play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Wajib Dihafalkan, Ini Bunyi Doa Zakat Maal yang Benar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat Muslim, yang termasuk dalam rukun Islam keempat. Zakat berarti sesuatu yang menyucikan, baik untuk membersihkan diri (zakat fitrah) dan membersihkan harta (zakat mal).

Umroh.com merangkum, zakat berfungsi untuk membersihkan harta dari hak orang lain. Selain itu, zakat juga memiliki manfaat sebagai penghapus sifat buruk seperti kikir dan sombong dalam diri.

Baca juga: Inilah 7 Tips Bahagia Dunia dan Akhirat, Apa Saja?

Kepentingan Zakat

Zakat sangat penting bagi kehidupan seseorang. Hal ini berkaitan dengan fungsi sosial di dalamnya. Jika seseorang memberikan zakat, maka akan ada orang lain yang menerimanya. Zakat yang diberikan berupa uang atau beras atau kurma akan bisa memperbaiki taraf hidup seseorang sehingga pemerataan ekonomi pun semakin baik.

Zakat mal sendiri adalah zakat yang dikenakan atas harta (mal) yang dimiliki oleh seseorang atau lembaga dengan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku dalam hukum islam. Pendapat lain ada yang mengatakan bahwa pengertian zakat mal atau zakat harta adalah zakat tersebut yang harus dikeluarkan oleh individu, ketika harta orang tersebut telah memenuhi ketentuan nisab dan telah mencapai satu tahun.

Mau punya tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Cukup download aplikasinya sekarang juga!

Seorang Muslim yang mampu secara ekonomi, wajib menyisihkan sebagian harta yang dimiliki untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, baik melalui panitia zakat maupun didistribusikan sendiri.

Ketika kita hendak mengeluarkan zakat mal, maka hendaknya kita selalu ikhlas dalam memberikan zakat tersebut kepada orang lain. Seperti firman Allah SWT “”Dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat…” (QS. Al Baqarah:110). Ayat tersebut menjelaskan bahwa jangn pernah kita untuk meninggalkan shalat dan tidak lupa pula untuk menunaikan zakat. Termasuk diantaranya zakat mal atau zakat harta. 

Perintah menafkahkan rezeki di jalan Allah

Dalam surat Al baqarah ayat 267 Allah memerintahkan umat islam untuk menafkahkan sebagian hartanya untuk kebaikan atau dalam hal ini sebagai zakat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS Al Baqarah : 267)

Wajid Dihafalkan, Ini Bunyi Doa Zakat Maal yang Benar

Ada hak orang miskin dalam harta seseorang

Allah menyebutkan dalam surat Az Zariyat ayat 19 bahwasanya dalam harta seseorang terdapat hak orang miskin dan dalam hal ini harta tersebut harus dikeluarkan dalam bentuk zakat. 

وَفِي أَمْوَالِهِمْ حَقٌّ لِلسَّائِلِ وَالْمَحْرُومِ

Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian. (Az zariyat : 19)

Niat dan Doa Zakat Maal

Niat Zakat Maal

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكاَةَ اْللَالِ عَنْ نَفْسِيْ فَرْضًالِلهِ تَعَالَى

“Saya Niat Mengeluarkan Zakat Maal Dari Diriku Sendiri Fardhu Karena Allah Ta’ala”

Doa Ketika Mengeluarkan Zakat

أللهُمَ اجْعَلْهَا مَغْنَمًا وَلَا تَجْعَلْهَا مَغْرَمًا

“Ya Allah Jadikanlah Ia Sebagai Simpanan Yang Menguntungkan dan Jangan Engkau Jadikan Ia Pemberian Yang Merugikan.”

Punya rencana untuk pergi umroh bersama anak? Cuma di umroh.com, impian Anda akan segera terwujud!

Doa Ketika Menerima Zakat

أجَرَكَ اللهُ فِيْمَا أَعْطَيْتَ, وَبَارَكَ لَكَ فِيْمَا أَبْقَيْتَ, وَاجْعَلْهُ لَكَ طَهُوْرًا  

“Mudah-mudahan Allah Memberi Pahala Atas Apa Yang Engkau Berikan, Memberikan Berkah Atas Apa Yang Masih Ada Di Tanganmu Dan Menjadikannya Sebagai Pembersih Bagimu.”

Demikian niat dan doa dalam mengeluarkan dan menerima zakat maal. Semoga kita selalu menyisihkan sebagian harta kita untuk berbagi dengan orang yang lebih membutuhkan.

Facebook Comments