1
Doa

Begini Bunyi Dalil Rukun Islam yang Wajib Diingat

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Muslim mengenal lima rukun Islam melalui hadist Rasulullah. Dituturkan oleh Ibnu Umar, bahwa ia mendengar Rasulullah bersabda, “Islam dibangun di atas lima (perkara), yaitu persaksian bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan”.

Umroh.com merangkum, rukun Islam bukan sekadar ritual yang tidak boleh ditinggalkan seorang muslim. Lebih dari itu, ibadah-ibadah tersebut merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah, sekaligus membentuk akhlaq manusia. 

Baca juga: Wajib Dipahami, Ini Makna Tersembunyi dari Rukun Islam

Dalil tentang Mengucapkan Dua Kalimat Syahadat 

Dalil rukun islam yang pertama menyatakan keimanan dalam dua kalimat syahadat akan membuat seseorang semakin meyakini apa yang ada di dalam hati dan pikirannya. Ia semakin yakin bahwa Allah adalah Rabb yang memegang kehidupan di alam semesta, dan juga yakin bahwa ajaran yang dibawa oleh Rasululah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam akan membawanya kepada kebaikan. 

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Hujurat ayat 15, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar”. 

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Dalil Kewajiban Mengerjakan Shalat 

Shalat menjadi ibadah pembeda antara muslim dengan pemeluk agama atau kepercayaan lain. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Sesungguhnya batas antara seseorang dengan syirik dan kufur itu adalah meninggalkan shalat”. 

Mendirikan shalat merupakan cara seorang hamba berkomunikasi dengan Allah. Di dalam shalat, ada rangkaian gerakan dan doa yang dipanjatkan sebagai harapan seorang makhluk kepada TuhanNya. Allah berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 45, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk”.

Ibadah shalat yang baik dan benar akan membuat seorang hamba semakin dekat dengan Allah, sehingga bisa merasakan kebesaran dan kekuasaan Allah. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Dijadikan kesenanganku dari dunia berupa wanita dan minyak wangi. Dan dijadikanlah penyejuk hatiku dalam ibadah shalat”. 

webinar umroh.com

Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah pernah mengutus Muadz ke Yaman dan menitipkan pesan, “Ajaklah mereka (penduduk Yaman) untuk bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan sungguh aku adalah utusan Allah. Jika mereka menaatinya, maka beritahukan mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka lima shalat dalam sehari semalam” (HR. Al-Bukhari). Ini menunjukkan bahwa shalat merupakan ibadah penting bagi orang yang mengaku beriman kepada Allah dan RasulNya.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

Dalil Tentang Pentingnya Berpuasa  

Dalil rukun islam yang ketiga membahas tentang keyakinan akan kebesaran Allah akan membuat seseorang semakin bersemangat untuk menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Semuanya dilaksanakan dengan senang hati, sebagai wujud ketaatan seorang hamba. Ia akan lebih mudah melaksanakan ibadah-ibadah lain, seperti puasa. 

Puasa yang diwajibkan adalah puasa selama bulan Ramadhan. Di surat Al Baqarah ayat 183 Allah berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”. 

Dalil Tentang Keutamaan Berzakat 

Zakat merupakan ibadah untuk membersihkan jiwa dan harta. Harta yang dimiliki manusia sesungguhnya hanya titipan, dan di dalamnya ada hak orang lain. Mengeluarkan zakat akan membuat kita terhindar dari sifat bakhil atau pelit yang tidak disukai Allah. 

dalil rukun islam

Di surat Ali Imran ayat 180 Allah berfirman, “Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”. 

Puasa dan zakat adalah ibadah yang mampu membuat manusia menjadi lebih peka terhadap lingkungannya. Ibadah menahan nafsu dengan berpuasa akan membuat seseorang lebih mudah menangkap petunjuk dari Allah. Inilah yang kemudian akan membuatnya bisa menghayati sulitnya orang yang kelaparan karena tidak mampu. Dan ibadah puasa akan semakin lengkap dengan diiringi zakat. Selain menghayati susahnya rasa lapar, kita juga diajarkan untuk bergerak, mengulurkan tangan dan membantu sesama melalui zakat.  

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Dalil tentang Keutamaan Haji 

Dalil Rukun Islam yang terakhir adalah haji. Di bulan Dzulhijjah, umat Islam yang punya kemampuan diwajibkan berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan haji. Rangkaian ibadah haji, mulai dari ihram, thawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan tahallul mendidik seorang muslim agar semakin dekat dengan penciptanya. Ini menjadi kesempatan emas untuk merenungi keberadaan manusia sebagai hamba yang wajib tunduk kepada Allah, serta harus selalu mengingatNya demi mencegah diri terhanyut godaan setan ke depannya. 

Baca juga: Terungkap, Ternyat Begini Makna di Balik Rukun Islam

Hukum ibadah haji adalah wajib, dan mengerjakannya merupakan bentuk ketaatan kepada Allah. Mereka yang mengerjakan ibadah haji akan merasakan ketenangan di Baitullah, sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 97. “Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.