1
Motivasi Tips

Ini Cara Jitu dan Cepat untuk Mempelajari Sesuatu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Belajar tidak kenal usia. Kegiatan tersebut harus dilakukan, bahkan hingga seseorang menutup mata. Sebagian orang, yang menganggap dirinya tidak lagi muda, seringkali enggan belajar karena mengaku kemampuannya tidak sebaik saat masih muda. Padahal, kita bisa belajar apapun, kapanpun. Tidak ada kata terlambat. Agar bisa mempelajari sesuatu lebih mudah dan cepat, lakukan hal di bawah ini.

Mencatat dengan Kertas

Teknologi banyak membantu manusia, termasuk dalam soal belajar. Jika dahulu kita belajar dan mencatat dengan kertas dan pena, kini peran tersebut digantikan dengan handphone atau laptop. Padahal mencatat di kertas dengan pena merupakan salah satu cara belajar dengan cepat, lho.

Penelitian para ilmuwan menunjukkan bahwa melakukan cara ‘kuno’ ini bisa membantu kita memproses dan mempertahankan informasi yang masuk ke otak. Menulis dengan kertas membantu kita memahami permasalahan secara menyeluruh. Dengan begitu, mereka yang menulis dengan tangan relatif belajar lebih banyak.

Selain itu, menuliskan sesuatu dengan kalimat sendiri membantu kita mengingat lebih mudah.

Mengajarkan kepada Orang Lain

Mengajarkan ilmu yang kita dapat kepada orang lain, atau bertindak seolah-olah sedang mengajar, bisa membuat kita lebih mudah memahami dan mengingat. Penelitian yang dilakukan oleh Washington University mengungkapkan hal tersebut. Ketika kita mengajarkan ilmu kepada orang lain, kita akan menggali permasalahan atau ilmu lebih dalam. Kita juga lebih ‘akrab’ dengan ilmu yang sedang diajarkan.

Tidur di Antara Dua Sesi Belajar

Ketika sedang belajar sesuatu, sempatkan tidur di sela-sela waktunya. Penelitian menunjukkan ada kaitan erat antara tidur dan belajar. Ketika kita memejamkan mata, tindakan tersebut memiliki peran penting bagi otak untuk mengingat sesuatu. Lebih lanjut lagi, tidur yang dalam atau nyenyak bisa memperkuat memori seseorang, jika dilakukan dalam waktu 12 jam setelah mempelajari ilmu baru. Mereka yang mendapatkan waktu tidur yang cukup juga memiliki performa yang lebih baik.

Mempelajari Sesuatu secara Bertahap

Mempelajari ilmu dengan membaginya dalam jadwal-jadwal singkat bisa membantu proses belajar lebih mudah, dibanding mempelajari sekaligus dalam satu waktu. Para ilmuwan mengibaratkan belajar ibarat memelihara lahan rumput. Jika kita ‘menyiraminya’ lebih sering, maka akan menjaga rumput tetap hijau. Dibanding jika kita menyiraminya sekaligus, lalu meninggalkannya selama berhari-hari.

Cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengulang kembali materi yang sedang dipelajari, dua hari setelah kita mendapat informasi tersebut. Ulangi langkah tersebut dengan jeda yang lebih lama. Ini akan membantu mengirimkan sinyal yang lebih kuat ke otak, sehingga mampu menahan informasi lebih lama.

webinar umroh.com

Memodifikasi Cara Belajar

Ketika sedang belajar atau berlatih sesuatu, tidak heran jika seseorang akan mengikuti langkah sesuai dengan yang diajarkan oleh instruktur. Namun, saat mempelajari kemampuan motorik baru, kita bisa memodifikasi cara belajar menjadi sedikit lebih berbeda. Gunakan teknik belajar yang berbeda, sesuai versimu, untuk mempelajari ilmu yang sama. Dengan begitu, kemampuan motorik akan lebih kuat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.