1
Umroh Umroh & Haji

7 Tips Menjalani Umroh Lebih Lancar dan Tenang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ibadah umroh merupakan ibadah yang panjang dan membutuhkan persiapan juga trik-trik khusus. Meski ibadah umroh lebih ringkas dibanding ibadah haji, Anda tetap harus berjuang, berlelah-lelah, dan memiliki pengetahuan yang mempuni agar ibadah ini bisa maksimal.

Jika ibadah qurban yang dilakukan di tanah air saja butuh ilmu dan tips khusus, maka umroh yang dilakukan di Tanah Suci bersama jamaah dari seluruh dunia tentu butuh persiapan dan keilmuan yang mumpuni. Tidak sedikit jamaah yang pertama kali kesana tanpa persiapan mengalami beberapa kekecewaan, seperti salah memahami ibadahnya, kondisi tubuh yang kurang maksimal, dan lainnya.

Dengan kondisi umroh yang lancar dan tenang, insyaaAllah ibadah Anda akan semakin khusyuk, dan maksimal dalam mendulang pahalanya.

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Umroh.com punya tips-tips jitu yang bisa Anda manfaatkan agar ibadah umroh lebih lancar dan tenang, berikut ini.

1. Persiapkan niat yang ikhlas

Tips umroh pertama yakni persiapan niat bukan perkara yang sepele, karena niat akang mempengaruhi sikap kita dalam beribadah, juga pahala yang akan kita peroleh saat umroh. Niat yang benar tentu harus ikhlas hanya untuk mengharap ridho Allah subhana huwata’ala. Niat yang ikhlas ini juga akan menghindari kita dari riya, sombong dan keinginan untuk pamer pada orang lain.

Rasulullah salallahu ‘alayhi wa sallam, bersabda:

“Sesungguhnya amal perbuatan tergantung pada niat, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan yang ia niatkan…” (HR. Bukhari dan Muslim).

Niat yang ikhlas karena Allah juga akan membantu kita melewati berbagai rintangan dan ujian selama umroh dengan sabar, dan tetap tawakal kepada Allah jalla jalaluh. Allah akan senantiasa menguji hambanya yang beriman, agar semakin kuat dalam keimanannya.

Keutamaan niat juga sering diingatkan oleh ulama terdahulu, salah satunya Abdullah Ibnul Mubarak, yang mengatakan:

webinar umroh.com

“Betapa banyak amalan yang kecil menjadi besar (pahalanya) karena sebab niat. Dan betapa banyak amalan yang besar menjadi kecil (pahalanya) karena sebab niat.” (Al Ikhlas wan Niyyah)

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Persiapan Umroh

tips umroh

2. Membersihkan diri

Tips umroh kedua yakni membersihkan diri di sini maksudnya membersihkan dari kesalahan-kesalahan yang membuat hati kita sesak atau membuat fikiran kita sempit. Tentu sebagai manusia kita tidak luput dari kesalahan baik yang disengaja atau pun tidak disengaja. Oleh karenanya, Anda juga perlu menenangkan hati dengan bertaubat atas kesalahan-kesalahan terdahulu dan meminta maaf pada orang-orang terdekat.

Selain itu, tanggungan-tanggungan dunia yang mengganggu fikiran juga harus diselesaikan, seperti hutang, mengembalikan barang pinjaman, ataupun janji-janji pada orang lain yang membuat kita terus memikirkannya. Jangan sampai perkara-perkara dunia tersebut mengganggu kekhusyuan kita saat beribadah di Baitullah.

3. Pelajari serba-serbi ibadah umroh

“Belajar sebelum beramal” itulah pepatah yang terus digaungkan para sahabat Rasulullah salallahu ‘alayhi wa sallam sejak dahulu. Karena tanpa ilmu ibadah kita tidak akan maksimal, bahkan kita bisa kebingungan saat melaksanakannya. Tentu Anda tidak mau jika ibadah yang Anda lakukan tidak maksimal, terlebih dalam umroh terdapat rukun-rukun, wajib umroh, dan keutamaan keutamaan yang terselip di tiap-tiap tahapannya. Jika Anda tahu keutamaan dari tiap-tiap tahapan, tentu akan Anda maksimalkan.

