1
Muslim Lifestyle

Agar Selamat, Baca Doa Menghindari Bencana Alam Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Kehidupan manusia selalu terhubung dengan berbagai peristiwa alam. Dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi peristiwa alam yang besar dan merusak. Tentunya tidak ada manusia yang ingin menjadi korban bencana alam. Doa menghindari bencana alam berikut ini dapat kita praktikkan. Sehingga Allah berkenan selalu melindungi kita dari bencana alam.

Baca juga: 8 Keutamaan dan Kemuliaan Doa dan Dzikir

1. Doa Menghindari Bencana dan Musibah

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui.”

Doa ini berasal dari hadis riwayat Imam Abu Dawud dan Imam Tirmidzi. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang mengatakan ‘Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui) sebanyak tiga kali, niscaya tidak akan ada sesuatu pun yang memudharatkannya” (HR.Abu Daud & Tirmidzi).2. Doa Menghindari Bencana dan Diberi Keselamatan

2. Doa Menghindari Bencana dan Diberi Keselamatan

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ, وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ, وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ, وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma innii a’uudzubika min zawaali ni’matika, watahawwuli ‘aafiyatika, wafaj-ati niqmatika, wajamii’i sakhotika

webinar umroh.com

Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lenyapnya nikmat-Mu, dari beralihnya keselamatan (yang merupakan anugerah)-Mu; dari datangnya siksa-Mu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaan-Mu”. (HR.Muslim)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah. Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Menurut para ulama, bencana yang datang mendadak lebih berat daripada bencana yang didahului oleh sesuatu. Doa tersebut bisa menghindarkan kita dari bencana alam yang tiba-tiba, seperti gempa, banjir, dan musibah lain yang menjadikan nikmat Allah hilang.

Umroh.com merangkum, doa itu juga bisa kita baca untuk memohon perlindungan dari murka Allah. Murka yang turun akibat perbuatan maksiat kita. Selain membaca doa tersebut, kita hendaknya selalu melakukan muhasabah bersama, agar tak terjerumus pada perbuatan maksiat yang mendatangkan murka Allah.

Allah berfirman, “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalahdisebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS.Asy Syura: 30).

3. Doa Menghindari Bencana yang Serupa dengan yang Dilihat

Ketika mendengar seseorang atau sekelompok orang terkena musibah, hendaknya kita berdoa agar Allah tidak menimpakan kejadian serupa kepada kita. Kita bisa membaca doa berikut ini:

اَلْـحَمْدُ للهِ الَّذِي عَافَانِي مِـمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِـمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً

Alhamdulillahilladzii ‘aafaanii mimmaabtalaaka biji wafadhlanii ‘alaa ka-tsiirin mimman kholaqo tafdhiilaa

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya”.

Doa tersebut berasal dari sebuah hadis. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang menyaksikan orang yang terkena musibah, kemudian mengatakan: Segala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya), niscaya Allah akan menghindarkannya dari musibah tersebut sepanjang hayatnya, walau bagaimanapun keadaannya”. (HR.Tirmidzi & Ibnu Majah)

Melancarkan rezeki, yuk jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci dan temukan paket umroh terbaik di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Doa Menghindari Bencana di Suatu Tempat

Ketika mengunjungi suatu tempat, kita juga bisa membaca doa agar terhindar dari bencana selama berada di sana.

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’uudu bikalimaatillahittammaati min syarri maa kholaqo

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya”.

Doa ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam An Nasa’i. Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang singgah di sebuah tempat kemudian ia mengatakan, ‘Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan-Nya’, niscaya tidak akan ada yang memudharatkannya”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

5. Doa Agar Selalu Diberi Perlindungan oleh Allah

Rasulullah juga mengajarkan doa berupa surat-surat pendek untuk dibaca rutin pada pagi dan sore hari. Beliau bersabda, “Bacalah Al Ikhlas dan Mu’awwidzatain (An Naas dan Al Falaq) di waktu sore dan pagi hari tiga kali, niscaya ia mencukupimu dari segala sesuatu” (HR.Abu Dawud dan Tirmidzi).

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.