1
Motivasi Parenting

Dampak Media Sosial bagi Ibu Millenial

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ibu Millenial yang saat ini sedang memiliki anak masih balita pastinya pernah mengalami hal berikut. Pernah tidak Ibu membandingkan hasil ASIP setelah Ibu lain pamir ASIP berbotol-botol? Hal tersebut salah satu yang terjadi dalam media sosial. Media sosial sebagai media yang menawarkan fasilitas untuk dapat saling berinteraksi dengan sesama pengguna medsos mulai dari perkataan hingga video. Nah penggunaan media sosial memiliki dampak yag luar biasa dalam hal ini dampak pada Ibu Millenial.

Untuk itu mari kita ungkap dampak positif dan dampak negatif media sosial bagi Ibu Millenial.

 

Dampak Positif

1.Gampang dapat informasi parenting

Ibu Millenial tentunya tidak asing dengan gedged sehingga dapat menggunakannya untuk mengikuti berbagai media sosial. Media sosial memiliki banyak pengguna dalam hal ini para Ibu terutama yang senang dalam bersosial media pasti akan sering menyambangi medsosnya. Ibu Millenial pada saat bersosial media biasanya senang mencari informasi terkait parenting. Informasi yang mudah didapat karena hanya dengan ketikan jari maka informasi tersebut akan muncul begitu saja. Hal ini dimanfaatkan oleh Ibu Millenial sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan terutama terkait parenting.

2.Bisa baca reivew barang sebelum beli

Belanja merupakan hal yang paling disukai oleh wanita. Begitu pula dengan ibu Millenial yang senang sekali membeli keperluan untuk si Kecil. Ibu Millenial akan mencari review barang yang rencana akan dibelinya sebelum barang tersebut diputuskan untuk dibeli. Mudah sekali dengan sosial media kita dapat mengetahui positif maupun negatif suatu barang.

webinar umroh.com

3.Ajang sosialisasi dengan Buibu lain tanpa harus keluar rumah

Sosialisasi dengan ibu lain seperti halnya arisan Buibu dapat dilakukan di dalam media sosial. Hal ini merupakan ajang bagi Ibu Millenial untuk tetap eksis bergaul dengan ibu yang lain dan tentunya tanpa harus keluar rumah. Ini menjadi sesuatu yang positif karena Ibu dapat tetap mengurus anak dirumah maupun melakukan aktifitas lain dengan tetap bersosial bersama Ibu lainnya. Kegiatan sepertu sharing, peer education maupun hanya say hello dapat dilakkan Ibu kepada ibu lain tanpa harus keluar rumah.

4.Update mengenai kesehatan dan milestone anak

Update informasi menjadi hal yang wajib dilakukan oleh Ibu Millenial untuk tetap memastikan bahwa anak tetap dalam kondisi seat dan mengupayakan kesehatan tersebut tetap terjaga serta mencari tau milestone untuk anak sesuai dengan usianya. Hal ini menjadi perilaku yang menguntungkan bagi Ibu Millenial sehingga kesempatan untuk mencari informasi sering untuk dilakukan.

 

Selain dampak positif diatas, tentunya terdapat dampak negatif pula yang terjadi pada Ibu Millenial dalam penggunaan sosial media. Berikut merupakan dampak negatif tersebut:

Dampak Negatif

1.Konsumtif ingin selalu beli barang

Jumlah barang yang ditawarkan ketika sedang menggunakan sosial media menjadi hal yang sangat menggiurkan. Begitu pula bagi Ibu Millenial juga dimungkinka memiliki sifat yang konsumtif. Sifat konsumtif tersebut ditandai dengan selalu ingin membeli barang. Hal ini perlu untuk di rem kencang karena bila tidak Ibu Millenial tidak dapat mengontrol barang yang dibelinya.

2.Kompetitif karena membandingkan kehidupan dengan orang lain

Kompetisi tidak hanya dilakukan didunia nyata tetapi juga dapat terjadi didunia maya. Melalui sosial media perilaku kompetitif ini terjadi. Membandingkan kehidupan dengan orang lain sebagai salah satu contoh bagi Ibu yang tidak kuat iman hihihi dapat terperangkap kedalam jurang kompetitif ini. Perilau kompetitif yang seperti ini merupakan hal yang dapat merugikan ibu sendiri. Lebih sering memikirkan orang lain hingga sibuk untuk menutupi kekurangan menjadi hal yang tidak patut untuk dilakukan. Ibu Millenial perlu menyadari hal ini sehingga sosial media dapat digunakan dengan bijak.

3.Mudah baper

Membandingkan kehidupan dengan hidup orang lain akan tidak ada habisnya. Ini hanyalah menyebabkan kebaperan yang berkepanjangan. Mulai untuk menggunakan media sosial secara baik dapat menghindarkan dari sikap baper penggunanya terutama Ibu Millenial.

4.Ngomongin orang terus

Nah ini juga yang mengganggu ketika media sosial dibuat sebagai ajang untuk ngomongin orang. Menceritakan orang lain kepada orang menjadikan orang yang bersangkutan mengalamii imbas yang sangat luar biasa. Informasi akan cepat untuk tersebar terlebih Ibu Millenial juga menggunakan media sosial. Ketika seseorang telah mengajak Ibu untuk ngomongin orang, ibu perlu untuk mengingatkan dan menghindari hal tersebut. Tidak ada guna ngomongin orang terlebih tanpa tahu kebenaran dari suatu hal tersebut.

Menurut ibu sudah lebih banyak mana nih penggunaan media sosial berdampak positif atau negatif kah?