1
Tips Travel

Ingin Liburan? Rencanakan dengan 5 Langkah Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Siapa yang tidak ingin berlibur ke tempat-tempat indah dan menarik? Berlibur untuk menyegarkan pikiran memang lebih enak jika dilakukan ke tempat yang jauh. Pemandangan yang asing namun indah membuat pikiran seketika segar sehingga penat jadi hilang.

Namun, berlibur ke tempat yang jauh membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika kita berencana mengajak keluarga. Jauh dan mahal bukan berarti tidak mungkin. Lakukan 5 langkah ini agar bisa mendatangi destinasi liburan impian Anda.

Tentukan Tujuan

Langkah pertama untuk mewujudkan liburan impian adalah dengan membuat rencana. Tentukan destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi, lalu tulis di atas kertas. Menulis di atas kertas adalah langkah yang penting. Para ilmuwan menjelaskan bahwa tujuan yang ditulis akan lebih mudah melekat di benak, hingga kemudian mudah dicapai.

Mengetahui dan menulis tujuan wisata bisa membuat kita mengetahui apa yang harus dilakukan agar bisa menuju ke sana. Mulai dari memperhitungkan biaya, hingga membuat rencana perjalanan.

Cari Informasi

Gali lebih dalam mengenai destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi. Cari informasi mengenai objek wisata yang menarik di sana, tempat menginap, akses ke tempat wisata, dan kemudahan transportasi dan akomodasi.

Perhitungkan Anggaran

Cari juga informasi mengenai berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengunjungi tempat wisata impianmu. Mulai dari transportasi dari rumah, perlengkapan yang harus dibawa, biaya transport menuju tempat wisata, biaya makan, biaya membeli buah tangan, dan anggaran lain yang diperlukan. Kita juga harus mulai menentukan, mau berwisata sendiri atau bersama keluarga, ditangani sendiri atau menggunakan jasa agen perjalanan.

Total biaya yang diperlukan akan menjadi target biaya yang harus dikumpulkan. Akan lebih baik jika melebihkan anggaran, karena pasti akan ada kenaikan harga di masa depan.

Siapkan Rencana Cadangan

Akan ada hal-hal yang terjadi di luar dugaan. Semua rencana yang sudah disusun bisa berganti jika memang ada hal mendesak. Di awal, memang kita harus memperhitungkan masak-masak dan detail. Namun kejadian di luar dugaan tidak bisa diprediksi. Siapkan rencana cadangan untuk segala aspek yang telah disiapkan. Misalnya memiliki beberapa alternatif tempat menginap, mencari informasi beberapa jenis transportasi di tempat tujuan, melihat alternatif destinasi wisata, dan sebagainya.

webinar umroh.com

Berhemat di Perjalanan

Saat membuat rencana, memang disarankan untuk melebihkan anggaran. Namun saat berlibur, usahakan menghemat pengeluaran. Selagi ada pilihan yang lebih murah saat di lokasi, pilih yang termurah. Misalnya dengan menawar souvenir, memilih transportasi yang terjangkau bukan yang mewah, mencari kuliner lokal yang enak daripada harus makan di restoran mahal, dan sebagainya.

Menghemat pengeluaran sangat penting agar kita tidak kewalahan jika ada pengeluaran mendadak saat liburan. Berkat penghematan-penghematan yang dilakukan, kita masih memiliki simpanan jika hal di luar dugaan terjadi.

Namun perlu diingat, saat menghemat jangan sampai membuatmu atau keluarga susah. Karena tujuan liburan adalah untuk menyenangkan keluarga dan menghibur diri. Jadi jangan sampai terlalu menghemat sehingga tidak bisa menikmati liburan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.