play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

10 Contoh Ibadah Mahdhah Yang Wajib Kamu Ketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com- Ibadah merupakan salah satu cara kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan melaksanakan ibadah secara tidak langsung kita telah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Ibadah Mahdhah adalah merupakan sebuah ibadah yang sudah ditentukan rukun dan syaratnya. Sehingga ibadah tidak akan sah jika ibadah tersebut dilakukan tidak berdasarkan rukunnya.

ketidaktahuan tentang pengertian atau jenis-jenis ibadah, sebagian mereka hanya fokus terhadap ibadah tertentu saja, misalnya shalat, zakat, atau puasa. Ibadah dalam agama islam dan pendapat ulama ada berbagai jenis, berikut telah penulis rangkum untuk Anda.

Baca juga : Pengertian Doa Iftitah dan Juga Keajaiban Jika Membacanya

Jenis – Jenis Ibadah

Dalam agama islam ibadah terbagi menjadi dua jenis, dengan bentuk dan sifat yang berbeda, diantaranya yaitu : ibadah Mahdhah dan ibadah Ghaida Mahdhah. Kali ini penulis akan membahas mengenai kedua ibadah tersebut, pertama kita akan bahas mengenai ibadah mahdhah. Ibadah mahdhah memiliki arti penghambaan murni, hanya merupakan hubungan antara hamba dengan Allah SWT secara langsung.

Hal tersebut ditunjukkan oleh tiga ciri diantaranya yaitu pertama, ibadah mahdhah adalah amalan dan ucapan yang merupakan jenis ibadah sejak asal penetapannya dari dalil syariat, artinya yaitu perkataan atau ucapan tersebut tidaklah bernilai kecuali beribadah. Kedua, ibadah mahdhah ditunjukkan dengan maksud pokok orang yang mengerjakannya, yaitu dalam meraih pahala di akhirat.

Dan ketiga ibadah mahdhah hanya bisa diketahui melalui jalan wahyu, tidak ada jalan yang lainnya, termasuk melalui akal atau budaya. Sedangkan ibadah ghairu mahdhah merupakan suatu ibadah dan semua bentuk amal kegiatan yang tujuannya untuk mendekati Allah SWT, namun tempat dan waktunya tidak diatur secara perinci oleh Allah SWT.

Hal tersebut ditunjukkan oleh tiga ciri diantaranya yaitu pertama, ibadah ghairu mahdhah pada asalnya bukanlah ibadah, akan tetapi berubah status menjadi ibadah karena melihat dan menimbang niat pelakunya. Kedua, untuk memenuhi urusan atau kebutuhan yang bersifat duniawi bukan untuk meraih pahala di akhirat. Dan ketiga amal perbuatan tersebut bisa diketahui dan dikenal meskipun tidak ada wahyu dari para rasul.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah!Yuk download sekarang juga!

Contoh Ibadah Mahdhah

ibadah Mahdhah

Ibadah mahdhah terdiri dari beberapa macam, berikut penulis uraikan beberapa contoh ibadah mahdhah yang senantiasa kita jalani diantaranya yaitu :

1. Wudhu

Wudhu merupakan salah satu mensuci-kan anggota tubuh dengan air. Setiap muslim diwajibkan untuk bersuci setiap akan melaksanakan sholat, karena wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat.

2. Tayammum

Suatu tindakan mensuci-kan diri dari hadas besar maupun kecil tanpa menggunakan air, dalam islam tayammum menggunakan pasir atau debu, sebagai pengganti wudhu.

3. Puasa

Umroh.com merangkum, puasa merupakan ibadah pokok yang ditetapkan menjadi salah satu rukun islam. Puasa secara bermakna menahan diri dari makan, minum dan ucapan dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan.

4. Sholat

Sholat merupakan tiang agama bagi umat muslim. Sholat  menjadi salah satu tempat kita berdoa mencurahkan segala keluh kesah. Doa juga menjadi ketenteraman jiwa bagi mereka yang menjalankannya.

5. Mandi Hadas

Mandi hadas atau mandi wajib merupakan mandi atau menuangkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan dari hadas besar, sesuai dengan syariat islam.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6. Haji

Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang dijalankan jika mampu. Ibadah haji merupakan kegiatan menziarahi ka’bah dengan melakukan serangkaian ibadah di masjidil haram dan sekitarnya, baik dalam bentuk haji ataupun umroh.

7. Umroh

Umroh merupakan serangkaian mengunjungi ka’bah dengan serangkaian khusus di sekitarnya. Perbedaan haji dengan umroh sendiri tidak ada wuquf di Arafah, berhenti di Muzdalifah, melempar jumrah dan menginap di Mina. Dengan begitu merupakan haji dalam bentuk yang sederhana yang sering disebut umroh atau haji kecil.

8. Zakat

Zakat merupakan salah satu ibadah pokok dan salah satu rukun islam, yang dapat diartikan membersihkan, bertumbuh dan berkah. Zakat sendiri ada dua macam yaitu zakat mal atau yang disebut zakat harta dan zakat diri yang dikeluarkan setiap akhir bulan ramadhan yang disebut juga zakat fitrah.

9. Adzan

Untuk mengetahui waktu sholat, Allah SWT telah mensyariatkan adzan sebagai tanda masuknya waktu sholat dan bersiap-siap untuk menunaikannya.

10. Iqamah

Iqamah merupakan salah satu ibadah mahdhah yang memiliki arti menegakkan sholat dengan dzikir tertentu.

Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Senantiasa Bersholawat

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Untuk itu jadikanlah ibadah  sebagai cara kita mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah SWT, karena semua kehidupan yang kita jalani semata-mata hanya mengharapkan keridhaan dari Allah SWT. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermafaat bagi kita semua, dan  kita senantiasa menjalankan segala ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Facebook Comments