1
Muslim Lifestyle

Bunyi Hadist soal Pacaran dalam Islam Bikin Merinding!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Di zaman yang serba modern ini kalimat pacaran sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat umum khususnya anak muda zaman sekarang, yang lebih mengenal pacaran ketimbang taaruf. Pacaran kini seolah menjadi sebuah ikatan resmi bagi dua orang manusia, yang amat di bangga-banggakan baik di kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja ataupun yang sudah berumur. Lalu apa hadist yang membahas soal pacaran ini? Berikut penjelasannya.

Pandangan Mata Dalam Islam

Berdasarkan pengamatan tim umroh.com, mata adalah salah-satu nikmat Allah ciptakan untuk dipergunakan manusia bagi kepentingannya. Yakni, untuk memandang apa yang dibolehkan Allah, dan untuk mengambil pelajaran dari apa yang kita lihat. Allah juga melarang kita untuk menggunakannya dalam sesuatu yang dilarang-Nya. Allah telah memberikan nikmat berupa mampu melihat keindahan dunia, jadi sudah seharusnya kita menggunakannya sesuai dengan apa yang diperintahkan dan menjauhi larangannya.

Baca juga: Begini Proses Mudah Lakukan Taaruf, Auto Pengen!

Penglihatanmu adalah nikmat dari Allah kepadamu. Maka, janganlah engkau menggunakan nikmat itu untuk bermaksiat kepada-Nya. Pergunakanlah dengan menundukkannya dari melihat yang haram, niscaya engkau akan beruntung. Ketahuilah, tidak ada kebahagiaan, kedamaian, kelezatan, kenikmatan, dan kebaikan bagi hati kecuali dalam ketaatan kepada Allah, menjalankan perintah-perintah-Nya, dan menjauhkan diri dari yang dilarang-Nya. Hal itu terwujud jika seseorang menempatkan Allah sebagai Tuhan dan Penciptaannya semata. Dialah sembahannya, tujuannya, dan zat yang paling dicintainya dari segala yang ada.

Benarkah Pacaran Itu Haram? 

Ya, dalam islam pacaran itu di anggap haram karena di dalam islam tidak mengenal yang namanya pacaran, islam hanya menganjurkan umatnya untuk melakukan taaruf dalam proses perkenalan dengan lawan jenis. Pacaran sendiri dianggap hanya akan membawa kita pada perbuatan zina misalnya seperti pegang-pegangan, peluk-pelukan, pandang-pandangan dan lain-lain yang tidak jelas akhirnya akan seperti apa. 

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

Hadist yang Mengatakan Pacaran Itu Haram

Pada dasarnya tidak ada hadist yang menyebutkan sama persis untuk tidak berpacaran atau pacaran itu haram, namun ada beberapa surat dan hadits yang melarang kegiatan-kegiatan yang di larang dalam ajaran islam, misalnya seperti yang terdapat dalam QS. Al Isra ayat 32 Allah SWT berfirman : 

Wa lā taqrabuz-zinā innahụ kāna fāḥisyah, wa sā`a sabīlā

Artinya : “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. Dalam surat tersebut sudah jelas bahwa Allah SWT melarang kita untuk mendekati zina apalagi sampai melakukannya, jelas-jelas lebih terlarang. Selanjutnya Rasulullah SAW bersabda :

webinar umroh.com

“Di tusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh itu lebih baik baginya dari pada menyentuh wanita yang tidak halal baginya (bukan mahramnya) HR. Ar Ruyani dalam Musnad-Nya. Meskipun kita tahu bahwa tidak semua yang berpacaran itu melakukan zina, namun tidak berlebihan juga jika kita menganggap pacaran itu mendekati zina. Zina sendiri dapat berupa zina mata, zina perkataan dan zina perbuatan.

QS. An Nuur ayat 30 yang Artinya :

 “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.

 Maksud dari ayat tersebut sudah jelas bahwa pacaran yang identik dengan pandangan, berdekatan dan lain-lain tidak sesuai dengan perintah Allah SWT, untuk itu kepada semua laki-laki beriman diharapkan dapat menjaga pandangan dan menjaga diri, hendaknya setiap lelaki mukmin mengamalkannya dengan tidak menjalankan pacaran. Salah satunya dengan tidak bertemu dengan lawan jenis berduaan saja.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket pilihan Anda cuma di Umroh.com!

Allah telah menjadikan rasa cinta dalam diri manusia baik pada laki-laki maupun perempuan. Dengan adanya rasa cinta, manusia bisa hidup berpasang-pasangan. Adanya pernikahan tentu harus didahului rasa cinta. Namun manusia harus mampu mengendalikan rasa cinta tersebut agar bisa sesuai dengan Islam dan tidak melanggar larangan Islam yaitu pernikahan bukan pacaran sebelum pernikahan.

Ketiga hadist tersebut telah menjelaskan bahwa pacaran bukan suatu jalan untuk meresmikan sebuah hubungan, justru pacaran hanya akan berujung dengan ketidakpastian. Jika ada yang mengatakan pacaran yang islami, maka itu hanya dapat terjadi setelah pernikahan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com sekarang juga!

Sebelum terlambat mari kita perbaiki diri untuk memantaskan diri agar kelak mengantarkan kita pada ridho-Nya Allah SWT. Karena pada dasarnya ajaran yang telah di ciptakan dalam syariat islam pasti lebih banyak mendatangkan manfaat dan kebaikan di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi perbaikan untuk diri kita masing-masing.