1
Muslim Lifestyle

Begini Adab Memarkir dan Membeli Mobil dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Di zaman yang sudah modern dan serba berkeperluan ini, transportasi menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa di lewatkan, salah satunya mobil. Mobil menjadi salah satu alat transportasi roda empat yang paling banyak di minati di zaman sekarang, khususnya para pekerja dan petinggi daerah. Walaupun harus siap menghadapi kemacetan setiap harinya, tetapi pembeli mobil tidak pernah surut, bahkan setiap tahunnya selalu meningkat seiring dengan perkembangan teknologi. Lalu bagaimana sih sebenarnya adab memarkir dan membeli mobil dalam islam itu sendiri?

Baca juga: Keajaiban Doa saat Berkendara, Bikin Merinding!

Adab Memarkir dan Membeli Mobil sesuai Aturan Islam

Sediakan Lahan Parkir Sebelum Membeli Mobil

Umroh.com telah merangkum, Mungkin masih ada beberapa dari Anda yang membeli mobil tanpa perhitungan dan pikir panjang, maksudnya yaitu apakah jika Anda membeli mobil, Anda sudah mempunyai lahan parkir untuk memarkirkan mobil Anda, karena masih banyak orang yang memiliki mobil akan tetapi tidak memiliki garasinya. Terutama bagi masyarakat yang memiliki rumah di gang sempit seperti misalnya warga Jakarta, yang akhirnya mengharuskan mereka memarkirkan mobilnya di pinggir jalan, sehingga dapat menimbulkan dampak negatif yaitu dapat mengganggu jalan pengendara lain yang lewat dan pastinya dapat menyebabkan kemacetan karena separuh jalannya yang terpakai untuk memarkirkan kendaraan dan dapat menimbulkan ketidaksukaan para pengguna jalan.

Mengingat tempat yang kita pakai untuk parkir tersebut adalah jalan umum, hendaknya seorang muslim memperhatikan ajaran Islam bahwa yang termasuk keimanan adalah menyingkirkan “rintangan/gangguan” dari jalan semisal batu, kayu kecil, duri dan lain-lain. Nah, apabila rintangan itu sebesar mobil, tentu lebih tidak layak lagi di parkir dan menjadi gangguan di jalan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Iman itu ada tujuh puluh atau enam puluh sekian cabang. Cabang yang paling utama adalah ucapan Laa ilaaha illaAllah (tiada sesembahan yang haq selain Allah), sedangkan cabang yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Dan rasa malu merupakan salah satu cabang keimanan.” (HR. Bukhari & Muslim).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Dari ayat tersebut sudah di jelaskan, bahwa setiap muslim yang memarkirkan mobilnya di pinggir jalan di larang, karena dapat menjadi gangguan bagi para pengguna jalan yang melewatinya. Jadi bagi siapapun khususnya umat muslim, hendaknya jika ingin membeli mobil, sediakan dahulu lahan parkirnya di rumah, sehingga tidak menimbulkan gangguan kepada pengguna jalan yang lainnya.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Bagamaina Tata Cara Membeli Mobil Dalam Islam?

Nah jika Anda sudah memiliki lahan parkir yang cukup untuk mobil yang akan Anda pakai setiap harinya, baru lah Anda membeli mobil yang Anda inginkan. Namun bagaimana tata cara agama islam dalam membeli mobil, apa saja yang harus di perhatikan? Berikut penulis rangkum untuk Anda :

1. Tidak kredit di bank dengan riba

Maksudnya yaitu jika Anda tidak memiliki uang yang cukup, ya tidak perlu beli, jangan memaksakan jika tidak punya. Karena segala sesuatu yang di paksakan tidak akan berkah nantinya. Lebih baik hidup apa adanya karena lebih menenangkan, daripada hidup bergaya di atas hutang. Namun apabila Anda sangat butuh, tidak harus mobil baru bukan?  mobil second pun juga bisa Anda beli asalkan masih bagus mesinnya.

webinar umroh.com

2. Jika tidak perlu sekali, cukup satu mobil saja satu rumah. 

Sekalipun Anda berasal dari kalangan menegah ke atas, yang dapat membeli mobil lebih dari satu, namun jika di lihat dari situasi dan kondisinya apabila Anda tidak perlu memiliki dua mobil, ya tidak perlu beli lagi, karena terkadang belum sekali sudah beli mobil satu lagi (dengan riba dan kredit), satu mobil masuk garasi, satunya lagi parkir di jalan. Hal tersebut dapat mengganggu pengguna jalan, untuk itu lebih baik cukup satu mobil saja satu rumah. Sesuai dengan kebutuhan.

3. Lebih baik Anda mengorbankan ruang tamu rumah menjadi garasi mobil

Maksudnya yaitu lebih baik Anda merubah ruang tamu menjadi garasi mobil atau dapat diatur sedemikian rupa (bisa menjadi dua fungsi), sesuai dengan kreativitas Anda. Karena hal ini lebih baik daripada kita memarkiran mobil kita di pinggir jalan yang dapat menganggu jalan orang lain.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Dari hal tersebut kita dapat belajar, bahwa islam mengajarkan umatnya untuk selalu memperhitungkan setiap tindakan yang di lakukan, jangan sampai merugikan diri sendiri bahkan sampai merugikan orang lain. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.