1
Muslim Lifestyle

Tak Cuma Ibadah, Ini 11 Fakta Lain tentang Senyum

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Senyum merupakan ekspresi wajah yang muncul dengan mengembangkan bibir. Senyum juga bisa diartikan sebagai bentuk senang atau kebahagiaan. Tidak hanya itu saja, ternyata banyak fakta tentang senyum di dalam islam yang hanya sebagian orang tahu. Sebagian besar orang mungkin hanya tahu bahwa dengan senyum kepada manusia lainnya merupakan bentuk dari sebuah ibadah.

Tidak sedikit juga orang masih sulit untuk melakukan senyum ke orang lain. Hanya sifat individualis yang terus ditonjolkan di samping banyak kegiatan sekarang. Padahal, rasulullah SAW saja sangat mudah untuk menebar senyum bahkan ke banyak kaum saat menjalankan tugas menyebarkan agama islam. Selain itu, beliau juga merupakan sosok yang ramah dan dikenal baik oleh banyak kalangan.

Baca juga : Raih Kebahagiaan dengan Memperhatikan Dasar Hidup Ini

Fakta Tentang Senyum yang Harus Anda Tahu

1. Bernilai sedekah

Umroh.com merangkum, senyum bisa menjadi nilai sedekah sendiri yang diberikan oleh Allah SWT. Bersedekah tidak harus selalu dengan uang, hal yang paling ringan dan bisa anda lakukan adalah dengan tersenyum. Karena Nabi Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa dengan senyum di hadapan orang lain akan menjadi nilai sedekah untuk anda.

2. Mengamalkan sunah Rasul

Hal ini digambarkan dalam sebuah momen dimana banyak umat lain yang sangat membenci Nabi Muhammad SAW. Tapi beliau tetap menunjukkan sikap mulia dan ramah dan tidak lupa untuk menebarkan senyum kepada mereka. Nabi Muhammad SAW juga tidak membalas mereka yang benci dengannya. Karena prinsip ajaran islam pun mengacu kepada perdamaian.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Mendatangkan pahala

Banyak dari orang saat ini akan tersenyum ketika mereka bahagia, dan akan menunjukkan muka murung ketika sedang bersedih. Tidak sedikit juga melampiaskan masalahnya kepada orang di sekitarnya, tentu saja hal ini tidak patut untuk dilakukan. Alangkah baiknya jika tetap tersenyum dan menampakkan wajah ceria.

4. Meringankan beban

Setiap manusia tentu memiliki beban yang akan diterimanya masing – masing. Dan dalam menyikapinya harus dalam keadaan sabar dan ikhlas. Anda bisa melakukan ini dan terus menguatkan diri, walaupun itu terasa berat. Pasrahkan semua kepada Allah SWT dan tetap berjuang supaya bisa melewatinya, jangan membebani diri sendiri dengan terus bersedih.

5. Menjaga silahturahmi

Fakta senyum lainnya adalah bisa menjaga silahturahmi. Tentu selama menjalankan hidup manusia membutuhkan orang lain karena makhluk sosial. Untuk itu sangat penting untuk menjaga hubungan dengan teman kerja, teman sekolah, dan juga hidup bertetangga. Salah satu menjaga silahturahmi adalah dengan senyum dan menunjukkan sikap ramah.

webinar umroh.com

6. Menebar kebaikan

Salah satu kegiatan yang perlu anda tiru adalah dengan senyum dapat menebarkan kebaikan. Karena sebagai khalifah, sudah seharusnya seorang pemimpin memberikan contoh – contoh yang baik kepada umatnya. Salah satu bentuk menghargai adalah bisa dengan melakukan senyum kepada sesama tanpa memandang suku, budaya, agama, dan status sosial.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paket umroh di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

7. Menambah daya tarik

Siapa sangka dengan melakukan senyum bisa menambah daya tarik bagi seseorang. Karena dengan senyum, anda bisa memancarkan keindahan di dalam hati. Bagi yang sering tersenyum juga akan memiliki wajah yang berseri, baik, dan memiliki charisma tentu berbeda dengan orang yang cuek.

8. Meredam emosi

Setiap manusia terlahir dengan hawa nafsu, tidak hanya tertarik dengan lawan jenis saja tetapi juga tingkat emosi yang ada. Wajar rasanya jika orang tersulut emosi, namun alangkah baiknya jika meredam emosi dengan senyum. Hal ini tergolong ampuh, karena terdapat sebuah penelitian yang mengatakan dengan senyum akan mudah memproduksi hormon endorfin lebih banyak.

9. Bentuk rasa syukur

Mensyukuri nikmat yang diberikan juga bisa dengan melakukan senyum. Tentu hal ini yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW dimana harus berperilaku baik kepada setiap orang. Dan orang – orang yang hebat di mata Allah adalah mereka yang selalu tersenyum dengan hal apapun yang mereka terima. Tetap tabah dan qonaah dengan apapun yang Anda dapatkan.

10. Menularkan sifat positif

Umroh.com merangkum, dengan melakukan senyum saja bisa memberikan dampak positif kepada orang lain. karena berdasarkan penelitian orang yang bergaul dengan orang yang ramah, maka sikap orang tersebut juga bisa menjadi ramah. Aura orang yang gemar senyum akan menyebar dan berpengaruh ke lingkungan sekitarnya. Sehingga kondisi yang damai bisa saja terjadi.

11. Menjaga kesehatan

Dari segi kesehatan, ternyata senyum memberikan manfaat tersendiri. Dengan senyum, Anda bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Selain itu juga mampu menurunkan rasa sakit. Senyum juga bisa menurunkan tekanan darah yang tinggi bagi orang yang mengidap hipertensi sehingga akan lebih panjang umur.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Tidak hanya disenangi oleh Rasulullah SAW saja, senyum juga tidak sulit untuk dilakukan. Tentu saja anda harus membiasakan sikap ini. Hanya dengan senyum saja orang lain bisa berperilaku baik kepada Anda. Dan senyum yang anda berikan harus dalam keadaan ikhlas tanda ada maksud dan tujuan. Dengan begitu sudah pasti Anda akan dijauhi dari hal – hal negatif di sekitar. Anda harus pahami fakta tentang senyum yang sudah dijelaskan di atas.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.