1
Travel

Ingin Tahu Hotel Halal untuk Wisatawan? Ini Tempatnya!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Meningkatnya minat wisatawan muslim internasional membuat kebutuhan akan fasilitas halal bagi traveler muslim makin meningkat. Wisatawan muslim yang ingin liburan juga menyadari pentingnya menjaga shalat wajib, dan ingin memastikan kehalalan makanan untuk dikonsumsi.  Lalu bagaimana sih caranya mendapatkan hotel yang halal?

Bagi orang Indonesia, berwisata di dalam negeri (terutama di daerah yang mayoritas beragama muslim) tentu tidak sulit untuk menemukan hotel yang ramah muslim. Tetapi lain cerita jika wisatawan muslim bepergian ke luar negeri, dimana muslim masih menjadi minoritas.

Umroh.com merangkum, sekarang kesadaran akan kebutuhan layanan halal bagi wisatawan muslim semakin meningkat. Negara-negara yang menjadi destinasi wisata dunia juga mulai berlomba menyediakan layanan halal bagi wisatawan muslim, seperti hotel halal. Untuk melihat seberapa ‘ramah’ sebuah hotel terhadap kebutuhan wisatawan muslim, kita bisa mencari tahu lewat Crescentrating. 

Baca juga: Ini 20 Maskapai yang Menyajikan Menu Halal di Pesawat

Bagi para traveler muslim, halal atau tidaknya hotel bisa dilihat dari peringkat Crescentrating yang dimiliki hotel. Crescentrating adalah penyedia akreditasi hotel halal internasional yang independen. Informasi dan peringkat hotel yang mereka sediakan juga patut diperhitungkan dan bisa menjadi pertimbangan wisatawan muslim untuk memilih hotel halal di luar negeri. Crescentrating menerapkan standar yang tinggi, dan akan menilai kehalalan hotel dari kriteria berikut: 

Fasilitas Makanan Halal 

Makanan yang disediakan oleh pihak hotel juga akan menentukan tingkat halal dari sebuah hotel. Seberapa baik ketersediaan makanan halal yang ditawarkan oleh pihak hotel. Di tingkat dasar, Crescentrating akan melihat apakah ada restoran halal di sekitar hotel. Peringkat hotel akan semakin meningkat jika ada menu halal yang disediakan untuk wisatawan muslim. Selain itu, adanya menu halal di mini bar juga akan menjadi nilai tambah. 

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Rating akan semakin meningkat jika dapur yang ada telah tersertifikasi halal. Peralatan masak yang digunakan untuk memasak menu halal juga sebaiknya dipisah dari peralatan masak menu non halal. Akan lebih baik lagi jika hotel tersebut memiliki restoran yang telah bersertifikat halal. 

Peringkat tertinggi akan diraih restoran yang hanya menyediakan makanan halal. Dengan demikian, wisatawan muslim yang berkunjung ke hotel tersebut bisa leluasa menyantap makanan yang ditawarkan pihak hotel. 

webinar umroh.com

Fasilitas Ibadah 

Crescentrating juga akan melihat fasilitas shalat yang disediakan oleh pihak hotel. Hal pertama yang akan dilihat adalah adanya masjid di sekitar hotel. Peringkat hotel akan semakin baik jika hotel lewat petugas-petugasnya bisa menjawab pertanyaan seputar kebutuhan shalat dengan baik. Misalnya pertanyaan tentang arah kiblat atau waktu shalat. Jika di kamar hotel menyediakan Al Quran, sajadah, dan tabel jadwal shalat, maka penilaian terhadap kehalalan hotel akan semakin baik. 

Selain itu, tersedianya penanda kiblat di setiap kamar juga akan membuat peringkat hotel bertambah. Hotel akan semakin dipandang baik bagi wisatawan muslim jika menyediakan fasilitas khusus bagi wisatawan muslim untuk beribadah. 

Pelayanan Saat Ramadhan 

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, pelayanan yang diberikan pihak hotel kepada wisatawan muslim saat Ramadhan juga akan dinilai. Apakah pihak hotel menyediakan menu untuk membatalkan puasa, seperti kurma atau air, hingga menyediakan menu berbuka atau Iftar bagi para tamu muslim. Penilaian akan meningkat jika hotel menyediakan menu buffet khusu berbuka dan sahur. 

Crescentrating akan memberikan penilaian yang tinggi jika hotel menyediakan room service untuk makanan halal atau tersedianya restoran di sekitar hotel. Ditambah lagi jika hotel menyediakan transportasi menuju masjid terdekat. 

Aktivitas Non Halal di Hotel 

Selain melihat tingkat pelayanan halal bagi para tamu muslim, Crescentrating juga melihat tingkat aktivitas non halal. Pertama, yang akan dilihat adalah apakah ada klub malam atau kasino di dalam hotel. Penilaian akan semakin baik jika tidak ada channel dewasa tersedia di fasilitas hiburan. Hotel akan meraih nilai tinggi jika menyediakan fasilitas spa, kolam renang, dan gym yang terpisah untuk tamu wanita. 

Harga pas di kantor, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Peringkat Keramahan terhadap Muslim 

Crescentrating memberikan peringkat tentang keramahan hotel terhadap wisatawan hotel dengan melihat kesigapan staf hotel membantu kebutuhan tamu muslim, akomodasi yang disediakan untuk tamu muslim, pengkhususan menu untuk tamu muslim.  

1. Peringkat 1-3 

Hotel tersebut dinilai cukup sigap membantu kebutuhan wisatawan muslim. Pihak hotel mampu menyediakan informasi terkait waktu shalat, arah shalat, serta mampu memberikan informasi tentang makanan dan masjid yang ada di dekat hotel. Akan tetapi, hotel dengan peringkat ini tidak menyediakan makanan halal untuk wisatawan muslim. 

2. Peringkat 4 

Hotel dengan peringkat 4 mampu menyediakan informasi tentang waktu shalat, arah shalat, restoran halal terdekat, dan masjid yang ada di sekitarnya. Mereka juga menyediakan menu halal secara khusus, misalnya menu sarapan halal atau room service makanan halal. Mereka juga mengklaim telah menyediakan makanan halal. Akan tetapi, keterangan tersebut belum diverifikasi secara resmi oleh otoritas yang berperan memberikan sertifikasi makanan halal. 

3. Peringkat 5 

Dengan peringkat 5, berarti hotel mampu menyediakan informasi mengenai waktu shalat, arah shalat, serta masjid dan restoran halal terdekat. Hotel dengan peringkat 5 Crescentrating juga memiliki dapur yang bersertifikasi halal, demikian juga restoran yang bersertifikasi halal. Pengecualian untuk hotel-hotel yang ada di Timur Tengah. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

4. Peringkat 6-7 

Peringkat tertinggi ini dipegang oleh hotel yang mampu menyediakan fasilitas dan layanan bag para wisatawan muslim, atau wisatawan yang sadar akan kebutuhan layanan halal. Hotel dengan peringkat ini juga hanya menyediakan makanan dan minuman halal, serta fasilitas yang ramah bagi keluarga muslim. 

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.