1
Muslim Lifestyle

Bikin Suram! Ini 15 Penyebab Pacaran Dilarang dalam Islam

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Pacaran sudah menjadi hal yang biasa di zaman sekarang ini, banyak yang mewujudkan rasa kasih sayang mereka dengan menjalin suatu hubungan, yang biasa disebut dengan pacaran. Islam sendiri tentunya tidak pernah mengajarkan tentang pacaran, dan tentunya islam sangat melarang untuk berpacaran karena dua orang manusia yang bersama tidak mungkin bisa terhindar dari yang namanya berdua-duaan dan pandang-pandangan. Sehingga Allah swt telah memerintahkan umatnya untuk tidak berpacaran, karena berpacaran tentunya akan mendekati perbuatan zina yang merupakan perbuatan paling tidak disukai Allah swt serta akan merugikan diri sendiri. Lantas apa apa alasannya pacaran dilarang dalam islam?

Baca juga: Begini Proses Mudah Lakukan Taaruf, Auto Pengen!

15 Penyebab Pacaran Dilarang dalam Islam

1. Membawa pada perbuatan zina

Umroh.com merangkum, sesuai dengan surat Al-Isra ayat 32, Allah SWT berfirman : “dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”. Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa Allah SWT melarang untuk pacaran dalam islam, karena hanya akan mendekatkan kita pada perbuatan zina dan dosa. Nah itulah kenapa pacaran dilarang dalam islam.

2. Menjaga pandangan

Dalam QS An-Nur ayat 30 allah SWT berfirman : “katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah SWT maha mengetahui apa yang mereka perbuat”. sudah jelas bahwa allah swt meminta umatnya untuk menjaga pandangannya, karena segala sesuatu berasal dari mata, jika mata anda sudah tercampur dengan hal yang tidak baik, maka saat itu juga hati anda pasti ikut merasakannya.

3. Rugi waktu

Pacaran hanya akan membawa kita pada kerugian, seperti halnya rugi waktu. Karena banyak waktu yang terbuang sia-sia hanya karena pacaran yang tidak jelas arahnya. Gunakanlah waktumu sebaik mungkin untuk menjalani kehidupan yang sementara ini.

4. Membangkitkan hawa nafsu

Mereka yang melakukan suatu hubungan pacaran pasti akan memancing timbulnya hawa nafsu pada masing-masing diri, bahkan hanya dengan suara lembut pun. Seperti HR imam muslim, jarir bin Abdullah ra berkata : “aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang memandang (lawan jenis) yang (membangkitkan syahwat) tanpa di sengaja. Lalu beliau memerintahkan aku mengalihkan (menundukkan) pandanganku”.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Cuma download aplikasinya di sini, dapatkan tabungan umroh sekarang juga!

5. Menghambat rezeki

Selanjutnya penyebab pacaran dilarang karena bisa menghambat rezeki. Kenapa bisa menghambat rezeki? Yaa.. karena hanya dengan melakukan pacaran Anda berarti telah melakukan perbuatan dosa, sehingga rezeki Anda pun dapat menajdi terhambat. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW : “sesungguhnya ruh qudus (jibril) telah membisikan pada batinku bahwa setiap jiwa tidak akan mati sampai sempurna ajalnya dan dia habiskan semua jatah rezekinya. Karena itu bertaqwalah kepada Allah dan perbaguslah cara dalam mengais rezeki”.

6. Menjadikan kita sering berbohong

Pacaran sering membuat kita untuk melakukan kebohongan, agar kita dapat terlihat menarik di depan pasangan kita. Walaupun berbohong itu hukumnya haram. Sehingga Allah SWT melarang umatnya uuntuk berpacaran.

webinar umroh.com
penyebab pacaran dalam islam dilarang

7. Dapat menyebabkan stress

Penyebab pacaran dilarang juga karena memberikan dampak dampak stress. Pacaran tak hanya bahagianya saja seperti di film-film, tetapi pacaran juga pasti ada permasalahan yang dapat merugikan diri Anda maupun pasanga Anda. karena pacaran akan selalu memiliki kecemasan dalam diri pasangan masing-masing, misal takut tidak di cintai lagi, takut selingkuh dan lain-lain, sehingga hal ini dapat menyebabkan orang yang pacaran menjadi lebih mudah stress.

8. Menimbulkan hal yang tidak di inginkan

Selain membawa pada zina mata, tangan maupun pikiran, pacaran yang terlalu ekstrim dapat menjerumuskan kita pada hal yang tidak di inginkan seperti hamil di luar nikah, hal seperti ini tentunya sangat di larang dalam islam, untuk itu islam melarang umatnya untuk berpacaran.

9. Masa depan suram

Bagi Anda yang memiliki hubungan pacaran, bukan tidak mungkin kelak Anda akan memiliki masa depan yang suram, kenapa? Karena kita tidak pernah tau apa yang terjadi selama kita berpacaran, bisa saja timbul hal-hal yang tidak di inginkan seperti hamil di luar nikah, jika sudah begitu secara tidak langsung masa depan kita akan hancur, karena laki-laki belum tentu akan bertanggung jawab.

10. Mendapatkan azab

Allah SWT berfirman : “Dan orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sembahan lain dan tidak membunuh jiwa yang di haramkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar dan tidak berzina dan barang siapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat hukuman yang berat yakni di lipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalamazab itu kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan”. (QS. Al-Furqon 68-70). dari ayat tersebut sudah jelas dikatakan bahwa pacaran hanya akan mendatangkan kita pada azabnya Allah SWT.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

11. Sering gelisah dan susah tidur

Keinginan untuk bertemu pasangan akan terus timbul seiring dengan dua orang manusia yang mengikat hubungannya dalam ikatan pacaran. Pikiran dan hati kita pun akan terus memikirkan sang pujaan hati yang membuat kita senantiasa gelisah dan juga sulit tidur.

12. Mengganggu interaksi sosial

Pacaran terkadang membuat waktu kita lebih tersita banyak, sehingga kita sampai tidak sempat untuk bertemu  dengan teman lain sehingga hubungan menjadi renggang. Hal ini terjadi biasanya karena nafsu yang membuat dua insan selalu ingin bersama sehingga menyita waktu yang seharusnya dapat di gunakan untuk berkumpul dengan teman maupun keluarga.

13. Menjadikan kita bodoh

Seperti yang telah di sebutkan sebelumnya bahwa pacaran dapat meningkatkan hawa nafsu, hal ini terkadang yang membuat orang selalu berfikir bodoh, tidak berfikir panjang sebelum melakukan sesuatu.

14. Sulit menerima

Biasanya orang yang berpacaran, menyebabkan sulit menerima. Kenapa? Karena otak yang sudah rusak gara-gara pacaran akan sulit untuk menerima masukan atau nasehat baik dari orang lain, yang menyebabkan hatinya mati.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com sekarang juga!

15. Dapat menimbulkan penyakit

Bukan hanya penyakit hati saja yang diperoleh dari berpacaran, tetapi penyakit fisik pun juga kita rasakan. Karena otak dan tubuh yang kelebihan hormone endofin akan menyebabkan tubuh lebih mudah terkena penyakit seperti maag, lambung, pusing dan lain-lain.

Demikian beberapa penyebab Allah SWT melarang umatnya untuk berpacaran, karena hanya akan mendatangkan mudarat serta dosa bagi kita yang menjalaninya. Semoga informasi ini dapat menjadi pelajaran dan bermanfaat untuk kita semua.