1
Serba-serbi Ramadhan

Cara Membuat Batagor Untuk Buka Puasa Bersama

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Batagor ialah kuliner khas Bandung yang kini sudah banyak dijual di Indonesia. Cara membuat batagor yang banyak dilakukan penjual adalah mengisikan adonan daging ke dalam tahu, kemudian digoreng di minyak panas. Inilah yang menjadikan batagor memiliki tekstur renyah dan rasa gurih. Lebih nikmat lagi jika batagor disajikan dengan saus kacang yang pedas dan gurih.

Cara Membuat Batagor di Rumah

1. Gunakan Daging Ikan atau Ayam

Batagor biasanya menggunakan daging sapi. Namun tidak sedikit yang berinovasi menggunakan daging ikan atau ayam. Kita juga bisa menirunya agar batagor buatan kita tidak memakan biaya yang terlalu mahal. Harga daging ikan atau ayam memang tidak semahal daging sapi.

Daging ikan yang dipakai untuk membuat batagor adalah ikan tenggiri atau tongkol. Ikan atau ayam untuk membuat batagor bisa kita haluskan dan diberi bumbu-bumbu agar lebih sedap. Bumbu yang biasa dipakai adalah bawang putih yang dihaluskan, bawang merah goreng yang dihaluskan, serta daun bawang.

2. Tambahkan Putih Telur Agar Kenyal

Salah satu cara membuat batagor yang enak adalah dengan menambahkan putih telur pada adonan bakso. Putih telur membuat bakso menjadi lebih nikmat karena fungsinya adalah membuat adonan menjadi lebih kenyal saat matang.

Selain membuat adonan bakso menjadi kenyal, putih telur juga membantu dalam proses memasak. Menambahkan putih telur bisa membuat bakso menjadi tidak mudah pecah saat dimasak. Dengan begitu, bakso menjadi lebih padat dan bentuknya lebih bagus saat matang.

Baca juga : Hikmah Menuntut Ilmu di dalam Islam dan Kehidupan

Fungsi putih telur memang untuk mengikat adonan pada bakso. Dengan begitu, tekstur bakso menjadi lebih padat dan kenyal. Ini karena kandungan protein yang tinggi di dalam putih telur.

Perlu diingat untuk menambah putih telur saja. Menambahkan kuning telur justru akan membuat bakso menjadi lembek. Biasanya, tidak banyak orang yang menyukai tekstur bakso yang terlalu empuk.

webinar umroh.com

3. Gunakan Campuran Tepung Sagu dan Tepung Terigu

Tepung juga berperan penting dalam membuat bakso. Tepung akan membuat bakso menjadi lebih padat dan mudah dibentuk. Dengan begitu, tekstur dan bentuknya juga menjadi lebih bagus.

Namun, perlu diperhatikan kombinasi tepung yang digunakan. Kita bisa menggunakan kombinasi tepung terigu dan tepung sagu agar teksturnya lebih kenyal. Selain itu, perhatikan jumlah tepung yang digunakan. Terlalu banyak tepung akan membuat rasa gurih ikan jadi hilang.

4. Beri Lapisan Telur di Bagian Luar Batagor

Umroh.com merangkum, agar batagor terasa lebih nikmat tambahkan lapisan telur di bagian luarnya. Caranya adalah dengan mencampurkan telur kocok dengan sedikit tepung dan air. Usahakan air dan tepung tidak terlalu banyak agar aroma telur masih terasa.

Lapisan telur ini akan membentuk tekstur yang lembut dan gurih di bagian luar batagor. Jika disiram dengan kuah kacang, maka lapisan telur ini akan membuat batagor terasa lebih enak.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Resep Batagor yang Murah dan Enak

cara membuat batagor

Lebih rinci, berikut ini resep batagor yang murah dan enak. Resep ini bisa dipraktekan untuk membuat hidangan berbuka puasa bersama keluarga. Resep ini menggunakan ikan tenggiri. Jika ingin menggunakan daging ayam, maka ikan tenggiri bisa diganti atau dicampurkan.

Bahan yang Dibutuhkan

  • Tahu putih (2 kotak) yang telah dipotong menjadi bentuk segitiga. Belah bagian tengahnya untuk menaruh isian bakso.
  • Ikan tenggiri fillet (200 gram) yang telah dihaluskan.
  • Daun bawang (2 buah) yang telah diiris tipis-tipis sekitar 2 mm.
  • Bawang putih (1 siung) yang telah dihaluskan. Ini sebagai bumbu isian batagor.
  • Bawang merah goreng (1 sendok makan) yang telah dihaluskan. Ini sebagai bumbu isian batagor.
  • Air dingin (secukupnya).
  • Tepung sagu (80 gram).
  • Tepung terigu (20 gram).
  • Telur (2 butir). Ambil putihnya saja.
  • Tepung terigu dan telur untuk lapisan luar batagor.
  • Garam (secukupnya).
  • Gula (secukupnya).
  • Merica (secukupnya).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Cara membuat Batagor

  • Masukkan ikan tenggiri ke dalam baskom. Masukkan daun bawang, bawang putih, dan bawang merah goreng. Aduk rata. Masukkan gula, garam, dan merica secukupnya. Kira-kira 1 sendok teh.
  • Masukkan putih telur, lalu aduk rata.
  • Tuang air dingin sedikit, lalu uleni adonan dengan tangan. Kemudian masukkan campuran tepung. Tambahkan air dingin sedikit demi sedikit hingga teksturnya kalis.
  • Masukkan adonan bakso ke bagian tengah tahu. Kira-kira sebanyak satu sendok makan atau lebih. Sesuaikan dengan selera.
  • Celupkan tahu yang telah diisi bakso ke dalam adonan campuran telur, terigu dan air. Lalu goreng dalam minyak panas dengan api sedang.
  • Setelah warnanya kuning keemasan, angkat dan tiriskan.
  • Batagor siap disajikan.
Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.