1
Muslim Lifestyle

Bersyukurlah Agar Hidupmu Penuh Berkah, Ini Manfaatnya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Dalam kehidupan kata syukur tentunya sudah tak asing lagi di dengar dan dipergunakan dalam setiap percakapan kehidupan. Namun, yang sering menjadi masalah ialah apakah syukur yang selalu disebut dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari? Mengingat banyaknya orang yang masih tidak mengerti hakikat syukur utama pada dirinya. Ini manfaat bersyukur yang wajib diketahui.

Syukur sebagaimana yang kita ketahui merupakan kewajiban. Yakni berterimakasih atas nikmat yang telah Allah SWT berikan. Meskipun terkadang memang tidak segala dengan apa yang kita inginkan, ketahuilah bahwa Allah swt itu maha adil dan tidak memberikan sesuatunya melainkan ia beri apa yang kita berikan.  

Baca juga: Begini Cara Muhasabah Diri terhadap Masa Lalu

Dalil Dan Hadist Seputar Rasa Syukur

Umroh.com merangkum, syukur merupakan ajaran yang sangat penting dalam Islam, sehingga dalam al-Qur’an dan hadis ia disebut beriringan dengan zikir dan ibadah kepada Allah.

1. Surat al-Baqarah ayat 152

تَكْفُرُوْنِ وَلَا ا لِيْ وَاشْكُرُوْ اَذْكُرْكُمْ فَاذْكُرُوْنِيْٓ

Artinya: ”Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”13

Pada ayat ini, mengandung perintah untuk mengingat Allah swt melalui dzikir, hamdalah, tasbih dan membaca al-Qur’an dengan penuh  penghayatan, perenungan, serta pemikiran yang mendalam sehingga menyadari kebesaran, kekuasaan, dan keesaan Allah swt. Menjauhi larangan yang Allah swt tetapkan, sehingga Allah swt akan membuka pintu kebaikan.

Ayat ini juga mengandung perintah untuk ber-syukur kepada Allah swt atas nikmat-nikmat yang telah dilimpahkan dengan cara mengelola dan memanfaatkan semua nikmat sesuai dengan masing-masing fungsinya, kemudian memanjatkan pujian pada Allah swt dengan lisan dan hati, serta tidak mengingkari semua anugerah tersebut dengan cara mempergunakannya ke jalan yang bertentangan dengan syari’at dan sunatullah.

webinar umroh.com

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Ayat ini merupakan peringatan kepada umat manusia agar tidak terperosok seperti umat terdahulu yang telah mengingkari nikmat-nikmat Allah swt dengan tidak menggunakan akal dan indra untuk merenungkan dan memikirkan untuk apa nikmat-nikmat tersebut serta bagaimana cara penggunaaanya, sehingga Allah swt mencabut nikmat tersebut sebagai hukuman dan pelajaran bagi mereka.

2. Surat Ibrahim ayat 7

لَشَدِيدٌ عَذَابِي إِنَّ كَفَرْتُمْ وَلَئِنْ ۖلَأَزِيدَنَّكُمْ شَكَرْتُمْ لَئِنْ رَبُّكُمْ تَأَذَّنَ وَإِذْ

Artinya: “dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka pasti azab-Ku sangat berat’.”17

Hadits Riwayat Muslim

“Lihatlah orang yang dibawah kalian dan janganlah melihat orang yang di atas kalian, sebab hal itu akan mendidik kalian untuk tidak meremehkan nikmat Allah swt”. (HR. Muslim)

“ Sungguh mengagumkan keadaan orang mukmin. Keadaan mereka senantiasa mengandung kebaikan. Dan, tidak terjadi yang demikian itu kecuali pada orang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, ia bersyukur. Hal itu merupakan kebaikan baginya. Jika tertimpa kesusahan ia bersabar. Hal itu juga merupakan kebaikan baginya.” (HR. Muslim).

Jadilah tamu Allah dengan temukan paket umrohnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Manfaat utama bersyukur

Manfaat syukur itu kembali pada orang yang ber-syukur, kebaikan yang ada kembali pada mereka yang ber-syukur.

1. Menyucikan Jiwa

Ber-syukur dapat menjaga kesucian jiwa, sebab menjadikan orang dekat dan terhindar dari sifat buruk, seperti sombong atas apa yang diperolehnya.

2. Mendorong jiwa untuk beramal saleh

Ber-syukur yang harus ditunjukkan dengan amal saleh membuat seseorang selalu terdorong untuk memanfaatkan apa yang diperolehnya untuk berbagi kebaikan. Semakin banyak kenikmatan yang diperoleh semakin banyak pula amal saleh yang dilakukan.

