1
Motivasi Tips

Ini Cara Menjaga Mood Agar Tetap Produktif

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mood adalah komponen penting dalam yang bisa mempengaruhi produktivitas kita. Ketika mood jelek, kita akan merasa tidak bersemangat, seakan tidak memiliki energi untuk melakukan hal yang lebih. Sebaliknya, ketika mood baik, kita jadi bersemangat dan seakan bisa menaklukkan dunia.

Mood sejatinya bukan sesuatu yang harus kita terima apa adanya. Karena mood sebenarnya dipengaruhi oleh hal-hal yang ada di sekeliling kita. Kita juga bisa mengusahakan mood yang baik dan bersemangat sepanjang hari. Berikut ini adalah cara untuk menjaga mood agar tetap baik sepanjang hari.

Konsumsi Sarapan Bergizi

Mood yang memburuk biasanya disebabkan karena level energi yang menurun. Usahakan untuk mengawali hari dengan sarapan bergizi. Pilihlah menu sarapan sarat vitamin dan protein, seperti sarapan dengan buah dan sayur. Ini akan membantu menjaga agar mood tetap baik sepanjang hari.

Biarkan Sinar Matahari Masuk

Saat bangun pagi, selalu buka gorden di rumah agar sinar matahari bisa masuk. Sinar matahari bisa memberikan energi, sehingga kita merasa lebih segar, dibandingkan ketika kita membiarkan ruangan tampak gelap sepanjang hari.

Merapikan Tempat Tidur Setiap Pagi

Tempat tidur yang rapi bisa memberikan sensasi semangat dan level energi yang tinggi. Pemandangan tempat tidur yang rapi bisa membuat mata kita menjadi lebih segar, sehingga mood juga jadi lebih baik. Coba bandingkan jika kita menyaksikan tempat tidur yang berantakan di pagi hari, dan ketika pulang beraktivitas juga menyaksikan tempat tidur yang masih berantakan.

Jangan Biarkan Sampah Menumpuk

Selalu bersihkan rumah agar tampak segar dan bersih sampah yang menumpuk. Lantai yang kotor, serta cucian kotor yang menumpuk, bisa menimbulkan pemandangan tidak menyenangkan sehingga mempengaruhi mood kita. Ketika rumah (atau kantor) bersih, kita akan merasa lebih bersemangat dan mood juga lebih baik.

Minum Banyak Air

Tubuh yang kekurangan cairan akan terasa lebih lemas dan tidak bertenaga. Ini bisa membuat kita menjadi tidak bersemangat dan mood jadi terasa menurun. Akibatnya, kita jadi malas beraktivitas dan menjadi kurang produktif. Upayakan selalu mengkonsumsi cairan yang cukup agar terjaga dan kita selalu bersemangat.

Lakukan Ibadah Sunnah dan Wajib

Untuk menjaga mood, kita sebaiknya selalu melaksanakan ibadah shalat wajib serta sunnah, seperti Sholat Dhuha atau Qobliyah dan Ba’diyah. Ibadah-ibadah tersebut menjadi saat bagi kita untuk berkomunikasi dengan Allah, dan mencurahkan segala permasalahan yang kita hadapi selama beraktivitas. Ini akan membuat kita menjadi lebih tenang, serta lebih bersemangat, karena telah mencurahkan permasalahan kepada Allah Yang Maha Kuasa.

webinar umroh.com

Tulis Jurnal

Menulis jurnal memiliki efek yang baik bagi jiwa. Tulislah jurnal setiap hari untuk memperbaiki mood. Paling tidak, kita bisa menulis pencapaian apa saja yang telah kita lakukan dalam satu hari. Ini akan membuat kita merasakan sensasi keberhasilan, karena melihat ada output yang telah kita lakukan sepanjang hari. Agar mood terjaga, siapkan buku catatan kecil di dekat kita. Tuliskan pekerjaan apa saja yang telah dilakukan dengan baik selama satu hari.

Jauhi Orang-Orang yang Negatif

Orang-orang yang memiliki pandangan negatif bisa mempengaruhi mood seketika. Ucapan yang dilontarkan atau perilaku mereka bisa membuat kita menjadi sebal, atau terpengaruh pandangan mereka yang negatif. Inilah yang akan membuat mood seketika memburuk, dan kita jadi tidak bersemangat untuk melakukan hal-hal yang produktif. Karena itu, jauhi orang-orang yang memiliki pemikiran negatif atau tutur kata yang negatif, agar mood kita selalu terjaga.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.