1
Parenting

Ini Alasan Anak Harus Diberi Tanggung Jawab Pekerjaan Rumah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Tanggung jawab memang harus diajarkan pada anak sejak kecil. Salah satu cara mengajarkan tanggung jawab pada anak adalah dengan memberinya tugas dalam pekerjaan rumah tangga. Ketika anak sudah mulai bisa diajak berkomunikasi, cobalah untuk memberikannya tugas rumah tangga yang sesuai dengan kemampuannya. Dimulai dari memakai baju sendiri, mencuci piring sendiri, hingga membantu orangtua menjaga kebersihan rumah.

Melatih tanggung jawab anak lewat pekerjaan rumah tangga memberikan banyak manfaat, baik bagi orangtua, maupun bagi anak. Di bawah ini adalah 6 manfaat dari pekerjaan rumah tangga yang dilakukan oleh anak.

Membuat Anak Menjadi Bagian dari Keluarga

Tanggung jawab yang diberikan pada anak membuatnya merasa berkontribusi pada keluarga dan pada rumah tangga. Ini akan membangun rasa memiliki di dalam diri anak terhadap keluarga.

Memberikan Kepuasan Tersendiri pada Anak

Anak yang diberi tanggung jawab mengerjakan tugas rumah tangga biasanya akan memiliki kepuasan atas tugas yang telah dilakukannya. Walaupun tugasnya terbilang sederhana, namun ketika mereka berhasil melakukan tugas tersebut, ada rasa bangga dan puas dalam dirinya ketika ia berhasil menyelesaikan tugas dari orang tua. Ini akan membentuk konsep diri positif pada anak, sehingga ia lebih percaya diri.

Melatih Anak untuk Memiliki Kemampuan Hidup

Tugas-tugas dalam rumah tangga, seperti menyapu, mencuci piring, mengepel, adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh manusia untuk menunjang kehidupannya. Mempelajari kemampuan tersebut sejak dini akan membuat anak mengembangkan kemampuan tersebut. Nantinya, anak akan lebih mudah beradaptasi ketika suatu hari nanti harus hidup mandiri dan terpisah dari orang tuanya.

Menciptakan Rutinitas bagi Anak

Tanggung jawab yang harus dikerjakan anak, misalnya menyiram bunga setiap sore, adalah rutinitas yang harus dilakukan setiap hari. Rutinitas yang dimiliki tersebut memiliki dampak positif agar anak tahu apa yang harus dilakukannya, ketimbang menghabiskan waktu di depan layar gadget setiap saat.

Anak akan Merasa Dipercaya

Dipercaya adalah salah satu perasaan yang menyenangkan bagi kita, termasuk bagi anak. Anak-anak, yang diberi tanggung jawab untuk melakukan sesuatu bagi rumahnya, akan merasa dipercaya oleh orang tuanya. Kepercayaan dari orang tua, serta rasa dipercaya pada anak akan menciptakan hubungan baik antara orangtua dan anak.

Mengajari Anak tentang Proses Hidup

Lantai tidak serta-merta bersih sendiri, harus ada seseorang yang menyapunya. Bunga-bunga di halaman rumah tidak akan serta merta subur dan berbunga indah, tanpa ada orang yang menyiraminya setiap sore. Memberikan tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan rumah tangga akan membuat anak belajar bahwa ada proses terhadap segala sesuatu.

webinar umroh.com

Ini akan membuat mereka belajar tentang kehidupan lewat jalan sederhana, serta mendidik mereka agar tidak menjadi anak-anak yang suka berbuat seenaknya. Anak-anak yang belajar bekerja akan tahu sulitnya melakukan pekerjaan, sehingga ia tidak akan semena-mena terhadap hasil kerja orang lain.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.