1
Motivasi

Ingin Lebih Disiplin, Terapkan 5 Cara Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Disiplin sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Untuk mencapai keberhasilan di bidang apapun, ada banyak hal yang harus dilakukan. Beragam langkah harus dijalani untuk mencapai tujuan sukses kita. Tanpa disiplin, kita tidak tergerak untuk melakukan hal yang harus kita lakukan tersebut.

Jika disiplin masih terasa berat, coba sederhanakan dengan 5 cara ini.

Membagi Tujuan

Setiap orang harus memiliki tujuan besar agar lebih terpacu untuk produktif. Namun, tujuan yang besar terkadang bisa membuat seseorang merasa kewalahan, sehingga merasa tidak bisa mencapainya. Akibatnya, seseorang cenderung menunda dan tidak produktif.

Jika tujuan yang besar membuat kita terhenti dan tidak memiliki bayangan untuk mencapainya, cobalah untuk memecahnya menjadi tujuan-tujuan kecil yang lebih mudah dijangkau. Dengan memecah tujuan besar menjadi tujuan yang lebih kecil, kita jadi lebih mudah melihat apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Kita jadi lebih tahu apa yang harus dilakukan setiap hari, sehingga tidak ada alasan untuk menunda melakukan sesuatu.

Tetapkan Prioritas

Agar lebih disiplin, kita harus mengetahui mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Dengan demikian, kita tidak hanya sibuk, namun juga menghasilkan hal-hal yang produktif.

Terkadang, kesibukan sehari-hari lebih banyak diisi dengan hal-hal yang tidak produktif. Inilah yang membuat kita terkesan kurang disiplin, karena lebih sering mengerjakan hal-hal yang bukan prioritas. Tentukan hal-hal prioritas yang harus kita kerjakan, dan fokuslah untuk menyelesaikannya.

 Tidak Menunda

Menjadi seseorang yang disiplin berarti tahu apa yang harus dilakukan walaupun sedang tidak ingin melakukannya. Orang yang disiplin selalu memaksa tubuhnya untuk bergerak dan melakukan tugas-tugas yang harus dilakukannya.

Kita bisa memilih mau melakukan tugas yang lebih sulit dulu atau lebih mudah dulu. Ada orang yang lebih senang mengerjakan tugas yang lebih sulit, karena tugas-tugas berikutnya akan terasa lebih mudah. Namun, ada juga orang yang lebih suka mengerjakan hal yang mudah terlebih dahulu karena akan memberi sensasi pencapaian yang membuat kita lebih bersemangat.

webinar umroh.com

Apapun pilihan Anda, pastikan untuk selalu bergerak melakukan langkah mencapai tujuan. Perlahan, tubuh akan terbiasa untuk disiplin.

Mengatur Waktu

Disiplin sangat erat kaitanya dengan waktu. Seseorang yang disiplin berarti bisa memanfaatkan waktu dan tidak menghabiskannya untuk hal-hal yang percuma. Orang yang disiplin selalu berusaha menggunakan waktu dengan bijak.

Agar kita lebih disiplin, cobalah untuk mengatur waktu dengan membuat jadwal yang bisa kita patuhi. Pastikan jadwal tersebut berisi kegiatan-kegiatan prioritas, namun tetap disesuaikan dengan kemampuan kita. Jadwal dan waktu yang teratur akan membuat kita terbiasa disiplin dan lebih produktif.

Cobalah mematuhi jadwal tersebut tanpa putus, paling tidak selama 40 hari. Nantinya, kita akan lebih mudah memiliki gaya hidup yang disiplin.

Berkomitmen

Kedisiplinan sangat erat dengan komitmen. Ketika telah berkomitmen, kita bersedia melakukan hal-hal yang memang harus kita lakukan. Komitmen membuat seseorang menjadi lebih disiplin. Komitmen yang dimiliki akan memaksa seseorang berusaha mengelola emosi dan keinginannya. Inilah yang membuatnya bisa menentukan hal apa yang harus dilakukannya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.