Umroh Umroh & Haji

10 Tips Berangkat Umroh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Sebelum Anda berangkat ke tanah suci sebaiknya melakukan persiapan yang baik. Umroh.com memiliki tips sebelum berangkat umroh yang bisa Anda lakukan.

10 Tips Sebelum Berangkat Umroh

1. Pelajari tentang Umroh, tentang kota Mekkah dan Madinah.

Pelajari tentang Umroh. Cari, beli dan pelajari buku-buku yang berhubungan dengan Umrah. Intinya adalah pelajari tentang apa yang akan anda lakukan disana nanti sebelum pergi. Dan jangan lupa, buat salinan dokumen – dokumen penting dan paspor lalu kirimkan email kepada anda dan orang – orang dekat anda sehingga anda memiliki salinan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Teman perjalanan

Jika Anda pergi dengan orang lain, pastikan mereka adalah orang baik. Pengaruh teman perjalanan, dan itu benar adanya meskipun anda berada di tempat yang suci juga. Memiliki teman perjalanan yang baik akan membuat dampak yang bagus selama perjalanan anda.

Apakah orang – orang yang bersama anda akan membuat anda berdoa tahajjud di Masjidil Haram dan melakukan tawaf lebih atau mereka akan membuat anda untuk makan makanan berkalori berat dari fast food setempat pada jam 2 pagi sehingga anda mengalami kekenyangan dan sulit untuk bangun pada pagi hari?

Baca Juga: Rencanakan Perjalanan Umroh Anda dengan Travel Umroh Terpercaya

3. Ketahui aturan Ihram

Ada aturan sederhana yang tanpa sadar orang melanggarnya. Seperti, anda tidak boleh menggunakan sabun beraroma ketika Ihram. Jadi, sebelum anda pergi cobalah untuk mencari sabun yang tidak beraroma. Dan jika anda seorang pria, anda tidak boleh menutupi kepala anda dengan ihram.

Bahkan jika cuaca sedang sangat terik, jangan gunakan untuk melindungi diri sendiri dari terik matahari. Masalah lain yang tidak kalah penting adalah selalu menutupi aurat anda selama memakai Ihram. Jangan sampai aurat anda terlihat, hati – hati saja.

4. Kebersihan Tukang Cukur

Pada Akhir Umroh, sudah menjadi kebiasaan bagi pria dan wanita untuk memotong rambut mereka. Untuk pria, jangan hanya memotong sebagian rambut saja. Justru potong rambut anda seluruhnya walaupun anda tidak ingin memotongnya. Sangat disarankan untuk memotong rambut anda, maka pastikan tukang cukur yang anda datangi menggunakan pisau cukur sekali pakai yang baru.

Pemerintah Saudi juga sudah menetapkan peraturan dan sebagian tukang cukur sudah mengikuti aturan ini. tetapi tetaplah berhati – hati dan meminta tukang cukur tersebut untuk membuka pisau cukurnya di depan anda. Karena anda pasti tidak ingin beberapa penyakit seperti Hepatitis ditransfer kepada anda melalui darah dari pelanggan sebelumnya.

Untuk wanita, tunggu sampai anda kembali ke hotel sehingga anda dapat melepas hijab dan memotong rambut anda. Tetaplah jaga kesopanan anda dan jangan terburu – buru untuk menyelesaikan umroh anda.

Baca Juga: Keutamaan Umroh yang Harus Anda Tahu

5. Bawa Vaseline

Ini adalah tips khusus untuk para pria. Ketika anda dalam keadaan memakai ihram, anda tidak memakai boxer atau pakaian dalam apapun. Kaki anda akan kering sehingga vaseline merupakan barang yang sangat anda butuhkan saat itu.

Tips Sebelum Berangkat Umroh

6. Rencanakan Kunjungan Rawdah

Waktu terbaik untuk mengunjungi Rawdah di Madinah adalah pada waktu malam. Rawdah adalah spot untuk berdo’a yang paling dicari di Masjid Nabi di Madinah. Tempatnya beralaskan karpet berwarna hijau dan sangat mudah untuk dikenali namun sangat sulit untuk menggunakannya. Banyak orang selama di Madinah mencoba untuk sholat di Rawdah yang mempunyai tempat yang bisa dibilang kecil.

Setelah berbicara dengan orang – orang yang tinggal di Madinah. Waktu terbaik untuk mencoba mengunjungi Rawdah adalah pada saat malam hari. Anda bisa menunggu beberapa jam setelah isya’ atau beberapa jam sebelum fajar. Serbuan di Rawdah berkurang  dan jauh lebih mudah untuk berdo’a dan waktu santai untuk rileks di Rawdah tanpa keramaian seperti waktu – waktu ramai.

7. Kunjungi lokasi bersejarah di Madinah

Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi bersejarah adalah pada waktu pagi antara terbit matahari sampai shalat Dhuhur. Anda dapat mengunjungi tempat – tempat seperti tempat pertempuran Uhud serta Masjid Quba, yang merupakan Masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW. Jangan lupa untuk shalat dua rakaat di Masjid Quba dan mendapatkan pahala Umroh pada saat anda disana. Insya Allah.

Baca Juga: Tempat yang Menarik Dikunjungi Saat Umroh

8. Hubungi Kampung Halaman

Jika anda memiliki smartphone maka anda bisa menginstall aplikasi seperti Viber atau lainnya yang memudahkan anda untuk menelpon ke rumah secara gratis menggunakan WiFi di Hotel. Pakai mode pesawat dan aktifkan WiFI agar anda tidak terkena biaya yang cukup mahal. Anda juga bisa menggunakan WiFI gratis hotel.

  • Berbincang dengan orang lain
  • Sering – seringlah anda berbincang dengan orang lain. Anda akan bertemu dengan orang – orang yang tidak pernah anda sangka sebelumnya. Mekkah dan Madinah adalah tempat berkumpul orang – orang dari seluruh dunia. Pernahkah anda bertemu orang – orang dari luar negeri seperti Azerbaijan atau Mauritius? Anda akan merasa tercerahkan karena persaudaraan yang indah dari kesamaan iman yang luar biasa.
    Berdoalah

Memang sederhana, tetapi sangat penting dan harus kita lakukan. Berdoalah untuk dirimu sendiri, untuk keluarga, untuk orang lain, atau bahkan untuk seluruh umat. Anda diberkati dengan berada di tempat yang luar biasa seperti Makkah atau Madinah. Manfaatkan waktu itu untuk sering – sering dan memperbanyak doa . Insya Allah.

Baca Juga: Hukum Mengumrohkan Orang yang Sudah Meninggal