3. Menjadikan orang lain ridha

Dengan ber-syukur, apa yang diperolehnya akan berguna bagi orang lain dan membuat orang lain ridha kepadanya. Karena menyadari bahwa nikmat yang diperoleh tidak harus dinikmati sendiri tapi juga harus dinikmati oleh orang lain sehingga hubungan dengan orang lain pun menjadi baik.

4. Memperbaiki dan memperlancar interaksi sosial

Dalam kehidupan bermasyarakat, hubungan yang baik dan lancar merupakan hal yang amat penting. Hanya orang yang ber-syukur yang bisa melakukan upaya memperbaiki dan memperlancar hubungan sosial karena tidak ingin menikmati sendiri apa yang telah diperolehnya.

5. Menuntun hati untuk ikhlas

Karena syukur menuntun kita untuk tetap berbaik sangka pada Allah swt dalam segala hal yang terjadi dalam kehidupan ini maka syukur mampu menggerakkan hati untuk ikhlas menerima ketetapan Allah swt.

6. Menumbuhkan optimisme

Syukur mengandung arti mengenali semua nikmat yang telah Allah swt karuniakan, termasuk didalamnya yakni dengan mengenali potensi-potensi yang Allah swt anugerahkan pada diri kita, yang nantinya akan menumbuhkan optimisme

7. Memperbaiki kualitas hidup

orang yang ber-syukur mengalami perubahan kualitas hidup lebih baik. Sikap-sikap positif seperti semangat hidup, perhatian, kasih sayang, dan daya juang berkembang dengan baik pada mereka yang terbiasa mengungkapkan rasa syukur-nya setiap hari.

8. Mendatangkan pertolongan Allah swt

Nikmat Alah swt memang diberikan secara umum kepada seluruh manusia, namun pertolongan Allah swt hanya diberikan kepada hamba-hamba Allah swt yang dikehendaki-Nya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim disebutkan siapa orang yang berhak mendapatkan pertolongan Allah tersebut, Rasulullah saw bersabda: “Dan Allah senantiasa memberikan pertolongan kepada hamba-Nya selama ia menolong saudaranya”. Dari hadits tersebut, dapat dipahami bahwa jika menolong hamba-Nya maka kita akan ditolong, dengan meringankan beban orang lain maka beban kita akan diringankan. Syukurmenggerakkan hati dan pikiran untuk ringan berbuat suatu kebaikan bagi sesama sehingga akan mendatangkan pertolongan dari Allah swt.

9. Mendatangkan rezeki

Dengan ber-syukur maka Allah swt akan membukakan pintu rezeki dari segala penjuru.

10. Mendatangkan kesembuhan

Orang-orang yang tetap ber-syukur dalam kondisi sakit akan mendapatkan balasan yang luar biasa, yakni Allah swt akan menyembuhkan penyakitnya dan akan memberikan nikmat yang jauh lebih baik dari sebelumnya, seperti halnya dalam kisah nabi Ayub as

Dampak dari Kurangnya Bersyukur

Umroh.com merangkum, minimnya rasa syukur akan memberi dampak buruk dalam hidup. Supaya kamu makin terdorong untuk melepas kebiasaan ini, pahami lima kerugian yang akan hadir di kehidupanmu kalau kamu tak pandai bersyukur.

1. Saat kamu terus-menerus merasa kurang, makin banyak waktu yang terbuang secara sia-sia

Dampak buruk dari kurangnya rasa syukur ialah banyak waktu yang terbuang sia-sia. Bukannya membiasakan diri bersyukur, kamu malah selalu memikirkan apa yang kurang. Setiap detik yang mestinya kamu habiskan untuk sesuatu yang berguna, justru terlewati begitu saja oleh karena kebiasaan buruk ini.

2. Jiwa terasa tak tenang lantaran terus merasakan berbagai ketakutan dalam hidup

Terbiasa bersyukur memberi kekuatan pada seseorang untuk menyingkirkan berbagai ketakutan. Sadar akan sesuatu yang telah dicapai, kamu akan menjadi semakin berani. Sebaliknya, ketiadaan rasa syukur membuat kamu jadi seseorang yang mudah merasa gentar dalam menjalani hidup.

3. Allah akan menimpakan pakaian kelaparan dan ketakutan

“Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezekinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk) nya mengingkari nikmat-nikmat Allah; karena itu Allah m…erasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat” (Q.S. 16; 112)

4. Mendapatkan azab yang sangat pedih

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim: 7)

Orang yang tidak bersyukur akan menjadi orang yang tamak, dan orang yang tamak ini sememangnya orang yang dicela. Tidak pernah merasa cukup yang akhirnya sikap tamak tersebut menjerumuskan mereka kedalam kancah maksiat dan kemurkaan Allah swt. Menzalimi dan menganiaya orang lain.