Belum lagi ada tempat-tempat yang mustajab untuk berdoa, tempat yang dilipat gandakan amalannya, dan lain sebagainya. Semua hal itu tentunya bisa Anda dapatkan dengan ilmu yang diwarisi Rasulullah salallahu’alayhi wa sallam terkait tata cara beribadah umroh.

Salah satu sahabat Rasulullah, yaitu Mu’adz bin Jabal radhiyallaahu ‘anhu pernah berkata:

“Ilmu adalah pemimpin amal, dan amal adalah pengikut ilmu”. (Dari kitab al-Amru bil Ma’ruf wan nahyu anil munkar karya Ibnu Taimiyyah halaman 15)

Selain tatacara beribadahnya Anda juga perlu mempelajari bagaimana kondisi di sana, cara memesan makanan, transportasi di sana, hingga masalah keuangannya.

Baca Lagi: Tata Cara Umroh dan Bacaannya

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

tips umroh

4. Penuhi tanggungan yang ditinggalkan

Tips umroh keempat yakni jika Anda berangkat tanpa keluarga atau meninggalkan anak dan istri dirumah, tentu Anda harus menjamin dulu kehidupan mereka selama Anda pergi. Hal tersebut juga membuat ibadah Anda akan lebih tenang.

Jika Anda masih memiliki orang tua atau sanak saudara, tidak ada salahnya untuk menitipkan keluarga Anda terlebih dahulu, tentu dengan perbekalan uang yang cukup untuk hidup selama Anda beribadah umroh.

5. Persiapan fisik

Walaupun ibadah umroh lebih ringan dibandingkan dengan ibadah haji, tetapi Anda tetap harus menyiapkan fisik Anda agar ibadah umroh Anda berjalan dengan lancar terutama bagi yang berumur 50 tahun ke atas.

Melatih fisik sedari di Tanah Air tentu sangat dianjurkan. Mulailah berlari-lari kecil di pagi hari, biasakan berjalan jauh, juga olahraga-olahraga ringan lainnya yang memperkuat stamina fisik Anda.

Hilangkan kebiasaan begadang atau tidur terlalu malam, yang bisa menurunkan stamina Anda. Semakin dekat hari keberangkatan, seharusnya Anda semakin membiasakan diri dengan ibadah-ibadah berat, seperti shalat malam dan lainnya.

tips umroh

Baca Lagi: 6 Cara Persiapkan Kesehatan Sebelum Umroh

6. Persiapkan kesehatan dan siapkan multivitamin

Persiapan kesehatan juga tidak kalah penting bagi Anda. Sama seperti beribadah haji, sebelum umroh pun penting untuk Anda memeriksa kesehatan, check up ke dokter, bahkan jika Anda memiliki penyakit serius, wajib untuk konsultasi untuk mendapatkan arahan dokter ketika di sana.

Setelah mengecek kesehatan, yang tidak kalah penting juga mempersiapkan perbekalan obat dan multivitamin. Dengan mengkonsumsi multivitamin di sana, harapannya daya tahan tubuh tetap terjaga walaupun melakukan aktivitas seharian.

7.  Kenali teman dan jangan bepergian sendiri

Sebelum berangkat, baiknya Anda kenali teman satu rombongan umroh. Karena hal tersebut akan membantu menemani Anda saat bepergian di sana, hingga berbagai perbekalan. Mungkin hotel Anda cukup jauh ke ATM atau ke tempat perbelanjaan, Anda disarankan untuk bepergian keluar dari hotel dengan berkelompok khususnya wanita karena hal ini akan menghindari dari berbagai tindak kejahatan ataupun penipuan yang sering terjadi di Tanah Suci.

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Irzal Adiakurnia

I'm the type of person who easy to adjust, cause like to engage in conversation and observe people's characters.