1
Muslim Lifestyle

Harus Tahu, Ini 10 Fakta Unik tentang Unta!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Unta adalah hewan khas gurun pasir yang berkuku dengan bantalan lemak yang dikenal sebagai ‘punuk’ di punggungnya. Ternyata ada dua spesies yang masih hidup dari unta yakni dromedary dan dromedarius (unta berpunuk satu) yang mendiami Timur Tengah dan daerah Gading Afrika; dan Baktria, atau unta berpunuk dua yang menghuni Asia Tengah.

Kedua spesies ini pun sudah dijinakkan. Mereka memberikan susu, daging, rambut untuk tekstil atau barang seperti kantong dikempa. Unta juga dipekerjakan sebagai transportasi manusia atau untuk mengangkut beban.

Baca juga: Ini 4 Kunci Istiqomah dalam Beribadah

Fakta Unta

Unta termasuk dalam famili Camelidae, genus Camelus, dan cocok hidup di habitat dengan iklim kering yang keras seperti padang pasir. Istilah “unta” berasal melalui Latin dan Yunani (camelus dan kamēlos). Sementara dalam bahasa Ibrani kata ini berarti berhenti, menyapih. Hal ini pun mengacu pada kemampuannya untuk bertahan tanpa makanan atau air.

Kalau menurut pendapat kebanyakan orang punuk unta menyimpan air, namun ternyata punuk unta digunakan sebagai deposit lemak. Umumnya unta diternakkan dan menjadi sumber utama dari susu, daging bahkan sebagai alat transportasi oleh banyak suku nomaden di padang pasir.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

10 Fakta Unik tentang Unta

Unta termasuk ke dalam hewan kuat yang unik. Berikut ini adalah fakta unik tentang unta yang jarang diketahui banyak orang!

1. Unta bisa mencapai 2 meter

Umroh.com merangkum, unta dewasa ternyata bisa mencapai 1,8-2 meter dengan berat 800 kg dan dapat hidup hingga 50 tahun lamanya. Masa kehamilan unta pun berlangsung antara 11-12 bulan dengan unta yang baru lahir tidak memiliki punuk.

2. Dasar kaki unta lunak

Unta memiliki dasar kaki yang lunak dan memiliki dua jari pada setiap kaki. Karena itulah unta merupakan mamalia berkuku. Kaki unta sendiri memiliki bantalan kasar sehingga memungkinkan mereka untuk berjalan di atas pasir tanpa tenggelam.

webinar umroh.com

3. Unta memiliki telinga yang kecil

Untuk ukuran hewan yang besar, kedua telinga unta cukup kecil. Namun unta memiliki pendengaran yang baik. Unta juga memiliki gigi dan rahang yang kuat. Sehingga, mulut unta tidak akan cedera saat memakan ranting berduri atau makanan yang dapat menyebabkan cedera pada hewan kebanyakan.

fakta tentang unta

4. Mata unta memiliki dua baris bulu mata lebat

Unta memiliki dua baris bulu mata yang lebat sebagai perlindungan mata dari pasir. Unta juga dapat menutup lubang hidung, telinga, dan mulut selama badai pasir untuk mencegah partikel pasir memasuki tubuh. Hidung unta bahkan memiliki kemampuan unik yakni menjebak uap air dan mengembalikan ke tubuh sehingga mencegah hilangnya air akibat respirasi.

Yuk jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paket umroh terbaiknya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

5. Unta adalah hewan herbivora

Unta merupakan salah satu hewan herbivora yang memakan rumput, gandum dan kurma. Unta dilengkapi dengan mulut dan lidah yang kuat sehingga mudah mengunyah tanaman gurun berduri.

Bibir unta memiliki belahan unik yang membantunya saat merumput. Unta juga binatang yang tahan dengan berbagai iklim atau cuaca. Punuk yang berfungsi sebagai menyimpan lemak untuk membantu mereka bertahan hidup pada iklim panas dan cuaca dingin. Bahkan, jika diperlukan, lemak pada unta itu dapat dikonversi ke dalam makanan atau air.

6. Unta jarang minum

Unta jarang minum karena seekor unta dapat memakan tanaman hijau dan memanfaatkan kandungan airnya tanpa perlu minum air lagi. Namun, unta juga mampu mengonsumsi hingga 150 liter air sekali minum.

Hal ini lantaran unta membutuhkan cairan untuk dapat bertahan hidup di padang gurun tanpa dehidrasi. Maka tak heran kalau unta mampu minum sebanyak 40 galon air.

7. Unta dapat minum air yang sangat asin

Hal ini lantaran unta mengonsumsi makanan tinggi garam. Bahkan terkadang unta peliharaan juga makan potongan garam sehingga tubuh mereka mendapatkan jumlah garam yang diperlukan.

fakta tentang unta

8. Perut unta dibagi menjadi empat ruang

Sebagai hewan pengelana di iklim keras seperti padang pasir maka tak heran unta dapat mengonsumsi banyak makanan dan minum banyak air karena unta adalah ruminansia atau hewan memamah biak.

9. Bulu unta mampu memantulkan sinar matahari

Unta yang berada di padang pasir tak akan merasa kepanasan. Mengapa? Karena bulu unta yang memiliki warna krem ​​sampai coklat, memiliki kemampuan memantulkan sinar matahari sehingga melindunginya dari terik padang pasir.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

10. Unta memiliki sel darah merah dengan bentuk berbeda

Unta merupakan mamalia. Namun sel darahnya cukup berbeda dengan sel darah mamalia lain, unta memiliki sel berbentuk oval. Bentuk sel seperti ini diketahui memungkinkan unta bisa minum sejumlah besar air tanpa takut sel darah akan membelah karena kadar air berlebih. Bentuk oval juga membantu sel-sel tetap bergerak dan mengalir saat mengalami dehidrasi.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.