play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

Hukum Doa Berjamaah yang Wajib Umat Muslim Ketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com- Selain menjalankan sholat fardhu, umat muslim disarankan untuk senantiasa selalu berdoa kepada Allah SWT. Doa secara harfiah dapat diartikan sebagai suatu permohonan atau permintaan. Doa sendiri menjadi salah satu ibadah yang dilakukan umat muslim. Doa juga dapat dilakukan secara bersama-sama (berjamaah) ataupun sendiri-sendiri. Terdapat hukum doa berjamaah yang bisa Anda lakukan dan juga bisa dilakukan para umat muslim.

Sebagai seorang muslim kita harus percaya dan yakin dengan yang namanya kekuatan doa, karena semakin banyak kita berdoa, maka insyaallah semakin yakin pula doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca juga : Amal Tak Diterima, Ini Syarat Wakaf yang Harus Terpenuhi

Doa Sebagai Kekuatan

Manusia merupakan makhluk sosial yang diciptakan oleh Allah SWT. Manusia diciptakan Allah SWT dengan segala kekurangan dan juga kelemahan. Oleh karena itu kita sebagai umat muslim senantiasa membutuhkan pertolongan dari Allah SWT, karena percayalah bahwa Allah SWT akan selalu menolong Anda dalam setiap kesulitan yang Anda hadapi. Namun pertolongan itu tidak selalu datang secara tiba-tiba, kita harus meminta dan memohon kepada Allah SWT dengan cara berdoa.

Kenapa harus dengan berdoa? Tentunya karena doa merupakan sumber kekuatan bagi setiap umat muslim dalam menjalankan segala aktivitas di dunia. Karena siapapun yang yakin dengan kekuatan doa, insyaallah sesuatu yang tidak mungkin terjadi akan menjadi mungkin. Hal tersebut atas kehendak dan izin dari Allah SWT sang maha pencipta dan kuasa atas segala hal. Sesuai dengan firman Allah SWT yang berbunyi :

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

“wa qoola robbukumud’uuniii astajiblakum, innallaziina yastakbiruuna’an ‘ibaadatii sayadkhuluuna jahannama daakhiriin”, yang artinya :“berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku perkenankan bagimu, sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina ”. (Al-Mukmin : 60).

Dari firman tersebut sudah jelas bahwa Anda patut berdoa dalam keadaan apapun baik itu senang maupun susah, karena barang siapa yang bersungguh-sungguh dalam memanjatkan doa, insyaallah akan Allah SWT kabulkan doanya dan jangan pernah Anda menyerah untuk meminta dan memohon kepada Allah SWT, karena sesungguhnya Allah maha mendengar dan mengetahui apa yang kita pinta.

Hukum Doa Berjamaah

Sholat berjamaah atau dalam bahasa arab dikenal dengan sholatul jama’ah, merupakan aktivitas sholat yang dilakukan secara bersama-sama dan menjadi salah satu ladang pahala bagi setiap umat muslim yang menjalaninya. Sholat ini dilakukan oleh minimal dua orang dengan salah satu menjadi imam (pemimpin) dan yang lainnya menjadi makmum.

Segera dapatkan paket umroh menarik hanya di Umroh.com!

Umroh.com merangkum, masih banyak dari umat muslim dalam setiap melaksanakan sholat berjamaah, kemudian senantiasa melakukan doa berjamaah pula yang biasanya di pimpin oleh imam sholat, kegiatan seperti ini tentunya sudah sering kita temui di banyak tempat ibadah khususnya di negara kita yaitu Indonesia. Padahal tahukah Anda bahwa Rasulullah SAW tidak pernah mencontohkan membaca doa bersama-sama (berjamaah)?

Rasulullah SAW pun pernah berbicara pada Muadz bin Jabal “janganlah kamu melupakan untuk mengucapkan di ‘dubur’ setiap sholat : Alaahumma ainnii’alaa dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatik” (ya Allah, bantulah aku untuk berdzikir dan bersyukur kepada-Mu serta beribadah kepada-Mu dengan baik)”.

(HR. Ahmad, Abu Daud dan Nasal). Lantas bagaimana hukum doa yang dilakukan berjamaah? Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW bahwa melakukan doa berjamaah setelah sholat berjamaah hukumnya yaitu bi’dah maksudnya yaitu perbuatan yang di kerjakan tidak menurut contoh yang sudah di tetapkan. Hal tersebut sebenarnya tidak dilarang namun juga tidak di sarankan pula, kenapa?

Tentunya karena hal itu tidak pernah di contohkan oleh Rasulullah SAW, selain itu kebutuhan dan keinginan setiap umat manusia itu berbeda-beda pula tentunya. Jadi bagaimana, sudah paham bukan hukum dari melaksanakan doa secara berjamaah? Jika sudah, tentunya hal yang perlu kita ingat bahwa baik berdoa berjamaah ataupun sendiri-sendiri kita harus senantiasa berdoa kepada Allah SWT, entah itu dalam keadaan sulit maupun senang.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

dzikir ketika masuk pasar

Karena kekuatan doa sungguh amat luar biasa manfaatnya bagi kita yang senantiasa bersungguh-sungguh meminta dan juga memohon kepada sang pencipta Allah SWT. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua dan tentunya senantiasa dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Facebook Comments