1
Motivasi Muslim Lifestyle

Bukan Sekedar Kewajiban, Ini 4 Hikmah Ibadah Sholat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sholat adalah ibadah yang diperintahkan oleh Allah. Dalam sehari, kita diwajibkan untuk sholat wajib sebanyak lima waktu. Selain sholat wajib, ada juga sholat sunnah yang bisa kita lakukan sebagai ibadah tambahan. Diperintahkannya sholat bukan hanya sebagai kewajiban kita sebagai umat muslim. Ada hikmah-hikmah yang bisa kita petik dari diturunkannya perintah sholat. Hikmah tersebut akhirnya menjadikan kita hamba yang senantiasa dekat dengan Allah.

Dilansir dari nu.or.id, ada 4 hikmah sholat yang dirangkum oleh Mustafa al-Khin dan Mustafa al-Bugha, yaitu :

  1. Dalam Sholat Ada Sujud, Sebuah Posisi di Mana Kita Merendahkan Diri.

Sholat terdiri dari berbagai macam gerakan. Dimulai dari Takbiratul Ihram hingga mengucapkan salam. Di antaranya, ada gerakan sujud di setiap rakaat. Saat kita bersujud, kita berada pada posisi terendah. Kepala, sebagai bagian tubuh yang paling tinggi, kita letakkan serendah-rendahnya saat melakukan sujud.

Sujud adalah gerakan di mana kita meletakkan kepala hingga mencium tanah. Gerakan ini sebagai pengingat kita agar tidak merasa tinggi hati. Bersujud adalah wujud kerendahan di hadapan Allah yang menciptakan kita. Setiap kali bersujud seharusnya kita ingat bahwa kita adalah hamba yang mutlak sepenuhnya milik Allah.

  1. Membuat Kita Sadar Bahwa Tidak Ada yang Mampu Memberikan Pertolongan Selain Allah

Sholat adalah sebuah kesempatan di mana Allah mendengar seluruh doa-doa kita. Bukan hanya doa yang sudah ada dalam sholat, namun juga doa yang dipanjatkan untuk hajad dan keinginan saat menjalani aktivitas.

Saat sholat, kita menumbuhkan kesadaran bahwa hanya Allah-lah tempat meminta. Dalam hati kita akan tertanam keyakinan bahwa tidak ada yang bisa menolong kita selain karena kekuatannya.

  1. Sebagai Kesempatan untuk Bertaubat dan Memohon Ampun.

Umat muslim diwajibkan shlat lima kali dalam sehari. Di dalam bacaan sholat, ada lafadz-lafadz dimana kita mengagungkan Allah dan memohon ampun kepadaNya. Karena itu, sholat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk memohon ampun pada Allah dan membersihkan diri dari dosa-dosa.

Di antara waktu sholat, tentunya kita tidak luput dari berbuat kesalahan. Jadikanlah sholat sebagai kesempatan untuk menghapuskan dosa kita.

webinar umroh.com
  1. Memperkuat Keimanan kepada Allah

Sholat bisa dijadikan sebagai sarana untuk memperkuat aqidah dan keimanan pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sehari-hari, kita tidak akan lepas dari godaan kenikmatan dunia atau godaan setan. Keduanya beresiko mengganggu aqidah dan membuat kita lupa akan keberadaan Allah yang Maha Mengawasi.

Saat kita melakukan ibadah sholat, kita bisa mempertebal keyakinan dan keimanan kita, sebagaimana tumbuhan kering yang mendapat kesegaran setelah diguyur hujan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.