1
Doa

Pengertian Doa Iftitah dan Juga Keajaiban Jika Membacanya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Sholat merupakan salah satu rukun islam dan suatu kewajiban bagi umat muslim yang harus di jalani setiap harinya. Dalam setiap sholat baik itu sholat wajib maupun sunnah  kita senantiasa membaca doa. Salah satunya yaitu doa iftitah, kenapa harus doa iftitah? karena setiap doa iftitah mengandung harapan berupa doa yang di panjatkan kepada Allah SWT. Perlu Anda ketahui juga mengenai pengertian doa iftitah, dan bukan tanpa keajaiban juga di dalam ayatnya.

Doa iftitah memiliki berbagai macam bacaan, ada yang panjang ada juga yang pendek. Antara kalangan NU (Nahdatul Ulamah) dan Muhammadiyah pun berbeda bacaannya. Namun sebelum membahas macam-macam doa iftitah, terlebih dahulu kita bahas mengenai pengertian doa iftitah, sudah pahamkah Anda apakah itu doa iftitah? Jika belum mari kita simak penjelasan seputar doa iftitah berikut ini.

Baca juga : Perlu Tahu! Seperti Ini Jawaban Ucapan Masyaallah

Pengertian Doa Iftitah

Doa iftitah merupakan doa dalam sholat yang biasa di baca setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca surat Al Fatihah. Iftitah berasal dari kata ‘fataha’ yang artinya yaitu pembukaan, inilah sebabnya doa iftitah diletakkan di awal. Doa iftitah sendiri biasa di baca oleh imam ataupun makmum baik pada saat sholat berjamaah ataupun sholat sendiri.

Membaca doa iftitah hukumnya sunnah, karena hukumnya sunnah maka untuk yang membaca doa ini dalam sholatnya akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan tidak berdosa. Namun karena sudah termasuk rukun sholat sesuai yang diajarkan Rasulullah SAW maka sholat tidak sempurna rasanya jika tanpa membaca doa iftitah di dalamnya. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi :

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

“sholat seseorang tidak akan sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah SWT dan menyanjunginya kemudian membaca Al Quran yang mudah baginya”. (HR. Abu Daud dan Hakim).

Bagi Anda yang melewatkan membaca doa iftitah ini di dalam sholat dengan tanpa sengaja atau karena lupa, maka di anjurkan untuk melakukan sujud sahwi di akhir sholatnya. Walau demikian sebagian ulama berpendapat bahwa tidak melakukan sujud sahwi juga tidak apa-apa karena ini hukumnya sunnah.

Keajaiban Dari Membaca Doa Iftitah

Tahukah Anda bahwa di langit terdapat pintu-pintu yang dalam waktu tertentu dapat terbuka dan juga tertutup?  Jika pintu itu terbuka maka keistimewaannya adalah Allah SWT akan mengabulkan setiap doa yang kita panjatkan. Lantas kapan waktu yang tepat pintu itu terbuka? Yaa waktu tersebut yaitu ketika hujan, dikumandangkannya adzan dan sebelum sholat dzuhur.

webinar umroh.com

Namun selain waktu tersebut ada cara lain yang dapat membantu Anda untuk membuka pintu langit, caranya sangat mudah yaitu hanya dengan membaca doa iftitah. Doa yang tidak asing lagi bagi seluruh umat muslim karena senantiasa kita ucapkan pada rakaat pertama setiap sholat yang kita jalani.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Dalam hadits riwayat imam muslim mengungkapkan bahwa doa iftitah berawal dari kisah Rasulullah SAW yang sedang menjalankan sholat berjamaah dengan para sahabatnya. Ada seorang pria yang membaca serangkaian doa setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca Al Fatihah. Pria ini membaca sedikit keras sehingga terdengar Rasulullah SAW. Bacaan tersebut memiliki arti

sesungguhnya Allah SWT maha besar, segala puji hanya bagi-Nya dengan pujian yang banyak. Maha suci Allah SWT di pagi dan petang hari”. Ternyata Rasulullah SAW mendengar doa yang di baca tersebut kemudian bertanya kepada para sahabat beliau : “siapa yang tadi mengucapkan kalimat ini dan ini?” Rupanya beliau mendengar doa itu. “saya ya Rasulullah”, jawab sahabat tadi. Lantas Rasulullah SAW bersabda : “aku takjub dengan doa itu. Pintu-pintu langit di buka karenanya”. (HR. Imam Muslim).

Umroh.com merangkum, semenjak itu doa iftitah menjadi salah satu rukun sah dalam menjalankan sholat. Setelah membaca penjelasan tersebut dan telah mengetahui pengertian serta keajaiban yang dapat Anda rasakan dari membaca doa iftitah tentunya membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menjalankan ibadah sholat lima waktu tepat pada waktunya.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Hukum Menjamak Sholat Jumat Dengan Ashar

Mengingat begitu banyak manfaat yang bisa kita rasakan nantinya, walaupun sholat sesungguhnya telah menjadi kewajiban kita sebagai umat muslim, untuk bekal di akhirat nanti. Semoga informasi yang di sampaikan dapat memberikan manfaat dan juga kebaikan untuk kita semua.