehingga resiko terkena bakteri ataupun virus menjadi berkurang.

6. Persiapkan obat-obatan yang dibutuhkan

Ketika Anda sudah mempersiapkan kesehatan diri sendiri dengan baik, bukan berarti Anda tidak mengantisipasi hal-hal terburuk yang akan terjadi selama ibadah umroh. Tetaplah membawa obat-obatan pribadi yang biasa dikonsumsi saat Anda sakit agar ibadah menjadi lebih tenang dan aman.

Baca Juga: Anda Bisa Membaca Berbagai Tips Lainnya di Artikel yang Ada di Aplikasi Umroh.com

Facebook Comments