1
Motivasi

Ingin Mengubah Mindset? Bisa. Ini Caranya.

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mindset bisa membentuk pikiran, dan pikiran kita bisa membentuk realita yang akan kita alami dalam kehidupan. Mindset atau pola pikir bisa diibaratkan sebagai “cetakan” yang akan menentukan cara berpikir. Misalnya jika kita memiliki mindset yang positif, maka pikiran-pikiran yang kita hasilkan akan lebih positif. Manfaatnya, kita juga akan lebih positif dalam menghadapi situasi dan berperilaku.

Contoh lainnya jika kita mempunyai mindset untuk terus bertumbuh (growth mindset), maka kita akan berpikir bahwa setiap tantangan adalah salah satu cara untuk belajar dan meningkatkan kualitas diri. Kita akan menyikapi tantangan menjadi sesuatu yang menyenangkan, karena kita berharap ada hikmah yang bisa kita petik, dan akan memperkaya kita secara pribadi.

Namun jika kita memiliki mindset yang negatif, maka kita akan lebih mudah berpikir negatif. Kita dan memandang setiap tantangan atau perubahan sebagai hal yang tidak menyenangkan. Akibatnya, cara kita menyikapinya juga menjadi negatif. Misalnya dengan cara komplain, mengeluh, menjelek-jelekkan, atau mencari kesalahan orang lain.

Menentukan Cara Memandang Situasi yang Sedang Kita Hadapi

Dalam hidup, kita menghadapi beragam peristiwa di hadapan kita. Cara kita memandang peristiwa tersebut sangat dipengaruhi oleh mindset yang kita miliki. Jika kita menganggap bahwa semua peristiwa tidak menyenangkan adalah hambatan dalam mencapai tujuan, maka kita akan merasakan kesulitan saat menghadapinya.

Sementara jika kita menganggap bahwa setiap peristiwa tidak menyenangkan sebagai hal yang bisa memotivasi dan meningkatkan kualitas diri, maka kita akan lebih mudah dan lebih ringan dalam menghadapinya.

Merancang Pola Pikir yang Ingin Kamu Miliki

Setelah mengetahui pentingnya mindset bagi kehidupan, kita bisa memahami bahwa jika ingin memiliki kehidupan yang positif dan menyenangkan, maka kita harus memiliki mindset yang positif. Ada beragam cara yang bisa kita lakukan untuk merancang pola pikir yang ingin kita miliki.

Cara yang pertama adalah dengan menulis jurnal. Jurnal merupakan catatan yang kita buat tentang segala hal yang kita amati. Dari jurnal yang kita buat, kita bisa mengamati trend, sekaligus mengamati cara kita memandang situasi. Jadi kita akan lebih mudah melihat pola dari cara kita berpikir, dan menentukan cara yang tepat untuk merubah pola pikir kita.

Misalnya setelah menulis jurnal, kita melihat bahwa kita menjadi lebih positif Jika bertemu teman-teman yang juga positif. Atau kita lebih positif ketika menghabiskan waktu sendiri dan merenung. Jurnal akan membantumu mengenali dirimu, sehingga membantu menentukan cara merubah pola pikir.

webinar umroh.com

Banyak Memikirkan Hal Positif

Pikiran sama seperti otot yang harus dilatih. Agar kita memiliki pikiran dan mindset yang positif, kita harus membiasakan diri untuk berpikir positif. Latihlah untuk berpikir positif setiap hari dengan mencari sisi positif dari setiap hal yang kita alami atau kita lihat. Sering-seringlah mengapresiasi hal baik yang kamu terima.

Mendengarkan Cerita Orang Lain

Orang lain bisa jadi memiliki kisah-kisah inspiratif yang mampu mengubah mindset kita. Jika kita ingin mendapatkan suntikan inspirasi untuk mengubah mindset, cobalah untuk banyak-banyak mendengar cerita dari orang lain. Kita bisa mendengarkan cerita inspiratif dari orang-orang hebat di YouTube, podcast, atau berbicara dengan orang-orang yang telah kita kenal. Cerita-cerita mereka bisa membantu kita untuk melihat sisi lain dari dunia, yang mungkin belum kita ketahui.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.