1
Kesehatan

Agar Sarapan Benar-Benar Bermanfaat Bagi Tubuh, Perhatikan Hal Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sarapan dengan menu yang tepat bisa membuat kita menjalani hari-hari lebih bersemangat. Sementara menu sarapan yang kurang baik bisa membuat level energi menurun secara drastis, dan membuat kita makan berlebihan di sepanjang hari.

Namun, tidak sarapan juga bukan pilihan yang tepat. Melewatkan sarapan bisa membuat seseorang memiliki gaya hidup yang kurang sehat. Tidak sarapan membuat kita cenderung lemas di pagi hari, yang akan menumbuhkan nafsu makan berlebih di sepanjang hari.

Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan saat kita menyiapkan menu sarapan. Baik buat diri sendiri maupun untuk keluarga.

Jangan Menggantungkan Sarapan pada Kopi

Banyak orang berpikir bahwa kopi bisa memberikan energi, sehingga menjadikannya sebagai menu sarapan satu-satunya. Padahal kopi bukan sumber energi. Kopi adalah stimulan yang membuat kita seolah-olah merasa berenergi. Jika memang tidak bisa meninggalkan kopi, paling tidak konsumsi juga menu sarapan yang sehat. Makanan yang bergizi membuat kita memiliki level energi yang lebih tinggi, serta mood yang lebih baik.

Konsumsi Jumlah Air yang Cukup

Walaupun bukan sumber energi, air harus kita konsumsi saat sarapan. Saat kita tidur di malam hari, tubuh akan kekurangan cairan.  Jadi di pagi hari, kita harus menggantinya dengan cukup air. Asupan air yang cukup akan membuat kita merasa lebih segar dalam beraktivitas. Selain itu, air juga membantu melancarkan pencernaan.

Konsumsi Lemak Sehat

Lemak adalah bahan makanan yang sering dikambinghitamkan sebagai penyebab kegemukan.  Lemak memang sumber energi terbesar, sehingga akan ditumpuk di beberapa bagian tubuh jika berlebih. Namun, lemak sebenarnya merupakan bahan makanan yang penting.

Kandungan lemak yang cukup dalam makanan bisa menghilangkan lapar, sekaligus mencegah level energi menurun secara drastis. Konsumsi lemak saat sarapan penting, namun pilihlah lemak-lemak yang sehat. Misalnya dengan mengkonsumsi alpukat, atau telur yang dimasak dengan minyak zaitun.

Tambahkan Bahan Makanan Lain

Menu sarapan praktis biasanya sarat akan karbohidrat. Misalnya roti, sereal, nasi goreng, bubur ayam, dan sebagainya. Makanan tersebut mengandung banyak karbohidrat yang memang menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh.

webinar umroh.com

Namun, ada nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan bugar. Misalnya protein dan lemak yang bisa membuat kita kenyang sehingga tidak tergoda makanan lain, serta vitamin dan mineral yang bisa membuat kita merasa lebih segar. Karena itu di samping karbohidrat, konsumsi juga bahan makanan lainnya.

Konsumsi Karbohidrat dalam Jumlah Cukup

Mengkonsumsi karbohidrat berlebihan tidak baik bagi tubuh. Terlalu sedikit juga tidak baik. Kekurangan karbohidrat bisa membuat kita tidak berenergi dan lemas. Konsumsilah karbohidrat kompleks dalam jumlah yang cukup. Misalnya dengan mengkonsumsi oatmeal, kentang, roti gandum, atau nasi merah. Bahan makanan tersebut merupakan sumber karbohidrat yang sehat dan tidak membuat gula darah kita naik secara drastis.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.